Selasa, 15 Maret 2022

Rendang Nangka

 

Siapa yang tidak suka dengan kelezatan rendang? Rasanya jarang sekali orang yang tidak menyukai rendang. Rendang memang memiliki cita rasa yang khas. Gurih, lezat, dengan sentuhan rempah yang begitu kuat. Saya pribadi tak sanggup menolak hadirnya rendang di meja makan.

Uniknya lagi, beragam bahan pangan bisa diolah menjadi rendang lo. Jadi tidak harus dari daging sapi. Ada rendang kentang, rendang jamur, rendang kacang merah, atau rendang nangka yang sangat cocok dikonsumsi bagi yang tidak mengkonsumsi rendang hewani. Rasa rendang nabati ini ga kalah lezat dengan rendang daging.

Beberapa waktu lalu, entah angin dari mana saya ingin sekali makan rendang nangka. Sedangkan di warung Padang sekitar rumah, adanya rendang daging. Jadilah dengan penuh semangat saya berburu bahan ke pasar tradisional. Terutama cari nangka muda dan santan segar biar rendang yang diolah benar-benar seperti yang saya inginkan.

Kunci memasak rendang yang lezat adalah bahan yang segar dengan komposisi bumbu yang pas. Meski memasaknya butuh waktu, tapi rasanya sebanding dengan usaha yang dilakukan. Yuk langsung saja simak resepnya ya.


Rendang Nangka

Ala @lindadwi_hapsari 

Bahan:

1 kg nangka, iris tebal, rebus dan tiriskan

500 ml santan kental dicampur dengan 700 ml air

1,5 sdt garam

2 sdm minyak goreng


Bumbu Halus: 

12 buah cabai merah besar

10 butir bawang merah

6 siung bawang putih

1/2 butir pala

1/2 sdt jinten

2 cm jahe

5 butir kemiri

1 sdt merica

1 sdt ketumbar 


Bumbu Rempah:

1 lembar daun kunyit, simpulkan

2 batang serai, memarkan

1 jari lengkuas, memarkan

2 lembar daun jeruk purut

1/2 buah bunga lawang

1 buah asam kandis

3 buah kapulaga

4 cm kayu manis

3 butir cengkih


Cara Membuat:

1. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan bumbu rempah, aduk rata.

3. Masukkan santan dan aduk terus sampai mendidih

4. Setelah mendidih, masukkan nangka, juga garam. Masak dengan api kecil

5. Aduk perlahan agar nangka tidak hancur dan santan tidak pecah.

6. Masak sampai bumbu meresap dan nangka kering

7. Rendang nangka siap dinikmati

Rendang nangka ini paling enak disantap bersama nasi yang pulen dan hangat. Duhh rasanya ingin nambah terus. Apalagi kalau makannya beramai-ramai dengan keluarga besar. Nasi sebakul bisa habis seketika. 

Indonesia memang kaya beragam kuliner yang lezat. Semoga masakan-masakan tradisional tidak hilang tergerus zaman. Karena itu adalah aset bangsa yang harus tetap dilestarikan keberadaannya.

Yuk kawan, jangan ragu buat recook ya. Mudah kok cara membuatnya. Bulatkan tekad untuk mengaduk biar merasakan asyiknya merendang. Semangat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Rendang Nangka

  Siapa yang tidak suka dengan kelezatan rendang? Rasanya jarang sekali orang yang tidak menyukai rendang. Rendang memang memiliki cita rasa...

Popular Posts