Minggu, 13 Oktober 2019

Membuat Pouch Sendok Dari Perca

Hasil kreasi perca

Assalamualaikum,
Apa kabar teman-teman? Semoga tetap sehat dan bersyukur. Menikmati akhir pekan bersama keluarga memang menyenangkan. Apalagi jika bisa berkumpul dengan keluarga besar. Eh ngomong-ngomong, kalau lihat tumpukan perca nan cantik dibuat kreasi apa nih? Kalau saya, tangan jadi gatal ingin jahit percanya jadi pouch sendok alias wadah sendok. Emm sepertinya menarik.

Maka begitulah, sembari berkegiatan rutin, saya berkreasi dengan perca. Dan masih di Challenge Rumbel Menjahit Ibu Profesional Lampung yang belum beralhir, maka masih ada kesempatan banyak untuk ber DIY. 

Mengapa memilih pouch sendok? Karena unik dan imut menurut saya dan saat membawa bekal atau bepergian bisa ikut mengisi tas dan bisa mulai menolak sendok plastik saat jajan di luar rumah. Sekaligus belajar bijak menyayangi lingkungan. Ini sejalan dengan proyek keluarga untuk belajar zerowaste.

Setelah mendapat ide mulailah saya bongkar tumpukan perca yang kebanyakan berbahan dasar velvet berwarna hijau. Uhh, bukan itu yang saya mau. Karena saya sekilas pernah melihat ada perca dari bahan tile dan katun berwarna putih. Jadi, dalam bayangan saya pasti bisa jadi pouch yang cantik.

Perca tile dan katun putih

Sambil bersin-bersin dan berulangkali harus mengusap hidung dengan sapu tangan karena bau perca, akhirnya Alhamdulillah, perca yang saya maksud ketemu. Yea, senangnya hati ini.

Lalu bagaiman cara membuatnya? Mulailah saya mengukur dan mengambil sendok agar kreasi yang akan saya buat ukurannya pas.  Menggunting kain, siapkan benang, mendesain pola dan meluangkan waktu khusus untuk menjahit.

Baca juga kreasi perca yang lain Cuttelry Wrap

Agar lebih mudah, yuk ikuti tutorial sederhana yang saya buat. Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang belajar jahit.

Menjahit Pouch Sendok
By Linda Dwihapsari

Bahan:
2 lembar tile ukuran 27 cm x 16 cm
2 lembar kain putih 27 cm x 16 cm
Benang kasur 2, panjang 40 cm

Alat:
Gunting
Jarum atau mesin jahit
Benang

Cara Membuat:
1. Ambil bahan tile dan katun putih tumpuk jadi satu. Bahan putih yang halus di atas dan tumpuk bagian tile bagus di atas. Beri jarum pentul dan balik.
2. Lipat sisi atas 2 cm ke arah dalam dan jahit rapi
3. Lipat sama panjang, bagian bagus di dalam lipatan.
4.Jahit dua sisi yang tersisa
5. Balik kain dan masukkan benang kasur di bagian atas
6. Tarik benang membentuk kerutan
7. Pouch sendok sudah jadi

Pouch sendok sudah jadi
Semula saya tidak menyangka sama sekali bahwa hasilnya bisa secantik itu hehe. Walau hanya bermodal cara jahit lurus tapi kalau ada bahan yang cantik, hasilnya juga sebanding. Selain bisa dipakai sendiri, pouch juga bisa diberikan kepada saudara, sahabat atau teman kita. Mereka pasti suka karena ini handmade.

Bahkan jika punya kumpulan perca berlimpah, tidak mustahil bisa dijadikan peluang usaha souvenir. Sudah untung, tapi ikut juga berkontribusi mengurangi limbah perca dengan menjadikannya barang yang bernilai.

Nah, ini salah satu langkah kecilku untuk terus belajar dan berkarya dari hal sederhana. Ayo teman, tunjukkan karyamu juga dan bahagialah dengan hasilnya.
Salam karya...

Wassalamualaikum

5 komentar:

  1. Luar biasa, Mbak Linda emang super kreatif. Disetiap tulisannya selalu melalui proses praktek. Dan setiap kali memberikan tips selalu dari hasil kreasinya sendiri.

    Tetap semangat dan selalu tebarkan manfaat untuk setiap orang. Sukses mba linda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah memberi semangat. Ya kebetulan saja banyak perca dan sedang senang belajar jahit mas, jadi ditulis sekalian biar bisa dibaca ulang. Sapa tahu ada yang membutuhkan. Ammin semoga manfaat.

      Hapus
  2. Salah satu kreativitas emak-emak yg selalu bikin kagum. Semangat terus mak mengembangkan hobi dan menebar manfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mak Mega sudah mampir. Hihi ini salah satu cara untuk menjaga kewarasan mak, bebikinan yang bikin happy. Aamiin terima kasih.

      Hapus
  3. Kreatif banget Mbak aku juga pengen coba deh kalau waktu senggang pengen jahit-menjahit lagi, terima kasih ya pulangnya mau mencoba di rumah.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Membuat Pouch Sendok Dari Perca

Hasil kreasi perca Assalamualaikum , Apa kabar teman-teman? Semoga tetap sehat dan bersyukur. Menikmati akhir pekan bersama keluarga m...

Popular Posts