Senin, 18 Januari 2021

Memahami Zona Bertumbuh


Assalamualaikum,
Apa kabar semua? Tak terasa Januari sudah melewati pertengahan bulan. Januari ditemani hujan sehari-hari. Masyaa Allah, tumbuhan pun hijau berseri. Waktu kembali berlalu begitu cepat. Saatnya memulai fokus pada kuliah bunda produktif. Aha, pekan ini tiba di growth zone. 
Sebelum masuk ke zona G, mari melakukan kilas balik sebentar, pekan lalu hexagonia memasuki zona agility dimana setiap hexagonia dituntut untuk gesit dan adaptif, berlari lebih cepat untuk mensukseskan proyek setiap co housing. Proyek mulai terlihat hasilnya, saat ini masuk tahap mengenalkan project passion pada dunia luar. 

Zona G (Growth Zone)
Malam itu Bu Septi memberikan materi terkait Zona G dalam ruang dan gerak Ibu Profesional. Dari uraian Bu Septi dapat ditarik sebuah benang merah bahwa dalam Zona G kali ini, para hexagonia bersama-sama memandu, bergerak membawa diri, lalu menjadi komunitas yang terus bertumbuh. Berkumpul bersama di Hexagon City yang akan menjelma menjadi kota yang bertumbuh dengan warganya yang memiliki semangat tinggi  untuk terus bertumbuh. 

Growth Zone ini salah satu cara yang akan membawa komunitas menjadi komunitas besar yang berdampak luas bagi masyarakat juga dunia. 
Konsep yang perlu dilakukan adalah: Introduction to the session
Growth mindset 
Action Item 
Summary and action item

Introduction to the session
Growth mindset dipopulerkan oleh Carol Dweck dalam bukunya The Mindset new psychology of succes. Growth mindset didefinisikan sebagai pola pikir yang selalu berkembang dimana pemiliknya percaya bahwa kesuksesan bisa didapatkan melalui latihan dan kerja keras.

Contohnya, segala sesuatu yang bisa dilihat, terlihat dan bisa dilakukan oleh orang lain bisa kita lakukan juga selama kita mau melakukannya, belajar dan bekerja keras. Merasa berbinar dan otaknya mulai berpikir.

Fixed mindset didefinisikan sebagai pola pikir yang percaya bahwa kecerdasan atau bakat yang dimiliki sifatnya akan tetap dan tidak akan berubah. Menyebabkan proses berpikir kita jadi mandeg karena sudah cukup puas dengan apa yang didapat dan mempengaruhi proses tindakan dalam melihat tantangan yang terjadi di hadapan.

Nah di kelas bunda produktif, hexagonia diharapkan memiliki konsep berpikir yang terus bertumbuh sehingga bisa adaptif dalam menjawab tantangan dan menjadi pribadi yang tidak mudah menyerah. 

Tahapan berpikir dengan terus bertumbuh tentu saja dimulai dari diri sendiri, lalu ke co housing, lanjut ke cluster, dan menuju hexagon city dan dalam lingkup Ibu Profesional. 

Personal Growth
Personal growth yang dimiliki seseorang tentu berbeda. Setiap orang berhak menentukan apa yang hendak dijadikan dasar dalam berpikir yang terus bertumbuh. Berikut personal growth yang saya pilih untuk menjadi panduan dalam belajar di bunda produktif.

My personal growth

Co Housing
Setelah personal growth sudah dibuat, selanjutnya berdiskusi di co housing yang menjadi rumah bersama dalam sebuah kelompok kecil. Co housing Ratu Dapoer 4 Alhamdulillah anggotanya masih lengkap 10 orang. Walau menjalani jalan berkerikil, sejauh ini kami masih solid saling bantu untuk kesuksesan bersama. Ini dia tim kesayangan di CH4.




Pekan ini sesuai milestone adalah mencatat progres pencetakan buku di penerbit. Buku masuk proses tahap kedua setelah layout. Justru yang menjadi tantangan adalah saat calon produk masuk hexamarket dan dibuka untuk reseller. Dibutuhkan usaha yang lebih keras untuk mempromokan buku di semua lini. 

Ingin promo tentu harus punya bahan, maka kami bekerjasama berbagi jadwal membuat konten promo dengan beragam fitur. Lama-lama asyik juga utak-utik aplikasi yang ternyata begitu banyak fitur keren yang bisa membantu tugas ini.

Promo dilakukan mulai dari hexamarket, hexamedia, media sosial pribadi. Jadi dari status WA, story IG, feed IG, facebook, cerita facebook diwarnai pp cohousing. Berlatih menjadi ambasador mengenalkan apa itu hexagon city dan komponen di dalamnya. 

Di suatu siang cerah seluruh warga cluster Ratu Dapoer berkumpul di pendopo. Untuk merumuskan katalog cluster. Katalog akan disusun setelah pp cohousing terkumpul. Penasaran isi project passion Ratu Dapoer 4?

Tidak ada hal mudah yang bisa dilakukan jika kita tak pernah mau belajar. Sesulit apapun tantangan di depan mata, maka mencoba berjuang dan pantang menyerah menjadi kunci bahwa kita memahami cara berpikir yang terus tumbuh. Asah terus pengetahuanmu, asah terus terampilmu, temukan potensimu dan bersiaplah terbang menjadi pribadi yang punya jati diri. 

Sampai jumpa di cerita selanjutnya.

Wassalamualaikum

Referensi
Materi live bunda produktif 2021, Hexagon City
Diskusi CH4 Ratu Dapoer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Sop Buah Cincau Hitam

Assalamualaikum , Hai apa kabar? Lama rasanya tak bersua, dan terasa Ramadan sudah memasuki hari ke-17. Semoga kita senantiasa sehat dalam l...

Popular Posts