Rabu, 07 September 2022

Pantai Mutun, Asyik Buat Terapi Air Laut


Akhir pekan biasanya menjadi waktu yang ditunggu. Karena paling menyenangkan menghabiskan waktu bersama keluarga. Tak harus berwisata ke tempat yang jauh. Ke pantai bisa menjadi pilihan menarik. Apalagi Pantai Mutun, Tempat Asyik untuk Terapi Air Laut.

Sejak pandemi dan ada pembatasan aktivitas sungguh terasa dampaknya terutama bagi anak-anak. Maka kedua ponakan sudah mulai meluncurkan jurus rayu pada abi uminya untuk diajak berenang dan berendam di laut. Rupanya kejenuhan melanda dua bocil itu. 

Setelah berdiskusi dengan melihat kalender, akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke Pantai Mutun saja. Saya dan suami adalah tim pelengkap sebagai bude pakde yang ikut menemani duo bocil untuk berwisata ke Pantai Mutun. Ngomong-ngomong si memang Provinsi Lampung terkenal memiliki kekayaan pantai yang luar biasa. Salah satunya adalah Pantai Mutun yang terletak di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Dengan jarak tempuh sekitar 20,8 km dari Way Halim atau 15 km dari Bundaran Gajah, Bandar Lampung, akses jalan menuju ke Pantai Mutun tidaklah sulit. Jalan sudah diaspal dan aman. 

Kami berangkat setelah subuh. Dan tak lupa membawa bekal berupa nasi, lauk, minum, camilan dan tikar lipat. Biar tidak usah sewa pondokkan untuk meletakkan barang. Wk wk kami adalah tim hemat. Oh iya, kami juga membawa kantong plastik untuk menyimpan sisa konsumsi sehingga tidak membuang secara sembarangan. Menjaga kebersihan adalah kewajiban bersama, sebagai bentuk tanggung jawab ikut menjaga bumi yang hanya satu.

Setelah subuh, saya dan suami menunggu jemputan dengan segala perlengkapan. Ada baju renang, pelampung, kacamata renang, pelampung bahu (ini buat saya yang belum bisa berenang) tapi aman untuk berendam. Jemputan datang yes berangkat. 

Kurang lebih 45 menit dari Way Halim, kami tiba di Pantai Mutun. Sepanjang perjalanan kami berpapasan dengan kesibukan penduduk juga berpapasan dengan orang-orang yang memiliki tujuan sama. Yaitu berendam di pantai.

Melewati pos penjagaan kami membayar tiket Rp 10.000 untuk mobil dan tiket per kepala Rp25.000. Harga sewaktu-waktu mungkin berubah ya. Apalagi saat lebaran. Harapan saya sih kalau berkunjung ke wisata alam tiketnya tidak perlu mahal-mahal sehingga wisatawan tidak enggan berkunjung. Kalau pengunjung banyak otomatis bisa menggerakkan roda ekonomi masyarakat sekitar pantai.

Urusan tiket beres, kami mencari tempat parkir yang dekat dengan area yang dipilih untuk berendam. Tikar digelar dan perbekalan ditata rapi. Kumpulan perbekalan juga mudah dilihat sehingga saat berendam dan berenang tidak perlu was-was barang hilang. 

Bekal bersama saat di pantai

Selain untuk berenang dan berendam, air laut juga digunakan untuk terapi kesehatan. Qodarullah beberapa waktu lalu suami mengalami sakit punggung sampai kesulitan berdiri dan berjalan. Lalu mencari pertolongan pertama pada orang yang paham anatomi. Dilakukan terapi 3x Alhamdulillah bisa jalan. Suami juga dibantu memakai korset punggung dan minum kapsul gamat. 

Tapi untuk melihat perkembangan suami pergi ke dokter spesialis syaraf dan disarankan rontgen. Hasil keluar kata dokter ga ada syaraf kejepit, tapi hanya syaraf kaku. Bisa disebabkan selama ini saat duduk lama ada di posisi yang tidak seimbang. Kemudian diminta mengkombinasi fisioterapi dan berenang. 

Nah lebih asyik berenang sekaligus berendam di pantai. Karena air laut mengandung banyak mineral yang bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut manfaat terapi air laut dilansir dari koridormalutnews.com

1. Melancarkan sirkulasi darah

2. Melancarkan sistem pernafasan

3. Relaksasi otot sehingga tubuh terasa segar

4. Memperkuat otot jantung

5. Meningkatkan produksi sel darah merah

6. Menormalkan tekanan darah

7. Menyeimbangkan keasambasaan dalam darah

8. Membersihkan kulit

9. Mencegah nyeri sendi dan osteoporosis

Masya Allah ternyata karunia Allah begitu besar. Segala ciptaannya penuh manfaat seperti air laut yang dipantai. Dan itu semua diperuntukkan untuk umat manusia. 

Begitu besar manfaat yang bisa dirasakan saat berendam di pantai tak bisa dipungkiri. Buktinya setiap pulang dari berendam tubuh terasa rileks dan tidur menjadi lebih nyenyak. Sambil berwisata ternyata Pantai Mutun menjadi tempat asyik buat terapi kesehatan. Yuk berlibur ke pantai.

Sumber:

Dokumen pribadi

https://koridormalutnews.com/khasiat-mandi-dan-berendam-di-air-laut diakses 8 September 2022

3 komentar:

  1. Masya Allah jadi obat ya abis berendam di Pantai Mutun. Aku juga kangen pengen ke Pantai Mutun lagi.

    BalasHapus
  2. Pantai mutun ini tempat favorit keluargaku, kalau ke pantai ya ke sana. Enak memang berendem di laut, apalagi kalau pagi2 banget masih belum terlalu ramai pengunjung.

    BalasHapus
  3. Apalagi kalau berendamnya pagi-pagi. Banyak lansia yang jam setengah 6 sudah berendam di Mutun. Katanya malah terasa hangat dan bagus untuk terapi

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Pantai Mutun, Asyik Buat Terapi Air Laut

Akhir pekan biasanya menjadi waktu yang ditunggu. Karena paling menyenangkan menghabiskan waktu bersama keluarga. Tak harus berwisata ke tem...

Popular Posts