Senin, 05 November 2018

Game Level 12 Review Aplikasi Google Classroom



Assalamualaikum

Halo apa kabar hari ini? Ceria dan sehat ya, oh iya tak terasa hari ini masuk hari ke- 7 di game level 12. Masih tentang keluarga multimedia. Dan hari ini saya ingin mereview aplikasi kelas belajar secara online, yaitu Google Classroom.

Ingatan saya seakan membuka kembali memori percakapan yang terjadi antara saya dan mas penjaga counter sebuah merk gawai. Ya, karena bulan Juli lalu saya membeli gawai baru untuk kepentingan pekerjaan sebagai fasilitator online batch 4. Gawai lama sudah payah untuk mengakomodir banyaknya grup dan aplikasi penting.

Saat mulai menginstal aplikasi, masnya bertanya, '' selain media sosial, ibu ingin mengunduh aplikasi apa saja?''

Saya pun menjawab, '' Telegram, Google Drive lengkap, dan Google Classroom.''

Kembali masnya bertanya, '' Google Classroom itu ikonnya yang seperti apa?''

Saya pun menunjukkan kepada masnya, setelah melihat Ia pun mulai mengunduhnya. Sambil mengunduh, masnya bertanya untuk apa aplikasi Google Classroom itu? Apa seperti kelas belajar?

Saya pun menjelaskan jika Google Classroom memang kelas belajar tapi secara online ada guru, siswa,  materi, tugas, informasi, juga nilai.

Masnya manggut - manggut dan menanyakan memang apa pekerjaan saya. Saya menjelaskan bahwa pekerjaan saya ibu ranah domestik, tapi saat ini sedang belajar di Institut Ibu Profesional. Saya pun memberi gambaran sedikit tentang sistem belajar di Institut Ibu Profesional yang berbasis online. Tidak harus bertatap muka atau mengumpulkan tugas dalam bentuk kertas. Semua tersistem secara online melalui Google Classroom juga Gform.

Masnya pun terpana haha...wow ternyata cara belajar ibu zaman  sekarang canggih ya, jadi gawai bukan hanya untuk stalking di medsos tapi bisa untuk menambah ilmu. Yes...masnya sudah paham, dan kegiatan mengunduh selesai. Saya pun mengucapkan terima kasih dan pamit.

Nah, sekarang saya ingin mereview betapa kerennya aplikasi Google Classroom ini. Google Classroom atau ruang kelas dari google yang memiliki kemudahan untuk pembelajaran secara online.

Di ruang kelas ini, memungkinkan terjadinya interaksi antara guru dan siswa langsung pada ruang yang ada. Guru dapat memberikan materi, pertanyaan, pengumuman, juga tugas yang langsung bisa dilihat oleh siswa. Satu akun dapat digunakan untuk beberapa kelas.

Begini Cara Menggunakan Google Classroom Sebagai Guru

1. Saat ingin menggunakan GC, harus memiliki akun gmail dahulu. Jika belum memiliki, berarti harus membuat dulu.

2. Unduh aplikasi Google Classroom melalui Play Store secara gratis

Sumber dok.pribadi

3. Kemudian masuk dan mulai mengikuti alur yang ada. Setujui dan lanjutkan



4. Mulai membuat kelas
Klik tanda + pojok kanan atas dan pilih create class.
Mulailah membuat kelas yang diinginkan.

Mulai membuat kelas

Tampilan 

5. Untuk menambahkan guru lain pun bisa dengan menambahkan email. Untuk mengundang siswa, bisa memasukkan email atau memberikan kode kelas, sehingga siswa dapat bergabung.

6. Ada tampilan berupa stream, dan people
Atur juga agar siswa hanya dapat berkomentar.

7. Saat ingin memberikan informasi klik tanda + dan muncul empat fitur berupa Announcement, Assignment, Question, dan Rause Post

Fitur kelas

* Announcement
Memungkinkan guru memberikan pengumuman di kelas. Tuliskan apa yang ingin disampaikan dan tuliskan topiknya agar rapi.

* Assignment
Memudahkan guru memberi tugas dengan deskripsi yang jelas, tanggal batas tugas, juga nilai. Tetap tuliskan topik untuk memudahkan pencarian arsip di kelas. Memberikan tugas tidak lagi membutuhkan kertas dan dapat dilakukan dari mana saja sepanjang koneksi internet baik.

* Question
Memungkinkan guru memberikan pertanyaan langsung di kelas, dan siswa pun dapat berkomentar secara langsung di kolom komentar. Di sini juga tersedia untuk jawaban yang singkat dan dapat diatur jawaban siswa dapat dilihat siswa lainnya.

* Rause Post
Untuk melihat riwayat kelas .

Dalam Google Classroom ini, memungkinkan siswa untuk mengerjakan tugas dengan berbagai fitur yang ada. Dapat melalui link, gdoc, link media sosial, atau langsung di drive yang ada. Tinggal klik to do list tugas dan masukkan link tugas lalu submit. Sampai ada tanda √ ceklist yang artinya tugas selesai.

Kemudian sebagai guru, saya bisa mengecek satu per satu tugas dari siswa. Yang pertama saya lakukan adalah klik aliran dan lihat yang mengumpulkan tugas. Ada yang sudah selesai mengumpulkan, ada yang belum. Kemudian di klik bagian yang mengumpulkan dan diperiksa. Kemudian diberi skor nilai 100/100 dan saya returned atau saya kembalikan kepada siswa. Bahkan guru juga dapat memberikan komentar pribadi di lembar tugas suswa kolom komentar.

Memeriksa dan memberi nilai

Tadinya saya gagap juga menggunakan Google Classroom, alah bisa karena biasa, jadi latihan terus. Karena awal dari semangat belajar adalah mau membaca, mencari tahu, dan mencoba. Jangan takut salah karena semua adalah proses belajar.

Benarlah kata bijak yang mengatakan bahwa keluar dari zona nyaman menjadi tantangan tersendiri dan belajar hal baru itu menambah pengalaman diri sendiri yang bisa dibagikan kepada orang lain.

Demikian review  pengalaman belajar menggunakan aplikasi Google Classroom di hari ke - 7 game level 12. Keluarga multimedia bunda sayang Institut Ibu Profesional. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Sumber

Google Kelas

Refleksi Pengalaman Pribadi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Belajar Memanah

Assalamualaikum , Halo teman semua apa kabar? Semoga senantiasa sehat dan bahagia. Adakah cara yang paling mudah untuk merasa ...

Popular Posts