Jumat, 30 April 2021

Sop Buah Cincau Hitam

Assalamualaikum,

Hai apa kabar? Lama rasanya tak bersua, dan terasa Ramadan sudah memasuki hari ke-17. Semoga kita senantiasa sehat dalam lindungan Allah aamiin. Puasa tahun ini masih dalam suasana pandemi. Sehingga dianjurkan tetap mematuhi protokol kesehatan. Menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, membatasi mobilitas, dan menjauhi kerumunan. Semoga tak lama lagi badai segera berlalu aamiin.

Berbicara tentang puasa dan pandemi, rasanya tak jauh dari kalimat menjaga kesehatan. Karena kesehatan yang terjaga dengan baik akan membuat daya tahan tubuh juga baik. Sehingga tidak mudah sakit. Salah satu cara yang dianjurkan adalah perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur.

Tak perlu yang mahal dan sulit dicari. Kita bisa mencari bahan dari sekitar tempat tinggal. Contohnya pasar tradisional. Di pasar tradisional menyediakan beragam kebutuhan baik sayur dan buah. Keuntungan belanja ke pasar tradisional kita bisa membeli sesuai kebutuhan dan membawa kantong belanja sendiri. Sembari belanja, sambil belajar mengurangi penggunaan kantong kresek sekali pakai. Wah asyik bukan? 

Puasa tahun ini bertepatan dengan musim kemarau. Hujan jarang turun dan udara terasa panas. Dan saat puasa begini biasanya musim panen timun suri, juga kolang-kaling. Jadi ada baiknya memanfaatkan buah dan sayur sesuai musim. Jadi apa yang dikonsumsi juga bisa bervariasi dan tidak membosankan. 

Sop buah juga bisa menjadi ide takjil selama Ramadan. Agar tidak bosan isian buahnya bisa dibuat berganti-ganti. Tinggal bagaimana kita mengeksplor aneka buah dan memadu padankan sesuai selera keluarga. 

Tak perlu banyak cerita, kali ini saya ingin berbagi resep sop buah ala saya dengan bahan yang mudah didapat di pasar tradisional  dan harganya juga ekonomis. Yuk ikuti resepnya.


Sop buah cincau hitam





Sop Buah Cincau Hitam

Bahan:

1 buah timun diserut

1/2 buah blewah ukuran kecil diserut

1/4 buah pepaya diserut

¼ buah nanas iris tipis

1/4 cincau hitam potong dadu

1 sdm biji selasih direndam air panas

3 sdm rumput laut

Air matang 2 gelas belimbing 

Air gula aren sesuai selera

Sejumput himsalt 

Es batu bila suka (saya ga pakai) 

Persiapan: 

Cuci semua bahan sebelum di serut, dipotong,  atau dikupas.

Cara Membuat: 

1. Ambil mangkuk kesayangan, tata buah, biji selasih, rumput laut dalam mangkuk.

2. Tambahkan air dan air gula aren juga garam. 

3. Aduk rata dan sajikan. Bisa tambah es jika suka 

Catatan, jika air kurang bisa ditambah sesuai kebutuhan. Dan beri tambahan gula aren juga.

Buah-buahan memang paling enak dikreasikan menjadi sop buah. Serutan buah dan potongan cincau memberikan sensasi tersendiri. Apalagi jika cuaca panas, emm paling segar kalau membuat sop buah diberi tambahan batu es. Segar dingin bikin nyes tenggorokan hehe.

Nah mudah bukan cara membuatnya? Tak perlu repot membuatnya, atau harus antri membeli di luar. Sop buah cincau hitam ini mudah dibuat di rumah. Bahkan bunda juga bisa berkreasi bersama ananda di rumah. 

Mari sajikan menu yang sehat untuk keluarga. Karena kesehatan sangat berharga. Jangan pernah lelah dan takut berkreasi dengan buah yang ada di rumah. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan Happy Ramadan

Sampai jumpa..


Wassalamualaikum



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Sop Buah Cincau Hitam

Assalamualaikum , Hai apa kabar? Lama rasanya tak bersua, dan terasa Ramadan sudah memasuki hari ke-17. Semoga kita senantiasa sehat dalam l...

Popular Posts