Minggu, 27 Januari 2019

Liburan Seru ke Jawa Timur Park 2



Assalamualaikum,

Halo teman semua apa kabar? Akhir tahun kemarin liburan kemana? Liburan menjadi momen penting untuk mengeratkan bonding keluarga. Dan liburan pun dilakukan dengan beragam cara. Ada yang dekat rumah, ke luar kota, atau sampai keluar negeri. Nah kali ini saya ingin sharing cerita liburan ala Slumuth Family. Ikuti keseruannya.

Liburan kemarin kami berlibur ke Malang selama tiga hari. Nah, di sana ada kesempatan mengunjungi Jawa Timur Park 2. Atau yang lebih populer dengan sebutan Jatim Park 2.

Jatim Park 2 terletak di Jalan Oro-oro Ombo No.9, Tema, Kecamatan Batu, Kota Batu,Provinsi Jawa Timur 65315. Jatim Park 2 memiliki jam operasional 09.30-18.00 WIB. Dengan harga tiket terjangkau. Tapi berbeda saat musin liburan tiba.

Dengan lahan parkir yang luas, pengunjung tak perlu khawatir saat harus memarkir kendaraannya. Bahkan tersedia parkir khusus Bus. Jatim Park 2 menjadi salah satu ikon wisata edukasi yang terkenal di Kota Batu. Tentu saja sangat cocok untuk anggota keluarga terutama anak-anak. Berwisata sambil belajar banyak hal.

Yang lebih wow adalah ternyata Jatim Park 2 ini, memiliki lahan seluas 14 hektar. Dan di area Jatim Park 2 terdapat tiga lokasi seru yang wajib dikunjungi.
1. Batu Secreet Zoo
2. Museum Satwa (tiket Rp 120.000 untuk Batu Secreet Zoo dan Museum Satwa)
3. Eco Park
Jika ingin berkunjung ke tiga lokasi biaya Rp 150.000,-

Jadi saat kemari, tubuh harus fit, sudah sarapan dan semangat untuk menjelajah hehe. Bayangkan 14 hektar..

Halaman depan yang menarik

Bahkan di halaman depan terdapat banyak spot foto yang kekinian, cocok sekali untuk berfoto sekaligus sebagai dokumentasi perjalanan. Dari depan juga terlihat ada hotel yang bentuknya mirip pohon dan disebut Pohon In. Jangan lupa foto dulu. Penting kan ya, sembari cari bahan buat isi blog, ga mau rugi.

Setelah membeli tiket terusan seharga Rp 120.000 per orang karena musim liburan, saya mendapat gelang kertas dan boleh langsung masuk ke area Batu Secret Zoo.

1. Batu Secret Zoo

Begitu masuk, pengunjung akan melewati lorong kecil dengan pandangan pertama melihat habitat tikus raksasa. Kemudian berlanjut ke habitat iguana Amerika. Bisa dikatakan bahwa Jatim Park 2 memiliki koleksi hewan lengkap yang berasal dari berbagai negara.

Iguana sedang berjemur

Selain memiliki beragam koleksi hewan, Jatim Park 2 juga nyaman, bersih, dan jarak setiap area ke area hewan lain berdekatan. Petualangan dilanjut menuju area monyet. Di area ini saya melihat beragam jenis monyet dari yang besar dan terkecil. Mereka lucu-lucu. Oh iya, untuk pengunjung dilarang memberi makan hewan di Batu Secret Zoo kecuali di area yang ditentukan. Setelah puas menyaksikan tingkah monyet yang lucu, saya melanjutkan petualangan ke Savannah.

a. Savannah

Lho, kok dinamakan Savannah? Sepertinya dinamakan Savannah karena di sana banyak terdapat hewan yang biasa hidup di Savannah. Seperti gajah, antelop, rusa, banteng, sapi, zebra, kuda, dan masih banyak lagi.

Koleksi hewan di Savannah

Hewan-hewan itu tampak sehat dan santai. Saya merasa aman, karena antara hewan dan jalur pengunjung dibatasi kaca bening yang tebal. Dan kondisi sanitasi yang baik, sehingga tak perlu tutup hidung mencium aroma tak sedap. Ini patut ditiru pengelola kebun binatang di tempat lain.

Di area ini ada juga atraksi hewan pada jam tertentu. Naik gajah, memberi makan hewan dengan jam operasional sore. Lalu  bisa berfoto bersama dengan burung kakaktua. Sayangnya antri panjang, jadi saya mundur teratur hehe.

Salah satu spot foto dan untuk rehat

Lalu jika lelah, kita bisa duduk di sepanjang jalur pengunjung. Banyak disediakan kursi untuk rehat. Juga ada food court di titik tertentu yang siap menghilangkan rasa lapar para pengunjung. Pengunjung diwajibkan menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Saya pun sejenak mengunjungi sekumpulan Flamingo yang sedang berenang bebas.

Flamingo

b. Reptil Garden


Dari Savannah yang luas petualangan dilanjut ke reptil garden. Beragam jenis ular dan habitatnya dapat dilihat ada pyton, kobra, sanca.

Terus terang saya tak nyaman berlama-lama di reptil garden. Merinding melihat beragam jenis ular yang sedang diam melingkar.

c. Aquarium

Kemudian saya dan paksu menuju area Aquarium raksasa. Di dalamnya menampilkan koleksi berbagai jenis ikan. Baik yang hidup di air laut maupun air tawar. Pokoknya lengkap. Ada ikan nemo, dory, neon, gurame, mujair, hiu, belut listrik, piranha, ikan dorang. Ikan-ikan itu berenang dengan asyiknya seperti tak peduli dengan kehebohan pengunjung.

Koleksi aquarium

Hampir dua jam berkeliling, dan belum selesai juga hihi. Lelah? Jangan khawatir, di dalam disediakan jasa sewa motor mini dengan tarif 3 jam Rp 100.000 saja. Tinggal telepon ,maka petugas akan mengantarkan pada kita. Good service lah menurut saya.

Perjalanan dilanjut menuju area happy land. Di area ini yang paling ramai dengan keceriaan anak-anak. Karena terdapat beragam wahana yang dapat dinikmati gratis. Saya dan paksu hanya lewat dan memilih duduk bersantai menikmati suasana sambil pijat kaki.

2. Museum Satwa

Lantas petualangan dilanjut ke museum satwa. Museum satwa memiliki gedung tersendiri dengan desain unik seperti bangunan masa Romawi. Dengan cat putih dan pilar-pilar besar tampak unik. Di depan kanan dan kiri terdapat patung gajah berukuran jumbo. Begitu masuk ke dalam saya dan paksu melihat ada sebuah sangkar burung ukuran jumbo. Di dalamnya bisa untuk berfoto.

Koleksi museum satwa

Museum satwa lebih banyak menyajikan diorama yang menggambarkan kehidupan hewan-hewan yang ada di Batu Secret Zoo. Dalam setiap diorama ada informasi yang disampaikan. Jadi seakan saya dan paksu diajak belajar Biologi lagi. Berlibur sambil menambah wawasan.

Spot foto unik

Diorama yang ada pun beragam, mulai dari koleksi hewan yang hidup di Savannah, aneka burung, juga ada insektarium yang menampilkan beragam jenis serangga mulai dari kupu, ngengat, jangkrik, dan masih banyak lagi.

Karena begitu luasnya, saya dan paksu tidak bisa menjelajah semuanya, apalagi waktu sudah sore. Maka saya dan paksu memutuskan keluar dari Museum Satwa dan mampir ke toko souvenir. Membeli magnet kulkas untuk koleksi.

Petualangan yang seru dan berkesan. Rasanya liburan kali ini saya mendapat banyak pengalaman, wawasan, juga energi positif yang berlipat-lipat. Ayo teman, apa cerita liburanmu? Semangat.

Wassalamualaikum

12 komentar:

  1. pengen loh bisa liburan sekaligus jalan jalan.. jadi pengen ke jawa timur park, maaf itu cukup bayar sekali saja kah untuk masuk ke jawatimur park2. termasuk murah kalo hanya 125rb untuk menjelajah ke tiga lokasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf untuk Rp 120.000- untuk dua lokasi saja. Tapi tergolong murah karena bisa seharian di sana karena luas dan banyak spot menarik. Semoga terkabul ya

      Hapus
  2. waah seru loh ibu ini jalan-jalannya. enak ya punya suami yang ngajak jalan- jalan. malang memang tempoat yang asyik buat liburan keluarga. tempatnya dingin dan sejuk. tempat yang pantas untuk dikunjungin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hihi Alhamdulillah nabung juga kali pak biar bisa liburan. Tempat yang layak untuk libur bersama keluarga, sejuk nyaman.

      Hapus
  3. Wah ini di malang ya? Seru ya, April rencana mau ke malang semoga bisa mampir ke Jawa timur park2. Makasih mbak informasi destinasi wisatanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbk dimasukkan dalam list. Ini tempatnya asyik untuk dikunjungi, dapat liburannya dan edukasinya. Semoga terealisasi ya aamiin.

      Hapus
  4. Lengkap sekali ya Bu hewan hewan di batu secreet zoo, setahun lalu pas aku sering mondar mandir malang-kediri banner jatimpark di mana mana, sayangnya ga sempet mampir. jadi kangen pengen ke jatim. Kangen hawa hawa adem kota batu dan sekitarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lengkap mbk, ayo dijadikan list tujuan saat liburan. Iya Malang udaranya sejuk dan asyik buat dikunjungi.

      Hapus
  5. haduh.. makin kece aja nih Jatim Park 2, entah kapan bisa kesana lagi, yang pasti masih bercita-cita bisa berkeliling ke obyek wisata di Indonesia nih.

    BalasHapus
  6. Ayo Mas dijadikan destinasi. Ini memang keren, ga rugi. Jagoan pasti suka diajak ke sana. Aamiin mas, saya doakan terkabul keliling wisata Indonesia.

    BalasHapus
  7. Happy memang kalau bisa metime begitu ya bund. Ingin banget deh seenggaknya untuk ngusir kejenuhan setelah nongkrong di depan laptop hehe

    BalasHapus
  8. Wah seruuu liburannya. Lengkap juga nih infonya Mbak. Tempatnya juga modern ya.

    Tapi, kalo aku kesana backpackeran, kira-kira ada penginapan terjangkau gak ya Mbak? Hihi maklumlah, pengen irit.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Jatuh Cinta Pada Kelezatan Rendang Padang

Assalamualaikum , Halo teman-teman apa kabar? Semoga walau cuaca sedang tak menentu, semua tetap sehat dan semangat. Salah satu ca...

Popular Posts