Sabtu, 09 Juni 2018

Aliran Rasa Game Level 7





Assalamualaikum,

Berjumpa kembali di perkuliahan Kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional. Wah, tak terasa perjalanan belajar di Kelas Bunda Sayang memasuki babak baru, yaitu masuk semester kedua. Di semester kedua ini berarti masuk game level 7 dengan tema Semua Anak Adalah Bintang. Dan kembali bertemu fasil baru.

Setelah berjibaku melakukan tantangan selama 10 hari yang luar biasa, saatnya kini mengalirkan rasa. Rasa yang mewakili bagaimana serunya menjalani tantangan selama 10 hari di game level 7, semua anak adalah bintang.

Jadi, ini sebagai istri saya harus jeli dan peka melihat bakat dan kekuatan suami. Meninggikan gunung bukan meratakan lembah. Bahwa seyogyanya, mari lihat kelebihan yang ada pada pasangan dan beri dukungan sebaik - baiknya.

Berbicara mengenai level 7, seperti biasa saya melakukan tantangan bersama dengan paksu. Ya maklum saja karena kami masih berdua, sementara ponakan jauh beda propinsi. Jadi inilah keasyikan melakukan tantangan di Slumuth Family, berdua pun jadi seru.

Menerapkan tantangan bersama pasangan, bukanlah hal yang mudah. Sebagai tipe terencana, saya harus punya gambaran dan kerangka untuk mengamati paksu, apa yang dapat saya catat dan itu menjadi kekuatan paksu. Dan  makin hari membuat saya juga ternganga, betapa banyak hal yang dapat saya amati dari karakter paksu.

Berdasarkan pandu 45, bahwa bahasa bakat pada diri seseorang begitu unik dan tidak pernah  sama dengan yang lain. Bahkan anak kembar pasti memiliki perbedaan. Apalagi paksu yang bertemu dengan kita saat sudah dewasa. Maka menerapkan komunikasi produktif menjadi hal utama, agar tantangan 10 hari dalam rangka belajar berjalan lancar. Untunglah paksu juga kooperatif dan ikut sekalian belajar.

Paksu juga jadi tahu bahwa setiap orang memiliki bahasa bakat yang dominan. Dan itu harus diasah dan diolah agar menjadi kekuatan. Paksu paham bahwa artinya  potensi yang dimiliki anak atau pasangan dapat berkembang maksimal jika sebagai orang terdekat dapat memberi stimulus,  mendukung, memfasilitasi, dan memberikan kesempatan untuk mencoba berbagai ragam kegiatan sesuai pilihan.

Dari materi game level 7, terlihat bahwa paksu yang tipe kinestetik tak bisa hanya diminta diam saja, bahasa bakat achievernya akan selalu ada dan melekat. Sibuk dan tak kenal lelah melakukan ini, itu. Seorang achiever akan diam santai saat tidur hehe.

Kemudian, paksu juga memiliki rasa emphaty yang tinggi, mudah untuk merasakan kesulitan dan tak segan membantu tanpa harus diminta. Jadi di rumah pun selalu sigap mengulurkan bantuan tanpa diminta. Ini yang membuat saya sangat bersyukur.

Selain kedua hal tersebut, paksu juga tipe ramah dan supel, suka menegur duluan, oh ini ternyata masuk bahasa bakat communication. Artinya paksu lebih mudah memulai komunikasi dengan bahasa sederhana dan mudah dimengerti. Tanpa jaim, kalau sedang ngobrol santai ya santai, tapi saat harus diskusi serius, juga bisa serius. Dari pengamatan dan kolaborasi selama game level 7, membuat saya makin paham karakter paksu.

Saat sedang sibuk ya berikan ruang untuknya berekspresi dan mengeksplore diri, tak perlu banyak intruksi dan interupsi. Karena achiever yang kinestetik saat diminta untuk diam, pelan - pelan justru akan menjadi sebaliknya hehe…

Lalu paksu juga saat ingin melakukan kegiatan harian selalu membuat catatan kecil dan detil. Oh, jadi tahu itu namanya bakat administrator. Jadi keuntungannya, dapat mengecek agenda mana yang sudah terlaksana, mana yang belum. Ini sangat membantu saya.

Nah tahu kan bagaimana serunya belajar menerapkan materi level 7 kelas bunda sayang ini?

Pesannya hanya dampingi orang terdekat dengan penuh cinta, dan beri ruang untuk berekspresi. Maka biarkan bintang itu tetap bersinar dengan cahayanya di rumah kita.

Wassalamualaikum

Linda Dwihapsari
Kelas Bundsay3 Sumatera 2
IP Lampung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Belajar Memanah

Assalamualaikum , Halo teman semua apa kabar? Semoga senantiasa sehat dan bahagia. Adakah cara yang paling mudah untuk merasa ...

Popular Posts