Kamis, 05 April 2018

Love Math di Slumuth Family





Assalamualaikum,

Halo semuanya, berjumpa kembali dengan saya. Di Slumuth Family, waa apa ya yang menarik hari ini? Hari ini adalah hari ke delapan di tantangan 10 hari game level 6. Bertepatan dengan selesainya kelas Matrikulasi IIP Batch 5 tahun 2018.


Lalu apa yang bisa dijadikan inspirasi untuk mengerjakan tugas berkaitan dengan Matematika. Ow tentu saja ada, yuk ikuti terus ceritaku ya.

Hal yang ingin saya tuliskan adalah berkaitan dengan merekap tugas peserta matrikulasi. Direkap link tugasnya dengan aplikasi Google Classroom ke file master. Satu per satu harus diberi warna untuk yang tepat waktu warna kuning, yang terlambat dengan konfirmasi biru muda, terlambat tanpa konfirmasi hijau, merah tidak setor tugas, ungu cuti, dan pink yang left grup.

Beberapa waktu lalu sudah dicicil sedikit demi sedikit, kemudian merekap hasil akhir. Ini menghitungnya harus tepat ya. Mata fokus ke layar gadget. Satu demi satu. Didapat hasil akhir sebagai berikut jeng..jeng..
1. Jumlah peserta awal 46 orang
2. Cuti ada 6 orang
3. Left grup 3 orang
4. Lulus 36 orang dan
5. Tidak lulus 1 orang

Dari menemani selama kurang lebih 9 pekan, adalah hal yang menyenangkan. Saya jadi lebih banyak belajar melayani, mendengar, kalau kelas sepi, saya hore - hore di grup, terasa seperti jadi admin WAG jadinya hehe..

Saat tugas belum banyak yang kumpul, saya japri berusaha mendorong untuk semangat. Saat ada yang ingin mundur, saya gandeng tangannya dan ajak untuk fokus ke depan Alhamdulillah, berhasil lulus. Sampai di detik akhir deadline masih ada 5 orang yang terancam belum lulus, rasanya sesak dada ini, sayang sekali jika harus mengulang.

Jadi setiap hari dijapri, untuk mengumpulkan tugas minimal batas kelulusan. Dari 5 yang darurat, 4 berhasil melompat keluar dari lingkaran dan selamat. 1 orang tidak memberi respon. But, its okey, saya sadar bahwa setiap kelas memiliki dinamikanya sendiri dan unik.

Jadi bagaimana saya berusaha menularkan semangat untuk fokus dan konsisten. Seru lagi saat ada pertukaran pelajar kelas matrik. Saat ditawarkan, banyak yang kurang percaya diri. Yup, feeling, fakta, dan hasil observasi saya di kelas jadi amunisi utama. Saya tawarkan tidak berjalan, saya tunjuk dan amanahi untuk jadi ambasador berdasarkan cita - cita dan passion peserta.

Yes, 5 peserta terpilih untuk ikut Classmeeting Student Exchange. Dan ini berhasil menambah semangat peserta sambil menunggu pengumuman. Serunya lagi saat ada sesi simulasi di kelas, seolah - olah jadi tamu 30 menit ramainya kelas

Nah, banyak sekali hari ini saya belajar tentang Matematika yang ada di sekeliling kita. Semoga terus semangat menjalani tantangan ini. Sampai jumpa. Kalau teman, hari ini belajar apa?

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Kreatif Menjadikan Hidup Lebih Berwarna

Assalamualaikum , Tak terasa bulan Desember sudah hampir setengah perjalanan dilalui. Coba kita pikirkan, hal apa saja yang terlaksana ...

Popular Posts