Rabu, 11 November 2020

Menjahit dan Manfaatnya


 Assalamualaikum,

Halo semua apa kabar? Lama ya tak bersua. Semoga semua sehat dan baik. Masa prihatin belum terlewati. Zona masih terus berubah. Tetap jaga kesehatan jiwa dan raga. Lakukan hal positif yang disukai untuk kesehatan. Yuk cari tahu bersama tentang kegiatan menjahit dan manfaatnya.

Banyak hal positif dapat dilakukan saat di rumah saja. Diantaranya adalah menjahit. Menjahit adalah kegiatan yang melibatkan aktivitas fisik, juga daya pikir dan fokus. Menjahit tidak lagi dianggap kegiatan kuno seperti zaman dulu. Ditambah adanya perkembangan teknologi mesin jahit dari manual ke mesin jahit listrik. Wah ini bagai oase bagi saya. 

Saya bukanlah orang yang pandai menjahit. Walau dulu bapak adalah seorang penjahit pakaian, jas, juga kebaya sebelum beralih profesi menjadi guru. Kepandaian bapak tidak menurun pada saya. Tapi saya penasaran dengan proses menjahit.

Alhamdulillah pada tahun 2017 punya kesempatan bergabung dengan Rumah Belajar Jahit Ibu Profesional Lampung dan mulai belajar dari nol. Ada Mbak Lucia dan Mbak Ranti yang membantu mementori pelajaran menjahit. 

Nah agar belajarnya kontinyu maka saya memutuskan untuk punya mesin jahit. Janome adalah mesin perdana yang saya miliki. Budgetnya ramah dikantong dan spesifikasinya pas buat saya. Oh iya pertama untuk melemaskan kaki, belajar jahit lurus dulu. Selanjutnya belajar pasang benang, ganti sekoci juga ganti benang. Wah asyik ternyata. 

Setelah menyelami dunia jahit ada beberapa manfaat yang saya dapat. Diantaranya: 

1. Fokus, menjahit bisa melatih fokus. Ya tentu saja, karena menjahit membutuhkan konsentrasi penuh agar jahitan bisa lurus dan rapi.

2. Teliti, sebelum menjahit sesuat,  langkah penting yang harus dimulai adalah membuat pola di buku dengan skala tertentu dan dipindahkan ke koran dengan ukuran yang nyata. Ini butuh ketelitian agar yang dijahit sesuai ukuran.

3. Menambah wawasan, menjahit menambah wawasan tentang jenis benang, jenis kain juga beragam teknik dan istilah dalam dunia jahit

4. Kreatif, menjahit yang dimulai dari pembuatan pola, mendorong untuk berpikir kreatif agar karya yang dihasilkan memiliki nilai estetika dan nyaman dipakai

5. Menyehatkan, karena menjahit membutuhkan konsentrasi maka secara tidak langsung itu membantu mengurangi rasa tidak nyaman atau tertekan. Jadi ada kegiatan yang bisa digunakan untuk mencurahkan pikiran sehingga keseimbangan jiwa raga dapat terwujud.

Hasil Karyaku

Selama menjalani proses belajar jahit, ada beberapa karya yang saya hasilkan sendiri. Mau tahu hehe. Berikut hasil karya sederhana yang saya buat.

1. Sarung bantal sofa, sarung bantal ini dibuat saat ada kegiatan di rumbel jahit. Jadi saya memanfaatkan sarung yang sudah sobek. Bagian utuh dibuat menjadi sarung bantal sofa.

Sarung bantal sofa dari sarung bekas

2. Sling bag, membuat sling bag prosesnya tidak mudah. Saya yang masih pemula harus menyimak dan bertanya berulang kali pada Mbak Lusia. Trims mbk Lusia atas ilmunya, semoga berkah aamiin. Paling sulit itu saat harus menjahit inner dengan proses nanti kain utama ditarik keluar. Jadi seperti melahirkan wk wk. Bahkan sekarang kalau saya diminta menjelaskan masih berbintang-bintang di atas kepala. Ini tas andalan yang muat mukena, buku, juga dompet kosmetik. Multi fungsi and i love it.

3. Pouch sendok, ini juga terbuat dari kain perca. Bagaimana cara membuatnya, ada di postingan saya tentang pouch sendok. 

4. Cutlery Wrap (wadah perlengkapan makan), ini juga dibuat dari kain perca berbahan batik kombinasi kain polos. Praktis dibawa saat bepergian untuk wadah sendok, garpu, sumpit, sapu tangan. Teman-teman bisa intip cara membuat cutlery wrap 

5. Masker, masker ini berguna sekali saat pandemi. Terbuat dari kain perca katun dan dijahit dobel dengan tali yang sesuai sehingga nyaman dipakai. Kalau kotor tinggal dicuci.

Masker kain 


6. Mukena, selain jahit mukena untuk diri sendiri, saya juga menjahit mukena untuk keponakan. 

7. Kantong belanja, yuhu mendukung hidup minim sampah maka berbelanja dengan membawa kantong belanja adalah langkah sederhana yang bisa dilakukan. Sehingga meminimalkan kantong kresek masuk ke rumah. Sederhana dan menyenangkan.

8. Gamis, menjahit gamis sendiri sesuai ukuran tubuh. Karena selama ini kalau beli harus memotong bagian bawah karena kepanjangan hehe. 

9. Tas bekal, saat membawa bekal tak perlu lagi cari plastik. Pakai tas kain yang coraknya bisa dipilih sesuai selera dan kalau kotor tinggal dicuci. 

Tas bekal suami


Wah ternyata menjahit memang memberikan manfaat yang luar biasa. Bisa membuat sesuatu sesuai selera dan ramah juga dikantong daripada beli. Meskipun menjahit baru sebagai hobi tapi paling tidak bisa kreatif membuat sesuatu dari kain yang ada di rumah. Produktif yang bermanfaat.

Masih ragu belajar jahit? Jangan takut teman menjahit di zaman sekarang sudah lebih mudah dan banyak sumber ilmu yang bisa didapat dari media sosial yang beredar. Jadi kapan teman-teman mulai menjahit?

Wassalamualaikum



2 komentar:

  1. Hasil karyanya udah banyak ya. Selamat. Mantap. Itu mesin jahit harganya berapa ya? Kelemahan dan kelebiha mesin jahit itu apa ya. Boleh dishare....

    BalasHapus
  2. Wah..keren, Mbak. Aku pun pingin bisa jahit karena ibu ku bisa menjahit. Sayang, belum sempet.

    Anyway, keren mbak karya2 nya. Apalagi kalau ada gambar polanya..

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Menjahit dan Manfaatnya

  Assalamualaikum , Halo semua apa kabar? Lama ya tak bersua. Semoga semua sehat dan baik. Masa prihatin belum terlewati. Zona masih terus b...

Popular Posts