Selasa, 17 Desember 2019

Berpetualang di Tahap Telur

Saatnya mencari telur 

Halo berjumpa lagi dengan saya di Ruang Cerita. Tak terasa sudah sampai di bulan Desember yang basah nan hijau. Alhamdulillah Desember menjadi pertanda dimulainya Kelas Bunda Cekatan di Institut Ibu Profesional, setelah saya dan teman-teman sejagad maya menunggu sekian purnama.

Saatnya bermain dengan bahagia. Mengapa begitu? Karena di Kelas Bunda Cekatan ini setiap mahasiswa diminta untuk mencari kekuatan diri bukan kekuatan bulan eaa. Kata kuncinya adalah BAHAGIA . Terserah mau beraktivitas di ranah publik atau domestik, semua boleh saja.

Jadi dalam pola belajar kali ini clue pertama adalah diminta mengamati aktivitas yang membuat bahagia dan mata berbinar penuh bintang.  Ayo semangat mencari bahagiamu.

Setiap manusia dilahirkan unik dan tidak akan sama, baik karakter atau bakatnya.
Bakat menjadi master pada setiap individu yang terinstal sejak dilahirkan. Bakat adalah anugerah dari Allah. Hanya saja terkadang kondisi dan pola pendidikan juga lingkungan menekan bakat tersebut sehingga belum tereksplore dengan maksimal. Jadi menguasai sesuatu tapi setengah-setengah.

Jadi bakat bisa dilihat jika aktivitas produktif yang dilakukan memenuhi 4E, yaitu Easy (mudah melakukan), Enjoy ( senang),  Excellent (hasilnya menakjubkan),  dan Earn (menghasilkan baik materi atau non materi). Hal ini digambarkan dengan permainan dari telur sampai jadi kupu-kupu cantik.

Baiklah, sebelum jadi kupu-kupu yang cantik kini saatnya saya  mulai berpetualang di tahap telur dulu. Di tahap telur ini saya mencari, mengamati, merasakan dan membuat daftar yang terbagi menjadi 4 kuadran sebagai panduan. Di sini difokuskan melihat ranah SUKA dan BISA. Setelah bersemedi beberapa waktu lamanya inilah kuadran yang saya dapatkan.



Mengintip ke belakang saat ikut kelas Matrikulasi 2017 lalu, terungkap bahwa saya adalah seorang administrator, arranger, communicator, creator, journalist, motivator, dan synthesizer. Berdasarkan ST 30 tersebut juga membantu saya untuk mengidentifikasi peran produktif  yang bisa diambil agar bermanfaat bagi yang lain.

Tapi tahap utama akan dimulai dari mencari ranah SUKA dan BISA yang akan saya pilih menjadi pijakan dalam Kelas Bunda Cekatan. Akhirnya saya memilih 5 aktivitas yang membuat saya bahagia. Ini gue banget. Dan saya bisa betah berlama-lama melakukannya.

Aktivitas yang gue banget

Yups, semua butuh proses dan juga perencanaan. Apakah telur itu yang ada bakal embrionya? Wah saya juga belum tahu pasti. Oke kita cari jawabannya di tahap berikutnya. Mari terus belajar dan bermain dengan bahagia.

"Maka apabila engkau telah selesai (dari suatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain)" (Q.S. Asy-Syarh:7)

Sampai jumpa di petualangan saya selanjutnya.

#BundaCekatanBatch1
#InstitutIbuProfesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Puasa Malas Jahit

Assalamualaikum , Alhamdulillah segala puji bagi Allah yang sampai hari ini memberi nikmat sehat. Yup, di tengah keresahan adanya wabah...

Popular Posts