Kamis, 12 Agustus 2021

Resep Smoothies Buah

 


Assalamualaikum,

Halo apa kabar semua? Semoga Allah senantiasa melindungi kita semua aamiin. Yup, meski pandemi belum berlalu dan PPKM diperpanjang, tapi hidup harus terus berjalan. Meski begitu, kesehatan jasmani menjadi hal penting selain kesehatan rohani. Mari menikmati menu sehat dengan cara mudah seperti resep smoothies buah yang tentu saja penuh manfaat.

Siapa yang tak ingin sehat? Semua orang tentu ingin selalu sehat. Kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya. Kadang dilupakan begitu saja. Tapi manakala jatuh sakit, baru terasa betapa nikmat sehat sungguh luar biasa. Saat tubuh sehat jasmani dan rohani, aktivitas apapun yang dijalani akan terasa menyenangkan. Sebaliknya saat sakit makan daging atau ayam gorengpun rasanya tak lezat.

Tapi berbicara tentang smoothies, apa si sebenarnya smoothies itu? Smoothies berbeda dengan jus. Smoothies adalah jus atau lassi yang dicampur bahan tertentu sehingga bertekstur lembut (smooth) dan dapat disendok. Campuran yang biasa digunakan antara lain pisang, alpukat, kelapa muda, oat, flaxseed, chiaseed. Untuk penambah cita rasa manis, saya biasa menambahkan kurma atau madu. Dan sedikit garam himalaya.

Berikut beberapa smoothies yang mudah dibuat di rumah. 

Smoothies Bowl ala @lindadwi_hapsari 

Sumber foto pribadi
Bahan A: 

1 buah pisang ambon matang

1/2 buah naga merah

3 butir kurma tanpa biji

1/2 sdt bubuk maca

1/2 sdt bee pollen

50 ml air kelapa

Sejumput garam himalaya

Bahan B: 

Untuk topping

1 buah pisang iris-iris

1 sdt biji wijen

1 sdt chiaseed

Cara Membuat: 

1. Haluskan bahan A dengan blender. 

2. Tuang dalam mangkuk favoritmu

3. Beri topping ( saya, beri irisan pisang, biji wijen, dan chiaseed) 

4. Nikmati dengan suasana tenang penuh syukur. 


Smoothie Banana Raw Cacao and Maca

Sumber dokumen pribadi

Bahan-bahan:

1 buah pisang ambon matang

50 ml air kelapa

1 sdt bubuk raw cacao

3 butir kurma tanpa biji

1/2 sdt bubuk maca

Garam himalaya

Cara Membuat: 

1. Blender semua bahan sampai rata

2. Tuang dalam mangkuk atau gelas favorit

3. Sajikan segera


Tips Membuat Smoothies yang Enak dan Manfaat 

1. Gunakan bahan sealami mungkin

2. Gunakan pemanis berupa madu atau kurma

3. Segera konsumsi smoothies segera 


Manfaat Buah untuk Smoothies 

1. Buah Pisang

Pisang mengandung serat sebanyak 0,6 gram per 100 gram bahan. Pisang juga kaya akan vitamin A, vitamin C, fosfor, dan zat besi. Buah pisang bermanfaat untuk mengurangi kadar asam dalam lambung, menurunkan kadar kolesterol. Kandungan kalium pada pisang bermanfaat melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi.

Buah pisang juga mudah ditemukan, memiliki harga yang terjangkau. Pilihlah buah pisang yang sudah matang sehingga memiliki rasa manis. Buah pisang yang belum matang memiliki rasa pahit dan sepat. Pisang hasil panen petani lokal lebih baik karena minim semprotan pestisida. 

2. Buah Naga

Kandungan serat buah naga sekitar 0,7 gram per 100 gram. Buah naga juga mengandung serat, kalium, pektin, magnesium, fosfor, dan zatbesi. Buah naga juga bermanfaat melancarkan pencernaan, menurunkan kandungan gula darah, membantu mengatasi rematik dan asam urat. Buah naga juga kaya akan antioksidan

Pilih buah naga yang tua karena memiliki rasa manis segar. Buah naga juga mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional dengan harga terjangkau. Apalagi saat panen raya, wah berlimpah sekali buah naga di pasar. 

Masya Allah, luar biasa sekali kandungan yang ada pada smoothie. Oh iya, smoothie juga bisa dikonsumsi sebagai ganti sarapan karena kaya manfaat. Smoothie bisa menjadi jalan ikhtiar untuk hidup lebih sehat.

Hidup sehat juga harus diimbangi dengan ibadah yang tekun, olahraga teratur, tidur cukup, asupan bergizi, kelola stres dan tetap optimis.

Allah sebaik-baik tempat berlindung dari segala wabah dan marabahaya. Lingkar keluarga menjadi garda utama ketahanan diri untuk sehat secara jasmani dan rohani. Ibu sehat, keluarga juga sehat. Ayo temukan hal yang bisa membuatmu bahagia. Mulailah dari diri sendiri dulu. Contohnya membuat sendiri smoothie buah untuk asupan keluarga tercinta. Salam sehat dan jangan lupa taati protokol kesehatan dengan 5 M. Semangat sehat teman.

Wassalamualaikum

Referensi

Pengalaman pribadi

Sehat dan Bugar dengan Terapi Jus Buah dan Sayur, Shinta Paramita, Lintas Media, 2012



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Sarapan Nasi Kuning Lezat dari Tumpeng Sedop

Siapa yang tidak mengenal Indonesia? Negeri yang kaya akan rempah dan memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Beragam menu tradisional de...

Popular Posts