Jumat, 27 April 2018

Olahan Bunga Telang, Rasa Lezat dengan Warna Menawan


Bunga Telang Ungu Foto by Linda 

Assalamualaikum

Halo teman, apa kabar? Sudah minum teh hari ini? Kalau teh dari bunga telang sudah pernah belum? Waa pasti penasaran dong hehe. Yup postingan kali ini, saya mau menceritakan tentang Si Bunga Telang yang menawan. Ikuti terus ya..

Sejak viral dan berulangkali ditayangkan di Laptop Si Unyil, saya yang memiliki hobby menanam penasaran sekali dan ingin juga menanamnya. Tapi, bunga telang ini di Lampung sudah mulai sulit untuk ditemukan.

Namanya senang, saya merasa jatuh cinta dengan kecantikan warnanya. Saat ada waktu senggang, selalu berselancar untuk mencari info tentang si bunga telang. Dan ini hasil pencarian si bunga telang.

Kembang Telang atau Bunga Telang memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea. Adalah tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di tepi hutan. Tumbuhan suku polong - polongan ini berasal dari Asia tropis. Ditanam sebagai tanaman hias dengan bunga berwarna biru, ungu terang, ada juga yang putih.

Pohon bunga telang merambat.
Foto by Linda

Bunganya dimanfaatkan untuk pewarna makanan alami. Di Malaysia untuk mewarnai ketan, di Thailand untuk membuat minuman berwarna biru dan dinamakan nam dok anchan.

Makin mupeng saya dengan penjelasan tersebut. Rasanya tak sabar ingin menanam juga.

Cara Mendapatkan Biji Bunga Telang

Nah, lantas dari mana saya dapat benihnya berupa biji? Saya membeli secara online dan sebagian besar mendapatkan dari gerbang kampus Universitas Negeri Yogyakarta. Saat menemani paksu mengisi acara sharing dan inspirasi di depan mahasiswa jurusan Kimia.

Ini secara tak sengaja, turun dari taksi online, saya dan paksu menunggu teman yang mau menemani ruang yang akan dipakai acara. Nah, berdirilah saya di dekat gerbang, yang ada tanaman merambat berbunga kecil - kecil. Sambil menunggu, mata saya tertuju pada si warna ungu, Masya Allah...ini bunga telang.

Buah yang masih muda
foto by Linda

Pucuk dicinta ulam tiba. Saya bersorak girang agak keras, untung pas sepi ya hehe..
'' Yah, coba lihat, ini kan bunga telang ungu, dan waaa ada buahnya juga yang sudah tua. Warna kulitnya kecokelatan.''

Paksu yang ada di samping saya ikut girang. '' Yuk kita minta bibitnya saja dan bawa pulang.''

Setelah ijin, saya dan paksu memetik buah yang sudah tua dan menyimpan di tas ransel bagian depan. '' Ah rejeki memang tak kan lari kemana.'' Gumam saya dalam hati.

Setiba di Lampung , wah benihnya jauh sekali perjalanannya. Biji saya buka dan jemur sampai kering. Kemudian saya cari bak besar bekas, juga polibag yang sudah berisi tanah bercampur kompos. Benih saya benamkan tidak terlalu dalam. Dan tunggu hasilnya.

Benih yang saya tanam pun mulai tumbuh, merambat, dan berbunga. Karena bunga mekar perdana, maka saya panen saja dan dijemur kering. Hasil panen disimpan dan siap diseduh menjadi teh bunga telang berwarna cantik kapan pun saya mau.



Teh Bunga Telang

Bahan :
2 sdm bunga telang kering
300 ml air mendidih
1 sdm air jeruk nipis
Gula pasir atau madu sesuai selera

Cara Membuat :
1. Seduh bunga telang kering dengan air mendidih. Tutup rapat dan diamkan sampai warna keluar
2. Saring, dan beri air jeruk juga madu atau gula
3. Aduk rata, siap diminum hangat atau dingin



Nah, ini hasil seduhan bunga telang hasil panen saya. Diseduh bersama perasan air jeruk nipis, emm rasanya sungguh menyegarkan. Cantik warnanya menggoda selera.

Bunga telang ungu

Sedangkan pohon bunga telang terus tumbuh dan berbuah, hanya belum tua. Yang jelas, sebagian saya tetap biarkan menjadi buah, sebagian saya panen untuk teh bunga telang.

Rasanya bahagia sekali saat dapat menikmati tumbuhnya bunga telang yang saya tanam. Semua makhluk hidup jika diperhatikan dan disayang akan membalasnya dengan cara masing - masing. Seperti bunga telang yang  mempersembahkan bunga  cantik nan menawan.

Jadi, jangan bosan untuk menanam dan menghijaukan sekitar rumah kita ya..yuk mulai menanam dengan bahagia. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Sumber

Wikipedia bunga telang



6 komentar:

  1. Wah bunga telang ini warnanya cerah banget. secerah hatinya yang sedang menulis artikel ini. aku inget banget bunga telang ini jaman masih sd dulu. dulu hanya di biarkan saja tanpa di oleh. baru sekarang tahu kalo bunga telang ini menurut pakar mengandung banyak antioksidan sehingga cocok dibuat teh untuk relaksasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas hehe. Iya ternyata bunga telang keberadaannya makin sulit untuk ditemukan. Di Indonesia belum terlalu populer, kalau di Thailand sangat diminati dan sudah dikomersilkan.

      Hapus
  2. Bunga telang, salah satu tumbuhan herbal Indonesia, kalau ga salah, salah satu manfaatnya untuk obat sakit mata. Kalau dibuatbteh, manfaatnya apa, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk detoksifikasi dan membantu metabolisme juga. Sebagai obat batuk pun bisa. Tapi memang di tanah air masih belum familiar hehe.

      Hapus
  3. Baru tau kalau bunga jenis ini bisa dijadikan sebagai minuman. Ternyata justru punya warna alami yang sangat cantik. Bisa nih dijadikan produk unggulan.

    BalasHapus
  4. cakep yaa mbakk warna tehnya jadi unguuuu, hihihi. bikin mie pake bunga telang bisa gak? wkwk *mie lover*

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Kreatif Menjadikan Hidup Lebih Berwarna

Assalamualaikum , Tak terasa bulan Desember sudah hampir setengah perjalanan dilalui. Coba kita pikirkan, hal apa saja yang terlaksana ...

Popular Posts