Jumat, 28 Februari 2020

Puding Manis Menemani Sore yang Hangat


Assalamualaikum,

Alhamdulillah tak terasa akhir pekan sudah mengintip di balik jendela. Aroma hari Sabtu mulai semerbak menebarkan semangat tersendiri bagi yang bekerja di ranah publik. Ya, karena Sabtu menjadi hari yang ditunggu untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Ah, mendadak saya ingin membuat Puding Manis untuk Menemani Sore yang Hangat.

Bukan kebetulan jika saya ada di grup ratu dapur kelas bunda cekatan. Lha isinya foto makanan bertebaran. Dan hari ini ada tantangan membuat hidangan penutup. Wow, jiwa saya tertantang untuk mengolah sesuatu. Jadi sebelum tidur siang saya sudah merencanakan mengolah buah alpukat menjadi puding manis nan lezat.

Sip, semua bahan ada, jadi siang bisa rehat dengan tenang. Trit..trit..alarm jam di telepon genggam menjerit nyaring. Waktu menunjukkan pukul 15.00 WIB. Saya yang masih berat membuka mata melirik jam dinding, memastikan benarkah sudah jam tiga sore? Rasanya tidur baru sebentar hehe.

Sesaat saya meregangkan tubuh dan mulai bersiap ke dapur untuk mulai membuat puding manis. Pertama saya cari gelas untuk wadah puding juga loyang agar-agar. Setelah itu menyiapkan semua bahan. Lalu cuci tangan agar bersih. Tak lupa minum segelas air putih untuk menghidrasi tubuh setelah bangun tidur. Ces rasanya saat air putih mengalir melewati tenggorokan.

Imajinasi saya bermain merancang warna apa yang ada di lapisan atas dan bawah puding. Emm, sepertinya warna hijau alpukat cantik di lapisan bawah dan ditutup manis dengan warna cokelat. Ide pun berlompatan untuk menyiapkan properti foto di pojok ruang. Saya tarik kursi, pasang triplek, ambil gulungan sushi, dan daun kering untuk menjadi amunisi penunjang foto sore ini. Semoga sinar sore bisa membuat foto kali ini menarik. Aamiin.

Merasa cukup, saya lalu mulai menyiapkan panci, bubuk agar, bubuk cokelat, susu cokelat,  juga buah alpukat. Yuk ikuti resep ala saya semoga teman-teman suka.

Pudding Glass Avocado Chocolate

Bahan: 
- 2 buah alpukat, blender dengan sedikit air matang. Saring dan sisihkan.
- 1 bungkus agar-agar plain
- 2,5 gelas air (gelas belimbing)
- 3 sdm bubuk cokelat
- susu bubuk cokelat sesuai selera atau bisa juga skm cokelat
- sejumput kecil garam
- gula aren atau pasir sesuai selera

Cara Membuat:
1. Rebus air, garam, dan agar bubuk. Aduk sampai mendidih.
2. Bagi menjadi 2 bagian di wadah berbeda.
3. Aduk agar dingin dan masukkan blenderan alpukat sambil diaduk rata.
4. Masukkan ke gelas sesuai selera. Saya pakai sendok agar rapi. Simpan di kulkas. Sisa blenderan bisa dituang ke loyang agar-agar.
5. Sementara air satu bagian lain diberi tambahan cokelat bubuk, gula, dan susu.
6. Masak di atas kompor dengan api kecil sampai meletup. Angkat.
7. Tunggu sampai uap panas hilang dan tuang perlahan ke gelas lalu sisanya tuang ke loyang agar-agar.
8. Dinginkan dan puding siap dinikmati.

Puding manis lumer di mulut
MasyaaAllah rasa gurih asli dari alpukat bertemu dengan legitnya rasa cokelat berpadu jadi satu dan lumer di mulut. Emm rasanya tak cukup satu gelas, sedang satu gelas lain saya siapkan untuk paksu hehe. Ini adalah ujian wk wk..

Saat paksu pulang kerja dan disuguhi puding dingin apa komentarnya? Pudingnya lezat, lembut di mulut. Melayang ku tersanjung jiaaah. Dan malamnya paksu kembali menikmati puding yang ada di loyang. Wah tampaknya doyan atau lapar ya hihi.

Begitu indah sore ini, puding manis terasa menyatu menemani sore yang hangat bersama keluarga. Walau cuaca Lampung bikin gerah, tapi semua harus dinikmati dengan bahagia. Allah selalu memberikan kejutan dengan caranya. Oke teman, yuk bahagiakan dirimu dengan apa yang kau suka. Sampai jumpa lagi di resep yang berbeda.

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Komitmen GGF dalam Menerapkan Ekonomi Sirkular untuk Bumi yang Lebih Lestari

Pagi yang cerah, hiruk-pikuk pedagang di pasar tradisional terdengar riuh. Dengan tetap memakai masker aktivitas jual beli berjalan normal...

Popular Posts