Selasa, 14 Januari 2020

Ini Mind Mappingku


Halo Januari, sungguh aku bersyukur pada Allah atas segala nikmat dan juga karena hujan sudah rutin menyambangi bumi. Tanaman menghijau berseri, air sumur kembali lancar aah..., tak perlu lagi olah raga ember tiap pagi.

Rasanya semangat bagai terbarukan. Apalagi saat bisa melalui tahap telur orange di Kelas Bunda Cekatan Batch1 Institut Ibu Profesional bersama teman seregional IIP Lampung. Bahagia luar biasa.

Lalu dengan penuh rindu dan rasa ingin tahu, tahap belajar dilanjutkan dengan mendengarkan dongeng dari Pak Dodik terkait tujuan belajar yang disajikan dengan menggunakan mind mapping.

Apa Itu Mind Mapping?

Mind mapping sebuah cara mencatat dengan memanfaatkan bagaimana otak bekerja. Teknik ini diperkenalkan oleh Pak Tony Buzan seorang ahli dan penulis produktif di bidang psikologi, kreativitas dan pengembangan diri. Kita bisa menyebutnya sebagai peta belajar.

Saat seseorang menjelajah tempat baru, tentu membutuhkan peta agar tidak tersesat. Jadi karena sebentar lagi saya mau berpetualang di belantara pengetahuan, tentu saya membutuhkan panduan untuk bisa menelusuri sudut-sudut pengetahuan yang penuh kejutan. 


Mind mapping Linda

Maka di jurnal yang keempat ini, saya sudah menyiapkan mind mapping ala Linda yang tidak sama dengan orang lain. Mind mapping dibuat berdasarkan perenungan dari telur orange yang sudah dituliskan. Ini mind mappingku yang saya beri nama Nuwo Ujau. Nuwo Ujau adalah kata dalam bahasa Lampung yang artinya rumah hijau. Yup, karena proyek tahun ini keluarga ingin fokus hidup lebih sehat dan hijau. 


Nuwo Ujau diibaratkan bentuk ikhtiar sebagai khalifah di muka bumi untuk ikut berperan menjaga kesehatan tubuh juga kesehatan bumi dengan tetap menebarkan manfaat dalam rangka menggapai rido Allah semata. Hidup hanya sekali, maka isilah dengan hal baik. 


Mind mapping yang akan memandu langkahku

Dalam proyek Nuwo Ujau, saya memfokuskan pada 5 hal untuk dikerjakan sampai lima bulan ke depan. Harapan saya dari hal sederhana di atas bisa membuat saya makin bahagia menemukan 4 E, Enjoy, Easy, Excellent, dan Earn.

1. Disiplin
Disiplin menjadi fokus penting dalam mind mapping yang saya buat. Terutama disiplin dalam hal ibadah untuk tepat waktu alias tidak menunda. Lalu habluminannas, atau hubungan dengan sesama. Ini masuk juga interaksi di tetangga, komunitas yang harus bisa saya atur sesuai ritme keseharian saya. Dan saya harus cermat dalam memanfaatkan waktu untuk hal-hal baik.

2. Healty Foods
Ini bagian yang menyenangkan. Belajar tentang seluk-beluk healthy foods dari mengenal real foods, superfoods, lalu memasak sendiri, mengolah dengan minim minyak,  memasak tanpa tambahan bahan 4P, pemanis, pengawet, pewarna, dan penguat rasa. Dan manajemen dapur, seperti mengolah sisa organik menjadi lebih manfaat. 

3. Natural Home Cleaners
Menuju hidup lebih sehat dan hijau menuntut saya untuk lebih bijak dalam memilih dan menggunakan produk untuk bersih-bersih. Mencoba mencari substitusi detergen kimia ke buah lerak menjadi tantangan sendiri. Harus merendam lerak, memisahkan dari biji dan merebus. Hemm butuh konsisten dan komitmen kuat dari diri sendiri agar tidak malas. Lalu untuk cairan pembersih lantai berusaha terus menabung eco enzyme dari hasil mengumpulkan kulit buah sisa konsumsi. Semoga istiqomah ya Linda. 

4. Natural Skin Care
Saya harus belajar lebih banyak untuk memahami tentang produk perawatan yang sesuai jenis kulit dan alami. Tujuannya agar terhindar dari zat-zat kimia yang terkandung dalam suatu produk yang bisa memicu masalah kesehatan. Terutama bagi yang sedang program hamil. Memilih pembersih, penyegar alami juga memilih pelembab yang lebih ramah bagi kulit akan menjadikan saya lebih nyaman dan tanpa rasa was-was. Tantangannya harus tahan godaan untuk tidak coba-coba dengan produk yang berseliweran di jagad kecantikan wk wk.

5. Menulis
Selain keempat hal di atas, menulis juga termasuk hal yang ingin saya kulik lebih dalam. Belajar menulis fiksi, nonfiksi atau faksi menjadi bagian healing dan penyemangat diri bisa berbagi lewat tulisan kepada orang lain. Inginnya suatu hari bisa menulis buku solo. Target 5 bulan ke depan, bismillah. Doakan saya ya.

Demikian hasil perenungan juga diskusi mesra bersama pasangan. Masyaa Allah begitu luas ilmu yang Allah hamparkan di muka bumi. Saya tinggal memilih sesuai dengan passion yang disuka. Hai, Linda selamat datang di belantara pengetahuan. Are you ready? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Puasa Malas Jahit

Assalamualaikum , Alhamdulillah segala puji bagi Allah yang sampai hari ini memberi nikmat sehat. Yup, di tengah keresahan adanya wabah...

Popular Posts