Rabu, 26 Juni 2019

Sop Ayam Kampung


Sop Ayam Kampung favorit keluarga

Assalamualaikum,

Halo teman apa kabar? Bertemu lagi di resep masakan ruang cerita. Nah kali ini saya mau berbagi resep andalan keluarga. Favorit sekali, dari keponakan, ortu, adik, dan suami juga suka. Namanya Sop Ayam Kampung.


Sop memang paling cocok disajikan saat kondisi badan sedang tidak fit seperti saat flu. Kuahnya yang segar bercampur rempah memberikan manfaat tersendiri bagi yang menyantapnya. Pas juga waktu ke pasar tradisional lihat ayam kampung yang fresh jadilah ingin buat sop.

Jadi ingat, kalau di kampung halaman mau masak sop tidak perlu beli daging ayam. Tinggal menangkap, potong, dan bersihkan. Apalagi ayam kampung peliharaan bapak banyak dan sehat. Wow, hal yang menarik dan menghemat uang belanja.

Sop Ayam Kampung yang berwarna kuning ini memang menjadi kesukaan keluarga. Kalau sedang kumpul saat liburan, pasti sop ini tidak pernah absen hadir di meja makan. Love pokoknya.

Eh tapi Sop Ayam Kampung ini kok berwarna kuning? Apakah ada penambahan kunyit di kaldunya? Jawabnya adalah iya. Ini resep favorit keluarga besar turun-temurun. Resep hasil kreasi dari ibunda tercinta. Kata ibu warna  kunyit menjadikan tampilan sop berbeda, tidak pucat, bisa mendorong selera makan.  Pantas saja, kalau makan sop ini saya bisa tambah dua kali hihi.

Dan kunyit juga  memiliki segudang manfaat. Sebagai antibiotik, anti radang dan masih banyak lagi.  Kunyit #ProdukAllah kaya manfaat.
Rasanya tak perlu berpanjang lebar lagi ya hehe. Langsung saja ya teman, begini resepnya.

Sop Ayam Kampung
Resep keluarga Djumsu Family 
Resep Ibunda Supriyati

Bahan Kaldu Ayam:
πŸƒ 1 ekor ayam kampung muda, potong 12
πŸƒ air 750 ml
πŸƒ satu jempol jahe, memarkan
πŸƒ 1 batang sledri
πŸƒ 1 batang daun bawang
πŸƒ 2 siung bawang putih, memarkan

Bahan Sop: 
πŸƒ 2 buah kentang potong sesuai selera
πŸƒ 2 buah wortel, potong bulat
πŸƒ 100 gram brokoli, potong per kuntum
πŸƒ 100 gram kembang kol, potong per kuntum
πŸƒ air secukupnya
πŸƒ garam secukupnya
πŸƒ 1 sdm minyak kelapa

Bumbu Halus:
πŸƒ 3 siung bawang putih
πŸƒ 2 butir bawang merah
πŸƒ sejempol kunyit
πŸƒ 1/2 sdm laba putih butiran
πŸƒ 1/4 biji pala

Pelengkap:
πŸƒbawang goreng
πŸƒ irisan sledri dan daun bawang
πŸƒsambal tomat

Cara Membuat:

1. Rebus bahan kaldu sampai ayam empuk. Lalu saring kaldunya dan sisihkan bawang putih, jahe, sledri dan daun bawang.
2. Masukkan kembali kaldu dan ayam ke dalam panci, tambahkan air dan rebus sampai mendidih
3. Tumis bumbu halus sampai harum
4. Tuang bumbu ke dalam kaldu dan masukkan kentang juga wortel. Aduk perlahan
5. Setelah kentang dan wortel setengah matang, masukkan brokoli dan kembang kol
6. Kecilkan api, beri garam dan koreksi rasa
7. Matikan api, beri taburan bawang goreng, daun bawang dan sledri
8. Hidangkan sop hangat bersama sambal tomat.

Sop yang selalu dirindu keluarga

Sop Ayam Kampung ini akan lebih nikmat disantap saat hangat ditemani nasi juga sambal tomat. Lalu makannya rame-rame, makin semangat untuk tambah.

Setiap keluarga tentu punya menu favorit dengan resep unik yang selalu dirindu. Semoga sampai anak cucu cicit tetap bisa melestarikan agar menjadi resep yang selalu menyatukan seluruh keluarga. Sop Ayam Kampung favorit keluargaku. Apa resep favorit keluargamu? Yuk lestarikan.

Wassalamualaikum

4 komentar:

  1. Emang enak ya makan sup ayam. Keluargaku juga suka. Kalau ngumpul suka bikin sup. Namun, baru kali ini tahu sup ayam warna kuning, tahun ya opor doang. Perlu dicoba deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk sop ayam kampung memang enak, kaldunya itu lo bikin seger. Nah dicoba mbk yang pakai kunyit tampilan berwarna dan berkhasiat hehe.

      Hapus
  2. Istri dirumah juga suka bikinin SOP ayam, tapi bukan ayam kampung. Biasanya buat SOP kalo cuaca dingin, dan dihidangkan dalam keadaan hangat. Next kalo istri mau buat sop lagi tak coba untuk ngintip resep sop ayam dari mba linda. Sepertinya menggugah selera.

    BalasHapus
  3. Boleh juga ni resepnya, agak aneh si sop tp warna kuning, pengen cobaa belajar buat ah..belajar buat calon suami nanti hahahaa

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Membuat Pouch Sendok Dari Perca

Hasil kreasi perca Assalamualaikum , Apa kabar teman-teman? Semoga tetap sehat dan bersyukur. Menikmati akhir pekan bersama keluarga m...

Popular Posts