Selasa, 04 September 2018

Bekerja Keras


Design by Canva

Assalamualaikum,

Hari ini tak terasa mulai memasuki tantangan hari ke - 12 di game level 10 kelas bunda sayang. Membangun karakter lewat dongeng. Sungguh tantangan tersendiri dan menarik. Bagi Slumuth Family, yang masih berdua, harus mensiasati dan atur strategi agar setiap tantang berjalan lancar dan ada pelajaran yang bisa dipetik. Maka cerita berhikmah yang kami alami, kami baca menjadi inspirasi setoran tugas.

Setahun lalu, saya membeli sepaket buku tentang Rasulullah Teladan Utama dari Sygma Creative Media Corp, yang ternyata isinya mengesankan. Memang lebih banyak saya yang membaca karena saya memang hobi dan lebih luang waktunya diantara belajar dan memfasilitasi teman Surabaya Bunda Sayang Batch 4.

Paksu malam ini ingin sekali diceritakan ulang tentang sebuah kisah yang menyentuh hati. Bertema tentang bekerja keras. Tidak dipungkiri bahwa guna memenuhi kebutuhan hidup manusia dituntut untuk berikhtiar melalui bekerja. Walau rezeki sudah dijamin oleh Maha Pemberi Rezeki, namun kewajiban untuk bekerja sebagai bagian dari ibadah menjadi hal yang penuh hikmah.

Bekerja menjaga kemuliaan diri dari meminta - minta. Karena Allah menyukai orang yang bekerja dengan cara yang halal dan berkah.

Teringat sebuah kisah penuh hikmah di masa Rasulullah. Suatu hari  Rasulullah melihat umatnya bekerja keras, ada yang mengangkat batu, berdagang, dan menggembala kambing.

Suatu ketika Rasulullah bertemu dengan Sa'ad Al Ansari. Kemudian saling bersalaman.

Kemudian Rasulullah merasakan tangan Sa'ad kasar. Rasulullah pun menanyakan mengapa tangan Sa'ad kasar.

Saad menjawab bahwa Ia bekerja dengan sekop untuk menafkahi keluarganya, sehingga tangannya menjadi kasar.
Kemudian dengan penuh kasih Rasulullah mencium tangan Sa'ad dan mengatakan bahwa tangan Sa'ad tidak akan tersentuh api neraka.

Tidak ada makanan yang lebih baik daripada makanan hasil keringat sendiri. Dan sesungguhnya, Nabi Daud makan dari hasil keringat sendiri, padahal pada saat itu Nabi Daud adalah seorang raja.

Begitu besar hikmah saat seseorang mau bekerja keras untuk mencari nafkah halal dan berkah. Semoga bisa mengambil hikmah dari kisah ini.

Demikian kisah berhikmah yang menjadi perbincangan di Slumuth Family untuk hari ke - 12. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Ali Muakhir, Anjar Ginanjar, Rasulullah Teladan Utama, Penuntun Hidup Mulia, Bekerja Keras, Sygma Creative Media Corp, Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Kreatif Menjadikan Hidup Lebih Berwarna

Assalamualaikum , Tak terasa bulan Desember sudah hampir setengah perjalanan dilalui. Coba kita pikirkan, hal apa saja yang terlaksana ...

Popular Posts