Minggu, 16 Juni 2019

Nasi Bawang Sayuran


Nasi merah dengan tambahan sayuran 

Assalamualaikum,

Halo berjumpa lagi dengan saya di ruang cerita. Duh, rasanya kangen sekali menuliskan resep masakan hasil modifikasi dan coba-coba hehe... Jadilah hari ini saya membuat Nasi Bawang Sayuran yang ditampilkan ala nasi goreng.

Siapa yang favoritnya nasi goreng? Cung hehe.. banyak yang tunjuk tangan ya. Bahkan nasi goreng masuk daftar sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Yang pertama pasti tahu dong, rendang ya.

Resep Nasi Bawang Sayuran ini menggunakan nasi merah, bawang putih, dan minyak zaitun. Dalam pembuatannya benar-benar tidak memerlukan api. Kok bisa? Iya karena tinggal iris dan campur di mangkuk saja.

Latar belakang karena suami dan adik bahkan keponakan favorit sekali dengan yang namanya nasi goreng.  Nah berdasarkan hasil wisata ilmu di instagramnya dokter @buan_buana sahabat dari dokter @zaidulakbar. Dapatlah saya resep nasi yang diolah dengan cara berbeda.

Apalagi ditambah dengan manfaat bawang putih yang banyak. Makin penasaran deh.
Maka, keinginan untuk menyajikan rasa nasi goreng dengan cara berbeda tapi tetap sehat jadi fokus utama. Hal ini sejalan  dengan pola makan yang sedang berusaha diterapkan, yaitu pola hidup seha alt Jurus Sehat Rasulullah.

Yuk teman, langsung catat ya resepnya

Nasi Bawang Sayuran
Resep diambil dari instagram @buan_buana
Modifikasi oleh Linda

Bahan:

🍃 Seporsi nasi merah
🍃 1 buah wortel ukuran kecil potong dadu
🍃 5 lembar daun sawi, iris
🍃 1 buah timun kecil, potong dadu
🍃 1 buah tomat, potong dadu
🍃 1 batang daun bawang, iris tipis
🍃 2 tangkai daun kemangi
🍃 2 sdm minyak zaitun
🍃 1 sdm air perasan jeruk nipis

Bumbu:

🍃 1/2 sdt lada butiran gerus halus
🍃 2 siung bawang putih, cincang halus
🍃 himsalt atau garam himalaya secukupnya

Cara Membuat: 

1.  Siapkan nasi merah, sisihkan.
2. Ambil mangkuk besar dan masukkan minyak zaitun, lada, dan himsalt aduk rata.
3. Masukkan wortel, timun, sawi, dan daung bawang.
4. Beri air jeruk dan aduk sampai semua menyatu dengan bumbu. Sama seperti saat membuat salad.
5. Masukkan nasi merah dan aduk kembali sampai terlumuri bumbu. Koreksi rasa
6. Siap disantap

Nasi Merah ala nasi goreng yummy

Saran Penyajian:


1. Cuci sayuran dengan air cuka apel atau dengan rendam air garam fungsinya untuk menghilangkan kandungan pestisida yang mungkin ada pada sayuran yang akan kita olah. Jika dapat yang organik, itu lebih baik.
2. Cincang bawang putih dan diamkan 10 menit untuk memaksimalkan manfaatnya.

Bawang putih #ProdukCiptaanAllah berkhasiat untuk anti radang, anti parasit, antibiotik, anti virus dll banyak banget.

Jadi hari ini menyantap nasi ala nasi goreng tanpa perlu galau. Rasanya gimana? Enak kok. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Referensi
https://www.instagram.com/p/BsujtIml2EL/?igshid=1udcjh9lw310z

1 komentar:

  1. Mantap. sepertinya resep baru ya. biasanya sih digoreng tapi yang ini dimasak bersama nasinya. resep sehat kaya akan nutrisi.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Kukus Tahu Jamur Bawang Lokio

Kukus Tahu Jamur Bawang Lokio Assalamualaikum , Halo teman semangat Selasa, semoga hari ini senantiasa sehat dan tetap bahagia. M...

Popular Posts