Jumat, 28 September 2018

Review Game Level 11 Hari ke - 9 Fitrah Seksualitas





Assalamualaikum,

Masih ceria belajar bersama di perkuliahan kelas bunda sayang di game level 11. Nah malam ini yang manggung adalah kelompok 3 yang mengangkat tema tentang Mengarahkan Kecenderungan Seksual Anak Dengan Cara Yang Diajarkan Rasulullah. Wah apa nih bagian yang paling menarik?


Berikut reviewnya versi pribadi tentunya.
Seperti diketahui bahwa ayah bunda menjadi gerbang pengetahuan bagi anak untuk menemukan dan mamantapkan fitrah seksualitasnya menjadi laki - laki sejati dan ibu sejati. Begitu banyak hal yang harus dipersiapkan orangtua untuk terus mendampingi ananda sampai tiba saatnya bersiap memikul tanggungjawab sesuai amanah sebagai khalifah di muka bumi.

Maka menitikberatkan pada pemahaman gender disertai segala konsekuensinya menjadi hal yang harus dipahamkan kepada ananda.

Seperti contoh, di usia 4 tahun sering anak bertanya tentang perbedaan jenis kelamin dengan kakak atau adiknya. Jadi sebisa mungkin orangtua memberikan jawaban yang sederhana, ilmiah dan bisa diterima pemahamannya. Dapat juga dipahamkan dengan simulasi menggunakan alat peraga sederhana.



Kemudian dalam upaya mempersiapkan aqil baliqh, orangtua harus kompak dalam hal mendidik anak. Anak laki - laki didekatkan pada ayah untuk belajar peran sosial, anak perempuan dekat dengan ibu untuk peran pendidikam terkait ilmu rumah tangga, kasih sayang, empati, juga pelayanan.

Mempersiapkan anak untuk dapat mengambil tanggungjawab dalam usia muda. Ini yang butuh persiapan. Dalam Islam hal ini mendapat  perhatian khusus yang indah. Dari soal kebersihan sampai tanggungjawab.

Ada yang bertanya, bagaimana dengan anjuran menikah di usia muda? Sebenarnya jawaban hal ini relatif, dikembalikan pada pola asuh orang tua, value di keluarga, juga visi misi yang dianut. Artinya jika memang tujuan orang tua untuk mendorong ananda menikah di usia muda, berarti orang tua harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan terencana.

Dari segi keilmuan, tanggungjawab, kedewasaan berpikir, kemandirian finansial dan keberanian dalam mengambil keputusan.

Apapun dinamika dalam mengasuh dan membersamai anak, orang tua harus selalu ada dan mengajarkan nilai agama dan norma positif. Sehingga fitrah seksualitas ananda dapat tumbuh optimal sesuai tuntunan Alquran dan menjadi indah demi terbentuknya generasi rabbani.

Demikian review hari ke - 9 di kelas bunda sayang Sumatera. Di game level 11 Fitrah Seksualitas. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Belajar Memanah

Assalamualaikum , Halo teman semua apa kabar? Semoga senantiasa sehat dan bahagia. Adakah cara yang paling mudah untuk merasa ...

Popular Posts