Rabu, 19 Februari 2020

Membuat Saus Tomat Sendiri


Assalamualaikum,

Halo semua apa kabar? Semoga selalu sehat dan bahagia. Wah rasanya sudah lama tidak menuliskan resep di blog ini. Maklumlah sedang banyak agenda yang harus dikerjakan. Semoga ini awal yang baik bagi saya untuk berlatih konsisten menulis lagi. Saya harus semangat membara, seperti merahnya saus tomat buatan sendiri. Bersiap...

Akhir pekan menjadi hari yang membahagiakan bagi saya karena saat yang tepat untuk berbelanja ke pasar tradisional Way Halim, Bandarlampung. Pasar yang letaknya tak jauh dari rumah, hanya 400 meter saja. Wuih, dekat sekali ya? Jadi untuk ke pasar saya cukup jalan kaki, anggap saja olahraga hehe.

Oh iya, jangan lupa kalau ke pasar membawa tas belanja sendiri dan kantong-kantong belanja sendiri. Agar bisa mengurangi penggunaan kresek plastik. Berbelanja sekaligus menerapkan hidup lebih ramah lingkungan.

Pasar tradisional di akhir pekan menawarkan berbagai hasil bumi dari rempah, buah, juga sayuran. Terkadang saat beruntung bisa menemukan lokio, juga andaliman. Bumbu khas dari Sumatera Utara. Memang asyik berbelanja di pasar tradisional. Harga sayuran relatif murah dibanding supermarket. Seperti tomat ranum berwarna merah ini misal. Saat panen raya harganya turun drastis. Dari per kilo Rp 12.000,-  dapat dibeli dengan harga Rp 5.000,- saja.

Nah dengan penawaran seperti itu, saya tentu saja tak bisa menolak dan memboyong pulang satu kilogram tomat merah nan menggoda. Selain untuk bahan membuat jus, sambal, saya ingin mengolahnya menjadi saus tomat buatan sendiri. Yuk intip dan catat bahan dan cara membuatnya.

Membuat Saus Tomat Sendiri

Bahan: 
750 gr tomat merah
Air untuk merebus tomat secukupnya
1 sdt garam
2 sdt gula aren
150 ml air untuk memasak saus tomat
1 sdm air perasan jeruk nipis
2 sdt maizena, larutkan dengan 2 sdm air

Bumbu Halus: 
3 siung bawang putih
1 sdt lada putih

Cara Membuat: 
1. Cuci bersih tomat lalu tiriskan.
2. Rebus air sampai mendidih, masukkan tomat dan tunggu sampai kulitnya terkelupas, matikan api.
3. Angkat dan tiriskan tomat sampai dingin
4. Blender halus tomat bersama bawang putih dan lada putih.
5. Panaskan wajan atau panci, masukkan tomat yang sudah diblender, beri air aduk rata.
6. Tambahkan garam dan gula, serta perasan air jeruk nipis
7. Masukkan larutan maizena dan masak saus sampai mengental.
8. Angkat dan simpan di wadah kaca yang kedap udara dan bersih.
9. Saus tomat siap dimanfaatkan.

Tomat siap dibuat saus
Saus tomat buatan sendiri memiliki cita rasa yang alami karena tanpa ada pengawet yang ditambahkan. Rasanya manis asam segar khas tomat. Jadi tak perlu khawatir saat mengkonsumsinya.

Saus tomat ini bisa digunakan untuk pelengkap hidangan spagetti, kuah tom yum, sup tomat merah, juga memberi rasa asam saat memasak cap cay kuah. Emm masakan jadi lebih lezat.

Saus tomat lezat
Mengolah tomat menjadi saus tomat merupakan salah satu cara mengawetkan bahan sayuran agar lebih memiliki nilai guna dan tidak mubazir di saat panen raya.

Tips Menyimpan Saus Tomat
1. Simpan di wadah kedap dan bersih, lebih disarankan wadah kaca.
2. Selalu gunakan sendok bersih dan kering saat mengambil saus tomat
3. Simpan di kulkas segera setelah dibuka

Mencintai Indonesia bisa diwujudkan dengan partisipasi sederhana dan mulai dari diri sendiri. Belilah bahan pangan lokal dan sayuran dari petani agar hidup mereka juga sejahtera. Jika bukan kita yang memulainya siapa lagi? Yuk kawan galakkan gerakan berbelanja di pasar tradisional.

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Berbagi Kebahagiaan

Assalamualaikum , Halo semua apa kabar? Semoga senantiasa sehat dalam lindungan Allah dan jangan lupa bahagia ya. Wah tak terasa memasu...

Popular Posts