Jumat, 29 Juni 2018

Cerdas Finansial Dengan Perencanaan



Assalamualaikum,

Hai - hai, apa kabar? Semoga selalu sehat ya. Jumat Mubarok, penuh berkah dan kebaikan. Memasuki game level 8 berkaitan dengan Cerdas Finansial di Kelas bunda sayang Institut Ibu Profesional. Tak terasa hari ini masuk tantangan hari kedua di T10.

Dalam menjalani bahtera rumah tangga, merencanakan keuangan dengan baik menjadi hal yang utama. Karena seiring perubahan jaman dan perkembangan di berbagai bidang, tentu saja merubah banyak hal. Maka sangat penting bagi pasangan untuk dapat membedakan kebutuhan dan keinginan.

Sehingga apa yang dibeli bukan berdasarkan keinginan semata, tapi memang untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Sejak awal membangun bahtera rumah tangga memang di rumah sudah saling berdiskusi masalah finansial. Berapa jumlah yang diterima dan berapa jumlah yang dikeluarkan.

Sebagai ibu yang bekerja di ranah domestik, dan paksu yang berkegiatan di ranah publik, rejeki yang didapat harus disyukuri dengan cara mengelola sebaik - baiknya. Jangan sampai pula mengalami kebocoran di pos A atau pos B. Maka ada juga yang disebut pos darurat.

Nah untuk mengelola, saya sebagai manajer keuangan yang harus memiliki catatan dengan tertib. Agar setiap pengeluaran yang dianggarkan sesuai pos dapat dipantau dengan cermat. Yang jelas, ada pos khusus di keluarga kami untuk biaya program hamil yang sedang dijalani. Yang tentunya membutuhkan biaya yang tak sedikit. Apalagi klinik yang kami pilih untuk mendampingi dan  membantu jauh di luar propinsi. Otomatis pos yang ini harus diatur secara khusus. Ah, maaf jadi curhat saya hehe.

Untuk detil pembagian berapa besar, saya tuliskan besok saja. Yang terpenting memang masalah keuangan harus dikelola dengan cerdas dan terbuka. Demikian tugas dari game level 8 di Tantangan 10 Hari kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional. Hari kedua yang penuh cerita. Semoga bermanfaat ya.


Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Kreatif Menjadikan Hidup Lebih Berwarna

Assalamualaikum , Tak terasa bulan Desember sudah hampir setengah perjalanan dilalui. Coba kita pikirkan, hal apa saja yang terlaksana ...

Popular Posts