Jumat, 11 Oktober 2019

Intip Keseruan Membuat Keju Ricotta Bersama Hometown Dairy



Assalamualaikum,
Halo semua apa kabar hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia ya. Anak dan susu, wow seperti mata uang yang tak bisa dipisahkan antara satu sisi dengan sisi lainnya. Yuk langsung saja Intip Keseruan Membuat Keju Ricotta Bersama Hometown Dairy. 

"Mas Ji suka susu atau keju? Maukah diajak acara bikin keju ricotta? "

" Suka, Bulek, wah sepertinya seru nih bikin keju. Mas Ji mau ikut."

Demikian obrolan singkat kami berdua beberapa hari sebelum acara.

Maka, hari Sabtu tanggal 4 Oktober 2019 saya bersama Mas Ji dan teman-teman Tapis Blogger mendapat kesempatan untuk hadir di acara Workshop Ricotta Cheese bersama susu Hometown Dairy. Acaranya diadakan di Mall Boemi Kedaton yang letaknya tak jauh dari rumah. Tepatnya di Jl Teuku Umar No. 1, Bandarlampung.

Cuaca Lampung begitu terik dan taksi online yang kami naiki pun sempat tertahan saat ada kereta Babaranjang lewat. Semua tak menyurutkan semangat kami untuk datang menimba ilmu baru di bidang perkejuan.

Setibanya di Mall Boemi Kedaton, ternyata sudah ramai yang datang. Segera Mas Ji memilih duduk di pinggir pojok. Tempat duduk yang tidak strategis untuk berfoto hihi, tapi membuatnya nyaman.

Emm yumi minum susu

Tampak sebuah panggung besar dengan back drop berwarna putih dengan gambar yang menarik. Di sebelahnya ada banner besar bergambar produk Hometown Dairy. Di depan panggung terdapat dua buah bangku panjang dengan taplak berwarna putih yang dilapisi plastik bening. Ditemani sekitar dua puluh kursi ukuran kecil berjejer rapi, siap menyambut peserta workshop yang mayoritas masih anak-anak berusia 3-10 tahun.

Meja panjang untuk workshop

Setelah dirasa lengkap, acara pun segera dimulai oleh MC. Untuk membuka wawasan peserta cilik, MC pun melakukan brainstorming dan bertanya tentang susu pada peserta.

" Siapa yang suka minum susu? Ayo angkat tangan."

Serentak peserta cilik menjawab kompak. Sayaa..
Dan dilanjutkan dengan menyanyi bersama dengan gembira.

Kemudian setelah kembali duduk, peserta diminta untuk fokus. Nah di sinilah tantangan ibu dimulai. Karena ada saja polah tingkah peserta cilik yang mencari perhatian hehe.

Lalu semua bertepuk tangan saat Chef Gaby Dharmadji siap menemani peserta workshop. Dan kali ini seorang adik kecil bernama Khanza yang ikut membantu Chef Gaby dalam proses pembuatan keju ricotta.

Chef Gaby menjelaskan proses pembuatan keju ricotta

Keju ricotta berasal dari Italia dan termasuk keju segar. Dipilih ricotta karena proses pembuatannya simpel dan bahannya sederhana. Chef Gaby berpesan, untuk membuat keju pilihlah susu yang berkualitas. Seperti susu yang sudah dipasteurisasi Hometown Dairy.

Susu Hometown Dairy
Sumber foto Mbk Heni Puspita

Tentang Susu Hometown Dairy


Susu Hometown Dairy adalah produk susu segar tanpa tambahan gula dan zat lain. Susu Hometown Dairy sudah melalui proses pasteurisasi dengan tujuan mematikan.mikroorganisme yang berbahaya. Sehingga aman dikonsumsi dan tidak kehilangan nutrisi. Susu tetap mengandung beragam zat gizi yang dibutuhkan. Seperti kalsium, protein, mineral. Susu Hometown Dairy jika diamati saat dituang di gelas seperti ada butiran-butiran menggumpal. Maka disarankan kocok lebih dulu sebelum dikonsumsi.

Susu Hometown Dairy berasal dari sapi yang dpelihara di tengah kebun nanas oleh perusahaan Great Giant Foods yang beroperasi di kabupaten Lampung Tengah, Lampung, Indonesia. Info mengenai  susu ini teman-teman bisa mengunjingi instagramnya @hometowndairy.id dan mengunjungi webnya www.hometowndairy.com

Berlanjut ke proses pembuatan keju ricotta, selain bahan jangan lupa ya peralatan yang dipakai juga harus bersih dan kering. Tangan juga harus bersih.
Nah, langsung semua penasaran cara membuat keju ricotta dari susu. Yuk simak resepnya:

Bahan:
Seliter susu pasteurisasi
4 sdm air lemon
Sejumput garam

Cara Membuat:
1. Panaskan susu sambil terus diaduk agar tidak hangus.
2. Setelah timbul buih-buih di panci, matikan api dan biarkan uap panas hilang. Tutup panci.
3. Beri air jeruk sambil diaduk. Karena ada tambahan asam, maka terjadi pemisahan lapisan berupa padatan ( dadih) dan air dadih.
4. Sendok dadih dengan perlahan di sebuah wadah.
5. Tambahkan garam dan aduk lembut.
6. Tiriskan dadih di atas saringan atau kain halus sampai airnya berkurang.
7. Ricotta siap dipindahkan ke wadah kedap. Seperti jar. Tutup rapat simpan di kulkas.

Keseruan dimulai saat setiap peserta diberi semangkuk ricotta setengah jadi, pisang, saringan kain, jar, dan pisang. Semua mulai sibuk mengikuti intruksi dari Chef Gaby.

Fokus memotong pisang

Peserta cilik ada yang dengan hati-hati memindahkan ke atas kain. Ada pula yang langsung menumpahkan semua. Ya, sesi life skill pun berlanjut. Peserta diminta mengupas pisang dan memotongnya. Mas Ji pun tampak enjoy melakukannya.

Lalu setelah air dadih tiris, keju ricotta dimasukkan ke dalam jar. Diberi tambahan pisang dan topping madu.

Hasil keju ricotta

Taraa... Keju Ricotta Mas Ji sudah jadi. Wah ternyata cara membuatnya begitu mudah, tidak sesulit yang dibayangkan.

Setelah semua proses selesai, peserta cilik diminta menunjukkan hasil kejunya masing-masing. Semua tampak gembira dan puas. Peserta mendapat apresiasi berupa sertifikat bertuliskan nama dan goodie bag berisi produk dari Hometown Dairy.

Semua menunjukkan hasil keju

Dan untuk para ibu yang sudah menemani juga dapat kejutan drngan penawaran diskon sebesar 25% untuk produk Hometown Dairy.  Harga normal untuk  1 liter Rp 29.000,- dan untuk 2 liter dapat diperolehdengan harga Rp 54.000,- Bahkan kemarin bagi konsumen yang beli 2 liter dapat bonus sebungkus produk bakso dari Bonanza.

Hati ponakan senang, hati Bulek juga senang. Semua merasa bahagia mengikuti Keseruan Pembuatan Keju Ricotta Bersama Hometown Dairy. Untuk membuat keju, pilihlah susu yang berkualitas.

Wassalamualaikum

2 komentar:

  1. Seru ya... Membuat keju itu ternyata gak sesulit yang dibayangkan.
    Kuncinya ada di penggunaan susu. Saya juga baru tahu kalau untuk membuat keju butuh susu yang fresh Ini pengalaman pertama Mutiara juga membuat keju. Senang sekali dia.

    BalasHapus
  2. Emang seru acaranya ya mb, anak2 juga seneng...

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Pisro Kuliner Khas Lampung Nan Lezat

Assalamualaikum , Halo apa kabar teman? Rasanya lama tak menyapa di Ruang Cerita. Sudah lama ga menulis di blog. Dan tak terasa bulan ...

Popular Posts