Selasa, 27 November 2018

Jurnal Fasilitator Materi 3 Melatih Kecerdasan Anak



Assalamualaikum,

Apa kabar di November ini teman? Semoga tetap semangat ya xixi..apalagi sudah masuk materi 3 dari kelas bunda sayang batch 4. Makin terpacu untuk semangat menemani mahasiswi Surabaya agar menjadi lebih baik. Oh iya, kali ini tantangan 10 hari game level 3 bertema tentang melatih kecerdasan.


Tapi saat peserta diminta membungkus tantangan dengan Family Project, berhasil membuat suasana kelas makin ramai. Pada dasarnya sebagian masih bingung untuk menentukan tema dari Family Project. 

Karena sebagian masih berfikir, jika sebuah family project harus wah, besar dan kompleks. Sehingga berhasil membuat gawai saya ada notif masuk dari peserta untuk bertanya. Walau setelah diskusi sudah sebagian tercerahkan. Yang tidak ikut diskusi biasanya yang bingung.

Nah, agar lebih memahami, mari kita cari info tentang pengertian Family Project. Family Project adalah aktivitas yang secara sadar dibicarakan bersama, dikerjakan bersama oleh seluruh atau sebagian anggota keluarga dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Family project dapat diambil yang sederhana dan sesuai kondisi keluarga masing-masing. Apa yang ingin diamati, atau dilejitkan terkait kecerdasan anak. Yang belum memiliki buah hati bisa melatih kecerdasan diri sendiri atau pasangan. Wah menyenangkan.

Family Project memiliki rumus :

ACTIVITY + MANAGEMENT AND ORGANIZATION = PROJECT

Lalu mulailah peserta bertanya saat diskusi, maksud dari smembesarkan Family Project dan bertemu maestro. Karena saya punya koleksi anggrek, saya beri contoh sederhana.

Project : Membuat rumah anggrek mini

Tujuannya : Menghijaukan halaman, bisa juga bernilai ekonomis, sekaligus laboratorium belajar tentang anggrek

Alat dan Bahan :
Pot, bibit anggrek, media, pupuk, naungan paranet, pipa besi, tiang penyangga. Buku-buku tentang anggrek.

Peserta project: Anggota keluarga

Membesarkan : Dari rumah anggrek mini menjadi nursery untuk jual beli anggrek hibrida dan spesies

Bertemu Maestro : Mendalami ilmu tentang anggrek baik spesies maupun hibrida tidaklah mudah. Butuh penunjang berupa pengetahuan dari ahlinya. Jika pun belum bertemu maestro bisa membeli bukunya.

Bagikan ke dunia luar bahwa Indonesia kaya ragam flora terutama anggrek yang menjadi aset bangsa.

Peserta pun mulai paham dan memulai tantangan dengan semangat. Masya Allah, bahkan saat saya berseluncur melalui dunia maya ke setoran tugas mahasiswi banyak tercipta project yang luar biasa. Ada yang membuat project membuat mainan sendiri, menjelajah pagi, menanam apa yang dimakan, belajar taqwa, belajar bahasa, intinya semua ingin melihat ada kecerdasan apa saja saat ananda terlibat dalam project.

Apakah melejit kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, atau kecerdasan dalam menghadapi masalah. Mulai bergaunglah sharing asyik tentang Family Project yang dibuat.

Dengan penuh percaya diri, mahasiswi mulai membagikan impian di media sosial sebagai upaya menebar inspirasi untuk kegiatan yang positif.  Terus mengamati, terlibat, dan menuliskan prosesnya suka duka, gagal atau berhasil dengan penuh rasa.

Membesarkan Family Project juga membutuhkan komunikasi dan konsistensi tinggi. Artinya bahwa apa yang sudah dimulai tidak boleh berhenti. Tapi harus terus ditumbuhkan dengan penun kesadaran bagi seluruh anggota keluarga.

Menjadi ibu pembelajar adalah pilihan yang harus dilalui dengan segala konsekuensinya. Belajar sepanjang hayat, tak peduli menembus batas ruang dan waktu. Belajar untuk menambah kebermanfaatan diri sendiri, keluarga juga orang lain.
Demikian jurnal fasilitator di level 3, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Sumber tulisan

Materi 3 Kelas Bunda Sayang, Melejitkan Kecerdasan Emosi Pada Anak, 2018

Refleksi pengalaman pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Kreatif Menjadikan Hidup Lebih Berwarna

Assalamualaikum , Tak terasa bulan Desember sudah hampir setengah perjalanan dilalui. Coba kita pikirkan, hal apa saja yang terlaksana ...

Popular Posts