Minggu, 16 September 2018

Mencari Hikmah dari Dongeng dan Kisah



Assalamualaikum,

Puji syukur hanya tertuju pada Sang Pemilik Ilmu. Hanya melalui kehendaknya jua, saya masih diberi kesempatan untuk belajar di kelas Bunda Sayang Batch 3 Sumatera 2. Rasanya baru kemarin saya mulai belajar, ternyata sudah 10 materi dilalui dengan berjuta tantangan yang ada.

Dalam materi ke - 10 ini, mengangkat tentang Membangun Karakter Anak Lewat Dongeng. Jadi teringat juga saat masa kecil sering sekali didongdngkan oleh kedua orangtua atau saat berlibur di rumah kakek, ya didongengkan oleh kakek.

Namun, kali ini rasanya lain, saat saya harus bermain game mendongeng. Saya dan paksu bermain peran menjadi ibu dan anak. Itu rasanya memang luar biasa dan sedikit aneh hehe..soalnya saat saya mendongeng, paksu senyum - senyum.

Kemudian setelah dicek kembali, kami berdua sepakat mengatur ulang strategi, dan beralih ke mencari hikmah dari kisah yang dialami sehari - hari atau dari buku penuh hikmah. Hasilnya, lebih natural, dan mengena di hati. Ternyata saat menjalani hidup sehari - hari,  banyak kisah yang penuh hikmah telah Allah titipkan untuk dijadikan sebagai pelajaran berharga.

Seperti saat pulang mengaji dan bertemu pedagang kerupuk keliling yang tak bisa melihat. Ditemani istri yang setia, berjalan bergandengan tangan menawarkan kerupuk. Rasanya membekas sampai sekarang. Dan kemudian Allah menuntun kami untuk bisa berbagi rezeki dengan ijin-Nya.

Kemudian saat perihal menyayangi makhluk lain, dalam hal ini kucing yang ikut jaga rumah. Memang manusia diberi akal dan nurani untuk bisa memberikan perhatian pada makluk ciptaan Allah yang lain.

Lalu sebuah kisah perjuangan pahlawan Islam Muhammad al Fatih. Menjadi kuat, pemimpin utama pada penaklukan Konstantinopel karena begitu dahsyatnya doa seorang ibu. Maka saat menjadi seorang ibu, kita dinasihati lembut untuk selalu berdoa hal yang baik untuk anak- anak kita.

Mendongeng, juga membaca kisah menambah nilai rasa juga menjadi vitamin otak untuk bisa berpikir kreatif juga imajinatif. Rasanya semua juga senang mendengar dongeng atau kisah. Dan dongeng adalah hal yang tak bisa ditolak oleh anak. Mendongeng sebelum tidur, mencari hikmah dalam setiap kisah.

Wassalamualaikum

2 komentar:

  1. Anak2 memang hampir semuanya menyukai saat2 di dongengkan oleh orang2 dewasa di sekitarnya.dan bila caranya tepat untuk anak,dongeng atau cerita yg kita bacakan melekat hingga ia besar.keinget tuh si bungsu hingga ia SD ada satu buku karangan alm gito rolies yg judulnya kalo ngga salah"menangis di atas sejadah" yg selalu minta di bacakan berulang dari ia umur 2 thn,bukunya sampai robek lecekπŸ˜πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜‚ hikmahnya sejak TK ia tak pernah meninggalkan sholad dan hafal bacaannya.seringnya di bacakan buku membuat ia bisa baca sebelum umur 4thn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali Bu..saat dapat materi tentang mendongeng, rasanya ingatan balik ke masa kecil. Rasanya bahagia saat jelang tidur bersama mbk dan adik, ada ibu yang mendongengkan. Hikmahnya luar biasa. Wah pengalaman ibu bersama ananda..sungguh luar biasa.

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Kreatif Menjadikan Hidup Lebih Berwarna

Assalamualaikum , Tak terasa bulan Desember sudah hampir setengah perjalanan dilalui. Coba kita pikirkan, hal apa saja yang terlaksana ...

Popular Posts