Selasa, 21 Januari 2020

Berpetualang di Belantara Pengetahuan

Saatnya ulat mulai berpetualang

Assalamualaikum,

Alhamdulillah setelah 4 minggu menjaga telur-telur sesuai suhu yang dibutuhkan, akhirnya telur menetas menjadi ulat. Seekor ulat mungil nan cantik, geraknya lincah dan rasa ingin tahunya sangat besar. Siap menyantap daun-daun hijau bergizi penuh ilmu yang bertebaran di belantara Institut Ibu Profesional. Selamat datang di rimba pengetahuan.


Tapi menuliskan jurnal tanpa menyinggung kelas Bunda Cekatan, rasanya tak lengkap. Memang kelas buncek ini penuh kejutan yang tak terduga hehe. Dan membuat saya makin semangat untuk mengenali potensi diri.

Dongeng Menakjubkan dari Sang Guru

Tahap ulat diawali dengan dongeng indah dari Bu Septi yang memberikan gambaran bahwa di kelas ulat semua harus berusaha berjuang mencari makanan yang cocok untuk bisa tumbuh sehat. Yang dimakan adalah daun-daun pengetahuan yang tersaji begitu banyak, bahkan ribuan jenis. Di sinilah ulat mencicip dan memilih daun yang hendak dimakannya, wow dongeng yang menakjubkan.

Guru berpesan, hati-hati memilih dan memakan dedaunan hutan cari yang cocok saja.

Ulat pun harus menjaga berat badan agar tetap lincah bergerak di antara rimbunnya hutan. Emm berpetualang di belantara bersama ulat-ulat lain yang juga punya misi serupa, wow mari saling bergandeng tangan yuk.

Ulat tak lupa membawa perbekalan untuk berpetualang bak rimbawan yang siap menjelajah dunia pengetahuan. Tapi ulat happy saja, terasa mau kemping hehe.

Dan seperti biasa, setelah dongeng usai maka ulat bersiap menyajikan makanan kesukaannya dengan panduan. Panduan kali ini ada panduan 1, dan panduan 2. Menariknya ulat diminta mengisi yang panduan 2 dahulu ye..ye..

Panduan 2 berisi tentang apa ilmu yang dipelajari ulat cantik. Dasarnya diambil dari peta belajar atau mind map yang telah dibuat agar tidak tersesat di antara lebatnya rimba. Bisa tetap on the track sesuai tujuan awal. Walau godaan itu begitu berat. Dan inilah potluck di panduan 2 si ulat cantik.

Potluck nan lezatku

Di panduan 2, ulat fokus belajar tentang makanan sehat dengan sumber dari buku, bertemu langsung juga melalui akun official yang menyaijkan pengetahuan.

Makanan sehat dalam sub topik real foods dan super foods bermanfaat bagi yang mengalami masalah kesehatan. Memperbaiki pola makan dari bahan yamg sehat. Oh iya mind map juga menjadi dasar untuk menuliskan lumbung ilmu ulat di panduan 1. Jadi ulat punya lumbung ilmu dan terus semangat belajar untuk memperdalam ilmu sesuai peta belajar yang dibuat.

Yang ku tahu dan ingin kupelajari

Hai ulat, ayo semangat terus untuk mencari pengetahuan yang ada di belantara? Dan pilihlah daun yang sehat bergizi ya..

Ulat pun terus melirik kiri dan kanan dengan ransel, buku, dan pena di tangan. Tapi ulat juga harus memilih sajian terbaik untuk bekal dalam petualangan selanjutnya. Sampai jumpa episode selanjutnya ya.

Wassalamualaikum

#Buncek
#Tahapulat
#mingguke1
#IIP

2 komentar:

  1. Semoga bisa menjadi Kupu2 nan Cantik Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin. Terima kasih mbk Ning Maya, iya ini semangat cari makanan di hutan yang beraneka ragam.

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Nuansa Hati di Kelas Bunda Cekatan Batch1

Assalamualaikum , Alhamdulillah, itu adalah sebuah kata yang selalu saya getarkan dalam setiap menyelesaikan sebuah proses baik belajar...

Popular Posts