Selasa, 31 Juli 2018

Kreatif Berkebun Di Lahan Sempit Game Level 9


Bunga Telang 

Assalamualaikum
,

Halo bertemu dengan saya kembali di hari tantangan yang ke - 6. Masih di kelas bunda sayang game level 9, think creative.Rasanya jika dipikir dan dijalani banyak hal yang berhubungan dengan kreatif. Dapat ditemukan dalam kehidupan sehari - hari.

Berbicara tentang kreativitas, saya yang lahir sampai dewasa di desa biasa dan hobi dengan yang namanya berkebun. Menanam sayuran, bunga, bersama bapak di halaman rumah. Nah, saat sudah menikah dan hijrah, tinggal di perumahan dengan lahan terbatas.
Tapi keinginan untuk menanam tak bisa dibendung.

Jadilah saya harus berpikir kreatif menanam di pot atau polibag. Yang seru, ada bekas bak mandi dari fiber yang tidak dipakai. Punya ide, diletakkan di luar pagar untuk tempat sampah, sebelum diangkut mamang sampah.

Eh, ini menimbulkan masalah  baru. Bayangkan saja, saat ditinggal pulkam, kotak sampah itu jadi penuh. Tetangga seberang rumah dengan santainya menyuruh asistennya nitip di kotak sampah depan rumah. Alhasil, pulang dari kampung kami berdua ternganga...waaa ini sampahnya banyak.

Akhirnya kami buang secara bertahap ke tempat sampah pusat dan bak ditarik masuk. Saya mengusulkan untuk menanam pohon saja, diisi tanah. Paksu setuju, dan setiap membersihkan got kering, ada tanah dimasukkan. Lama - lama penuh, dan saya belikan bibit pohon jeruk purut, daunnya untuk rempah sayur seperti soto, gulai, untuk pecel juga. Manfaat dan sampai sekarang tumbuh subur, tetangga pun sering ikut memanfaatkan.

Pohon jeruk purut

Kemudian menanam bunga telang di polibag, dengan tujuan saat pohon merambat dan subur, bisa mengurangi panas yang tembus ke jendela. Rumah menghadap ke Barat kalau sore panas. Alhamdulillah sekarang sudah rimbun dan sejuk. Bunganya untuk pewarna alami, juga hiasan rumah.

Pohon bunga telang

Kemudian saya juga menanam benih pokcoy yang ditanam dipot. Ini juga subur menghijau dan organik yea...kalau mau numis tinggal panen saja.

Pokcoy organik

Ternyata berpikir kreatif akan membuahkan sebuah solusi dan menghasilkan sesuatu yang baru. Bertanam tidak harus di lahan yang luas, di lahan sempit juga bisa.

Demikian laporan hari ke - 6 di Slumuth Family. Tetap semangat menghijaukan halaman rumah kita...semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Dokumentasi Slumuth Family

#tantangan10hari
#gamelevel9
#day6
#kuliahbundsayiip
#thinkcreative

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Belajar Memanah

Assalamualaikum , Halo teman semua apa kabar? Semoga senantiasa sehat dan bahagia. Adakah cara yang paling mudah untuk merasa ...

Popular Posts