Selasa, 30 Oktober 2018

Game Level 12 Edit Foto dengan Snapseed


Assalamualaikum

Halo sahabat ruang cerita? Apa kabarnya? Semoga senantiasa sehat dan bahagia aamiin. Tak terasa waktu berlalu begitu cepat, dan perkuliahan di Kelas Bunda Sayang sudah memasuki level 12, tentang Keluarga Multimedia.

Setelah beberapa waktu lalu sebagian mahasiswi Bunda Sayang Sumatera 1 bergabung dengan Sumatera 2 untuk belajar bersama di kelas yang berbeda dengan aplikasi zoom. Wuhui...ternyata begitu mengasyikkan.

Perkembangan zaman dan teknologi memang terus berubah sangat cepat. Kita harus pandai upgrade ilmu terkait teknologi begitu pun anak - anak. Namun kemajuan teknologi pun memberi dampak yang positif dan negatif. Positif saat teknologi digunakan untuk menunjang dan memudahkan pekerjaan kita. Negatif saat teknologi digunakan untuk hal yang mubazir.

Maka di level 12 ini, diminta mempelajari aplikasi yang berhubungan dengan teknologi dan menunjang kegiatan kita.
Kuliah di Institut Ibu Profesional ini memang luar biasa. Banyak dari kami, para ibu dipaksa untuk melek teknologi agar tidak gagap saat mendampingi putra putri yang pasti lebih lihai dan canggih dalam menggunakan teknologi, misalnya gadget.

Dalam sebuah gadget, terdapat bermacam - macam fitur dan aplikasi yang bisa dieksplore. Nah, untuk game level 12, hari pertama ini, saya ingin mengulas tentang aplikasi yang digunakan untuk edit foto menggunakan hp berbasis android. Yaitu aplikasi Snapseed.

Snapseed bagi blogger sangat penting. Karena selain tulisan, dalam artikel yang dipost dilengkapi  foto untuk menunjang agar informasi yang disampaikan lengkap dan menarik.

Berikut hal yang perlu diketahui tentang aplikasi Snapseed.
Unduh aplikasi Snapseed melalui play store
Akan tampak tampilan seperti ini.

Tampilan Snapseed

Aplikasi Snapseed memiliki fitur dan filter.
Fitur Snapseed berupa
* Tune image
* Details
* Crop
* Rotate
* Transform
* Brush
* Selective adjust
* Spot repair
* Vignette

Filter Snapseed
* Blur
* Glamour Glow
* Tonal Contrast
* HDR Scape
*  Drama
* Grunge
* Grainy film
*  Healing
* Vintage
* Retrolux
* Noir
* Black & White
* Frame

Fitur & filter Snapseed

Snapseed
akan menjadikan foto biasa menjadi lebih berkualitas dan hidup. Dalam menulis blog juga membagi foto ke medsos saya paling suka pakai Snapseed. Fitur yang sering saya pakai adalah crop yang fungsinya untuk memotong. Di sini ada bermacam - macam tipe crop. Bebas, bujur sangkar, atau sesuai ukuran yang diinginkan. 4:2 , 4: 3

Kemudian, untuk menghilangkan bagian yang tak diinginkan saya memakai healing. Caranya, pilih foto yang ingin diedit, kemudian klik Snapseed. Cari alat dan klik healing. Nanti setelah muncul tap bagian yang ingin dihilangkan.

Hasil edit dengan healing

Edit foto dengan Snapseed

Sebelum menambahkan foto untuk blog, saya selalu mengeditnya dengan Snapseed. Yang sering saya gunakan adalah crop, dan poles dengan brush wuih hasilnya bisa berbeda. Dalam brush yang bertanda gambar kuas, akan ada pilihan terang dan gelap. Yuk dicoba seperti ini.

Foto asli
Crop bebas

Hasil crop
Hasil brush pilih gelap

Dari beberapa kali mencoba hasilnya lumayan karena saya pun belum eksplore semua item. Tapi secara keseluruhan, aplikasi Snapseed ini sangat saya rekomendasikan bagi teman - teman yang hobi foto. Yang penting telaten untuk menguas foto berulang kali. Gunakan jari telunjuk untuk menguas. Nah silakan dicoba, dan bahagia dengan hasilnya.

Demikian review aplikasi Snapseed, hari pertama di game level 12 Keluarga Multimedia. Selamat mengeksplore diri. Semoga bermanfaat. Emm besok apa lagi ya?

Wassalamualaikum

Linda Dwihapsari
Belajar Aplikasi Snapseed
#BundaSayang
#GameLevel12
#IbuProfesional


3 komentar:

  1. Halo bund Linda. Senang ada yang nulis tentang snapseed. Aku sudah install tadinya aplikasi ini, tapi kuhapus lagi gegara ngga ngerti-ngerti cara makenya. Tulisan ini lumayan membantu untuk cobain snapseed lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Miya, terima kasih sudah mampir. Ayo instal lagi dan dipakai mudah caranya dan foto jadi bagus.

      Hapus
  2. Salam kenal mba linda, sy jg pake snapseed nih,tp baru sekedar tambah frame,blur dan tulisan aja, makasi infonya ya mba, jd makin seneng berkreasi dgn snapseed. Mampir ke blog sy ya mba :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Kreatif Menjadikan Hidup Lebih Berwarna

Assalamualaikum , Tak terasa bulan Desember sudah hampir setengah perjalanan dilalui. Coba kita pikirkan, hal apa saja yang terlaksana ...

Popular Posts