Kamis, 04 Oktober 2018

Pendidikan Seks Pada Usia SMP





Assalamualaikum,

Hari ini Lampung diguyur hujan deras, Alhamdulillah tanah jadi basah, bumi seakan berseri kembali. Sambil melihat rinai hujan yang jatuh seperti shower raksasa, dari jendela terlihat tananman di halaman kembali segar. Hujan penuh berkah. Kamis, 4 Oktober 2018 tugas kelas bunda sayang memasuki tantangan hari ke - 15. Yea...mari terus semangat menulis.


Masih di game level 11 tentang fitrah seksualitas.
Dan masih ada benang merah dari kejadian luar biasa di postingan tugas hari ke - 13.

Terkait fitrah seksualitas, pendidikan seks sejak dini memang diperlukan, agar anak dapat memahami fitrahnya dengan baik. Apalagi di usia remaja setara sekolah SMP. Secara hormonal, mereka sedang mulai pesat mengalami perubahan secara fisik maupun psikologis. Maka peran orang tua menjadi pemberi informasi pertama, benar dan valid. Jangan biarkan anak mencari tahu dari dunia luar yang belum tentu sesuai norma yang benar.

Pendidikan seks bukan hanya terkait dengan hubungan seksual, namun lebih dari itu. Pendidikan seks meliputi proses terjadinya pembuahan, proses kehamilan, sampai kelahiran, tingkah laku seksual, hubungan seksual, dan aspek - aspek secara jelas dan benar.

Pemahaman seks akan membuat buah hati memahami alat reproduksi dan konsekuensi atau tanggungjawab yang harus diembannya. Maka pendidikan seks usia SMP dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu,

1. Menjelaskan sistem organ reproduksi dengan detil melalui media yang mudah dipahami anak.
2. Menjelaskan proses kehamilan dan persalinan dengan detil.
3. Menjelaskan kondisi patologis tentang sistem organ reproduksi.
4. Memberikan pemahaman tanggung jawab moral dalam pergaulan.
5. Menjelaskan tentang seks aman juga tentang penyakit seksual.

Tugas yang tak mudah memang, apalagi ditengah teepaan arus informasi yang begitu mudah juga bebas diakses anak remaja. Kontrol dari keluarga menjadi benteng utama dari perilaku menyimpang yang tidak sesuai norma.

Maka orang tua dituntut untuk terus belajar melalui berbagai cara, agar dapat memuaskan keingintahuan remaja terkait fitrah seksualitasnya. Sehingga mereka menjadi remaja yang melalui masa remajanya dengan semangat belajar tinggi juga prestasi.

Menjadi remaja yang terus menggunakan energi dan jiwa kreatifnya untuk meniti jalan masa depan yang gemilang. Mencipta, berkarya pada hal positif. Dan bersiap memikul tanggung jawab sebagai tunas bangsa. Selamatkan generasi muda dengan penguatan peran keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Demikian, tugas hari ke - 15 di tantangan 10 hari game level 11 kelas bunda sayang. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Sumber inspirasi

Data PKBI Bandar Lampung, Oktober 2018
Komunitas Institut Ibu Profesional, Bunda Sayang, 12 Ilmu Dasar Mendidik Anak, Gazza Media, Desember 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Belajar Memanah

Assalamualaikum , Halo teman semua apa kabar? Semoga senantiasa sehat dan bahagia. Adakah cara yang paling mudah untuk merasa ...

Popular Posts