Kamis, 27 Juni 2019

Tim Ikan Gurame



Assalamualaikum,

Jumat Mubarok..
Halo teman, apa kabar? Semoga selalu penuh syukur hari ini. Mau masak apa ya untuk menu hari ini? Kali ini saya mau berbagi resep olahan ikan. Ikan gurame yang tidak digoreng. Tara..inilah dia Tim Ikan Gurame.


Tim Ikan Gurame ini adalah permintaan dari Pak Su yang ingin makan ikan dengan cara ditim. Saya maju mundur juga saat mau mengolahnya. This is my first time lo hehe..Biasanya dipindang, goreng, sup, pepes atau diacar. Agak khawatir ga sesuai impian saat mengolah Tim Ikan Gurame. Kan sayang bahannya juga.

Tapi namanya memasak adalah duniaku, maka  ini wajib dicoba alias wajib menantang diri untuk tidak takut gagal. Hal pertama yang dilakukan tentu saja menentukan ikan yang ingin diolah. Setelah berdiskusi bersama disepakati ikan gurame yang terpilih. Alasannya gurame bisa dibeli dalam kondisi hidup, murah, dan mudah ditemukan. Selamat ya gurame, kamu terpilih kali ini hehe..

Kedua, saya terbiasa membayangkan dulu tampilan masakan yang akan jadi sebelum diolah. Mau berwarna apa? Isian apa saja? Bumbunya apa? Tujuannya agar sudah matang hasil ga jauh beda dengan ekspektasi.

Kali ini saya ingin Tim Ikan Gurame berwarna kuning, ada sayuran juga jamur, dan berbau harum rempah. Untuk rasa saya ingin yang asam gurih tidak terlalu pedas. Jadilah ada kunyit, jamur dan air jeruk nipis.

Mengolah ikan dengan cara ditim ini sebenarnya lebih sehat dan simpel. Ga perlu banyak usaha apalagi drama terciprat minyak hehe. Insyaa Allah aman hanya modal panci kukus, ikan dan bumbu tinggal iris-iris dan cemplung jadi deh 🤗

Yuk teman boleh dicatat ya resepnya biar ga lupa 😍
Tim Ikan Gurame Ala Linda

Bahan:
1 ekor gurame (500gr)
1/2 buah timun, potong korek api
1/2 wortel, potong koreng api
6 buah rampai belah dua
1 sdm minyak kelapa
Segenggam jamur shimeji putih
2 batang daun bawang, iris serong
Garam secukupnya
Gula aten secukupnya
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
150 ml air, bisa ditambah sesuai selera
1 sdm kecap ikan

Bumbu Rempah Iris: 
2 batang serai, iris serong
2 cm lengkuas, iris tipis
Sejari jahe, potong korek api
Sejari kunyit, iris serong

Bumbu Iris: 
5 butir bawang merah, potong 2
3 siung bawang putih, cincang halus
5 buah cabai merah besar, iris serong

Cara Membuat:
1. Bersihkan ikan, beri air jeruk nipis, kerat -kerat lalu cuci, tiriskan
2. Ambil wadah tahan panas, letakkan ikan baluri garam, gula, diamkan 15 menit.
3. Masukkan bumbu iris, serai, jahe, kunyit, lengkuas, rampai
4. Beri air, minyak kelapa, dan kecap ikan
5. Kukus 5 menit
6. Buka kukusan, masukkan wortel, timun, jamur dan kukus kembali 10 menit
7. Masukkan irisan daun bawang dan air jeruk nipis. Koreksi rasa
8. Siap dihidangkan.

Tim Ikan Gurame Ala Linda

Tips : 
Tingkat kematangan tergantung besar kecil api dan tebalnya daging ikan. Jika dirasa 15 menit belum matang bisa tambah waktu mengukusnya.

Tim Ikan Gurame ini paling enak disantap saat hangat. Rasanya yang gurih, asam  segar berhasil membangkitkan selera makan kami berdua. Lezat banget dan tidak menyangka kalau gurame ditim dagingnya yang tebal terasa lembut di mulut.

Selamat mencoba semoga teman-teman suka.
Selamat menikmati hari ini dengan syukur 😇

Wassalamualaikum

9 komentar:

  1. hhmmm yummy,,, mba linda emang jago masak. sekilas baca tulisannya aja terasa enak tim ikan guramenya, apalagi ngerasaain. coba geh aku tetanggaan, pasti sering ngerepotin minta dimasakin juga :) .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih lo kang sudah mampir blogku.Hehe ini mah siapa saja bisa masak soalnya cuma iris-iris dan kukus. Nah kalau tetanggaan kita barter sama cokelat ya kang.

      Hapus
  2. Aduh baca tulisan ini melelh lidahku mbak. Auto laper berkali lipat. Gak tahan liat gambarnya... Buat ikan2 lain bisa juga kan mbak? Soalnya gurame jarang dikampungku.. yang banyak ikan gabus. Hehe. Makasih resepnya.

    BalasHapus
  3. Ikan gurame ini my fave. Biasanya suka dibakar digoreng atau digoreng tepung. Tapi ditim begini juga jadi pengen nyicip hihi

    BalasHapus
  4. Aku suka banget makan ikan Gurame Mbk, dulu punya kolamnya dan suka bikin masakan dengan Gurame. Resepnya bisa nih aku coba soalnya biasanya dibakar atau digoreng aja.

    BalasHapus
  5. Hmhm.. yummy pasti lezat nih masakan.. saya suka sekali makan ikan.. jadi berbagai macam masakan ikan saya suka saya suka.

    BalasHapus
  6. baca artikelnya pas ujan-ujan gini yampun :") jadi laper.. wah tapi cocok bgt nih buat aku yang lg belajar masak kaya gini :D

    BalasHapus
  7. Ya Allah aku autolaparrrr haha. Lebih praktis ya sebenarnya masak dengan cara ini. Dan lebih sehat gak pakai-pakai minyak ��

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Membuat Pouch Sendok Dari Perca

Hasil kreasi perca Assalamualaikum , Apa kabar teman-teman? Semoga tetap sehat dan bersyukur. Menikmati akhir pekan bersama keluarga m...

Popular Posts