Selasa, 19 Februari 2019

Jatuh Cinta Pada Kelezatan Rendang Padang




Assalamualaikum,

Halo teman-teman apa kabar? Semoga walau cuaca sedang tak menentu, semua tetap sehat dan semangat. Salah satu cara yang mudah untuk menjaga kesehatan adalah konsumsi makanan yang baik dan bergizi. Seperti rendang misalnya.


Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berjam-jam hingga berwarna pekat. Tapi walau begitu, rasa rendang tetap lezat dan saya sejak lama jatuh cinta dengan rasanya.

Sudah kita ketahui bersama bahwa pada tahun 2011 lalu, rendang dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat pertama daftar World's 50 Most Delicious Foods ( 50 Hidangan Terlezat Dunia ) versi CNN International, wow bangga dong sebagai bangsa Indonesia yang punya rendang.

Tapi jika melihat proses memasaknya yang butuh waktu lama, dan berlimpah bumbu rempah, saya akui sebanding dengan kelezatannya. Nah teman, kali ini saya ingin berbagi resep rendang yang berhasil saya buat saat akhir pekan, Sabtu 16 Februari 2019. Waa, memang sudah bisa ya?
Hehe, tak ada salahnya mencoba dan belajar membuatnya ya kan? Agar kekayaan pusaka bangsa bisa tetap lestari sepanjang masa. Namun sebelum memasak rendang, kita harus paham tahapan apa yang terjadi agar rendang yang dimasak menghasilkan rasa lezat.

Kunci Memasak Rendang yang Lezat

Kunci dalam memasak rendang adalah pemilihan bahan segar dan bumbu yang tepat. Serta  harus sabar dan menjaga api dengan stabil agar proses karamelisasi bahan rendang berlangsung dengan baik. Hal ini disebabkan bahwa proses memasak rendang melewati 3 tahap yang sangat penting.

Yaitu, tahap gulai dengan kuah yang banyak.

Tahap gulai

Kemudian yang kedua, tahap kalio, dalam tahap ini kuah mulai menyusut dan mengental. Aroma rempah tercium makin kuat.

Tahap kalio

Ketiga, adalah tahap rendang, saat kuah pada masakan mulai kering karena minim kandungan air. Sehingga bumbu meresap ke dalam daging dengan sempurna, dan nantinya akan membuat rendang yang dimasak awet.

Rendang juga memiliki beragam variasi antara lain:
1. Rendang daging sapi, daging kerbau, kambing atau domba.
2. Rendang ayam
3. Rendang bebek atau Randang itiak
4. Rendang hati
5. Rendang telur atau Randang talua
6. Rendang paru
7. Rendang ikan tongkol
8. Rendang suir berasal dari daging ayam atau sapi yang disuir-suir.
9. Rendang kerang

Nah ini resep yang saya coba kemarin. Rasa dibuat menyesuaikan lidah saya.
Resep Rendang Padang ala Linda

Bahan:
Daging sapi super tanpa lemak 1 kg, potong menjadi 20
3 butir kelapa, buat santan kental 600 ml, dan santan encer 1000 ml
500 gram kentang kleci, cuci satu per satu dan tiriskan
1 lembar daun kunyit, ikat simpul
4 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
3 batang serai, memarkan
5 buah asam kandis
2 ruas jari lengkuas
5 sdm minyak goreng
3 sdm serundeng halus dari 1/2 butir kelapa parut yang disangrai sampai cokelat tua
Garam secukupnya

Bumbu Halus:
15 butir bawang merah
13 siung bawang putih
100 gram cabai merah keriting
50 gram kemiri
7 butir cengkih
1/2 biji pala
1 sdt ketumbar
1 sdt lada

Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum.
2. Masukkan daun jeruk, lengkuas, serai, dan daun kunyit, aduk rata.
3. Masukkan santan encer, aduk terus perlahan sampai berminyak.
4. Masukkan daging sapi dan masak sampai santan menjadi kalio. Tambahkan kentang kecil. Proses ini tetap diaduk dengan mendorong punggung sodet agar santan tidak pecah.
5. Masukkan santan kental dan terus aduk dengan cara sama, yaitu mendorong dengan punggung sodet agar daging dan kentang tidak hancur.
6. Masak sampai proses karamelisasi terjadi  yang ditandai dengan terlihatnya bumbu mulai menyelimuti daging sapi.
7. Masukkan serundeng halus dan aduk perlahan. Saat ini  rendang mulai terlihat mengering dan berwarna gelap. Matikan api.
8. Sajikan rendang bersama nasi panas, sambal lado mudo dan lalap daun ubi rebus.

Rendang daging sapi jenis kering
Rendang kentang

Wah, pengalaman memasaknya lama hampir 4 jam dan saya sudahi. Karena rendang yang saya masak sudah berminyak dan berwarna cokelat gelap. Saat disantap dagingnya empuk dan yummi. Berhasil mendorong saya buat menambah sepiring nasi lagi.

Demikian sharing hasil belajar memasak rendang Sabtu kemarin. Semoga masakan tradisional bisa tetap lestari dan proses pembuatanya dapat diwariskan.  Baca juga resep opor di sini. Belajar memasak hidangan otentik, ikut menjaga keberadaan masakan tradisional yang ada agar tidak punah tergerus zaman. Cintai warisan kuliner Indonesia, cintai Rendang Padang di mana pun berada. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Sumber

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Rendang

Pengalaman dan dokumentasi foto pribadi





16 komentar:

  1. Sebagai anak minang saya minder belum mahir memasak rendang. Kalah rasa dengan yang dibuat Ibuku. Lihat resep mbak Linda ini aku jadi ingin praktek lagi. Siapa tahu berhasil menyuguhkan rendang lezat khas Minang. Thanks mbak resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah jadi penasaran resep ibundanya Mbk Rika, bolehlah kapan-kapan share resepnya. Semangat mbk, dikau pasti bisa. Ini juga baru tahap belajar mbk, sering buat pas mau lebaran tapi sering belum pas hehe.

      Hapus
  2. Kalo lihat tadi ada kentang berarti bumbu rendang bisa juga di aplikasikan ke bahan makanan lainnya ya,, saya suka rendang jengkol. Hmmmm mua taappp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kentang kleci yang bulat bentuknya. Uwow pasti bisa menggunakan bahan lain. Apalagi jengkol itu mantul khusus bagi penggemarnya hehe.

      Hapus
  3. Zaman masih di Padang, setiap minggu bikin rendang karena ada bumbu jadi yang siap masak di pasar dekat rumah, wanginya aduhai dengan santan asli yang bikin sedap. Keren Mbk masakan rendangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbk udah mampir blogku. Wah mantap ya kalau di Padang sana pasti lebih mantul rasanya. Masih belajar ini mbk.

      Hapus
  4. Wahh sore ini baru saja saya makan rendang.. pas banget malah ada cara buat besok mau ta coba buat ahhh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantaplah yang habis makan rendang. Silakan dicoba mas semoga sukses ya.

      Hapus
  5. Cara buatnya tidak serumit yang saya bayangkan. tapi memang makanan terenak nomor satu di dunia ini melegenda. sampai ada lagu nasi padang juga rendang. saya sampai terpesona rasa rendangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rumit si enggak mas, tapi lama haha dan harus telaten mengaduk biar ga gosong bawah. Iya beruntung Indonesia punya rendang. Yes I love rendang too.

      Hapus
  6. Wiiih aku langsung mencium aroma lebaran neh haha. Kangen rendaaaang �� terimakasih Mbak resepnya patut dicoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yea tercium juga aroma lebaran dari sini hihi. Sama-sama, semoga berhasil ya bikin rendangnya.

      Hapus
  7. hemmm.. rendang padang makanan favorit nih, murah meriah enak, meskipun banyak yang takut kolesterolnya naik. hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lezat ini mas, jangan banyak-banyak makannya biar ga kolesterol hehe. Imbangi dengan makan sayur dan buah aja.

      Hapus
  8. wah.. asyikk resep rendang padang makyuzz pastinya, masakan favorite sejak zaman kuliah ini mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata mas lean juga suka ya. Untung kalau rendang bertebaran di rumah makan padang. Jadi gampang dicari deh.

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Tom Yum Telur Sayuran

Tom Yum Telur Sayuran yang segar Assalamualaikum , Halo teman apa kabar semua? Semoga memasuki hari keduabelas Ramadan tetap sehat d...

Popular Posts