Senin, 15 Juli 2019

Kukus Tahu Jamur Bawang Lokio


Kukus Tahu Jamur Bawang Lokio

Assalamualaikum,

Halo teman semangat Selasa, semoga hari ini senantiasa sehat dan tetap bahagia. Mau masak apa hari ini? Bagaimana kalau masak olahan tahu saja. Dibuat menu yang berbeda. Memang bisa? Bisa banget hehe. Jadi resep ini saya beri nama Kukus Tahu Jamur Bawang Lokio.

Begini nikmat belajar dengan hati gembira, dapat ilmunya dapat hasilnya 😍. Bahagia saat Rumbel Boga Ibu Profesional Lampung  kembali mengadakan challenge dwi mingguan sebagai kegiatan belajar secara online. Apalagi tema yang dipilih berbahan tahu. Wuih, bahan yang sudah pasti familier dengan keseharian kita.

Tapi sebelum melangkah lebih jauh yuk cari tahu dahulu informasi tentang tahu.  Menurut Wikipedia, tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi.  Tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Dikenal sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemu tahu adalah Liu An yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang pendiri dinasti Han.

Wah ternyata tahu sejarahnya panjang dan sudah ada sejak lama. Tahu selain disukai karena teksturnya yang lembut juga mudah ditemukan dan bernilai gizi tinggi. Poin pentingnya lagi, tahu harganya terjangkau untuk pemenuhan protein nabati. Jadi bisa untuk variasi menu harian di rumah. Bisa dikreasikan sesuai selera. Kreasi olahan ikan bisa dibaca di Tim Ikan Gurame

Kalau di Indonesia, tahu ada beragam jenis. Mulai dari tahu pong, tahu goreng, tahu kuning karena penambahan kunyit, egg tofu juga ada tahu sutera yang lembut. Nah, kali ini saya kukus saja tahunya dengan resep ala saya. Silakan dicatat resepnya ya, biar saat butuh bisa mudah mencarinya hehe.

Bahan untuk membuat Kukus Tahu Jamur Bawang Lokio

Kukus Tahu Jamur Bawang Lokio

Resep by Linda Dwihapsari

Bahan-bahan:
2 buah tahu sutera, potong dadu bisa diganti tahu putih biasa
100 gr jamur merang, iris
100 gram bawang lokio, siangi ambil bagian putih
1 buah tomat, iris-iris

Saus: 
Aduk jadi satu
Garam secukupnya
2 sdm minyak kelapa
1 sdm kecap ikan
150 ml air

Bumbu Iris:
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah cabai rawit merah

Cara Membuat: 
1. Ambil wadah atau pinggan tahan panas
2. Tata tahu secara merata
3. Lalu jamur
4. Taburi bumbu iris
5. Siram dengan saus dan taburi bawang lokio.
6. Kukus 10-15 menit
7. Matikan api, hidangkan hangat

Siap dikukus

Kukus Tahu Jamur Bawang Lokio yang lezat
  
Emm Kukus Tahu Jamur Bawang Lokio ini  lezat dan memang paling cocok disantap saat hangat.  Tahu Jamur Bawang Lokio in bisa digado ( dimakan tanpa nasi) atau ditemani nasi merah, nasi putih tetap klop. Sensasi rasa segar dari tomat, gurih dari jamur dan bawang lokio sangat menonjol.  Ditambah sentuhan rasa pedas dari cabai rawi merah  olala.. Dan yang spesial tekstur lembut tahu sutera terasa lumer di mulut. Tak butuh usaha keras untuk mengunyah. Menu ini juga bersahabat untuk semua usia. Jika disajikan untuk anak atau manula tinggal skip saja cabai rawitnya atau diutuhkan. Pas mau makan jika ingin mendapatkan sensasi pedas, ya tinggal ditekan dengan sendok atau dipletet bahasa Jawanya hihi.

Tips Memilih Tahu:
1. Pilih tahu yang aromanya khas kedelai
2. Masih segar, kalau dipegang tidak berlendir
3. Pastikan membeli dari penjual yang amanah untuk menghindari penambahan zat berbahaya
4. Olah segera mungkin. Jika terpaksa menyimpannya, cuci tahu dengan air bersih. Simpan di wadah kedap dengan tambahan air ( direndam) dan simpan di kulkas.

Bagainana teman? Sudah ada gambaran mau masak apa hari ini?Silakan segera berburu tahu ya.  Selamat mencoba menghadirkan rasa yang berbeda untuk keluarga tercinta. Happy Cooking. 

Wassalamualaikum

Sumber referensi
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Tahu
Dokumen pribadi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Membuat Pouch Sendok Dari Perca

Hasil kreasi perca Assalamualaikum , Apa kabar teman-teman? Semoga tetap sehat dan bersyukur. Menikmati akhir pekan bersama keluarga m...

Popular Posts