Selasa, 03 April 2018

Love Math di Slumuth Family



Assalamualaikum,

Halo apa kabar Selasa? Emm hujan seharian mengguyur bumi, segar tanaman. Dan ini masuk hari keenam  di game level 6. Waa serunya makin hari harus makin kreatif untuk menemukan Matematika di sekeliling kita.


Di Slumuth Family kali ini yang ingin berbagi hal berkaitan dengan Matematika adalah paksu. Yea..kita mau menghitung jarak dan waktu tempuh dari rumah ke tempat kerja.

Jarak dari rumah ke kantor adalah 20 kilometer, artinya jika pulang pergi, paksu menempuh jarak 40 kilometer. Ya Allah..semoga ikhtiar kerja paksu masuk sebagai bagian dari berjuang dan bernilai pahala aamiin

Paksu menggunakan sepeda motor, melewati jalan yang halus walau tidak 100% hehe. Lalu kecepatan kendaraan sekitar 40 - 60 km/ jam dan ditempuh dalam waktu sekitar 30 - 45 menit. Lumayan juga ya..



Kemudian saya bertanya, melewati berapa kali lampu merah? Eh hanya dua saja. Soalnya jalan menuju kantor treknya lurus, jadi lampu merahnya sedikit. Tapi sebenarnya jalan yang dilalui termasuk ramai, karena arah pabrik - pabrik sebagai kawasan penyangga kegiatan ekonomi.

Ada pabrik pakan ternak, pabrik minuman bersoda, pabrik penyulingan jahe, pabrik spring bed, pabrik pengolahan udang, pabrik pengepakan, pabrik karet, jadi ada 8 pabrik yang dilewati menuju kantor. Untungnya sekitar daerah penyangga masih terhampar luas kebun karet menghijau, jadi udara masih terbantu bersih.

Penduduknya selain bekeja di pabrik, masih banyak yang menjadi petani. Berkebun karet untuk diambil getahnya. Sayangnya hargz getah karet sekarang turun drastis, dulu getah mentah per 1 kilogram bisa Rp 13.000,- sekarang hanya dihargai Rp 3000,- per 1 kilogram. Otomatis ini berpengaruh pada roda ekonomi, apalagi jika yang punya kebun harus bagi hasil dengan penderes, hasilnya masih belum cukup untuk kebutuhan. Maka saat harga murah, karet diistirahatkan, tidak dideres.

Untungnya juga, di sekitar masih banyak sawah yang menghasilkan padi. Lumayan terbantu dengan harga gabah yang baik waktu panen raya kemarin. Semoga petani makmur dan pandai berinovasi agar bisa mengikuti perkembangan jaman.

Menarik rasanya jika mencari, melihat, mengamati hal yang berkaitan dengan ekonomi, Matematika juga keuangan. Sangat kompleks tapi seperti satu kesatuan yang saling berkaitan.

Ternyata begitu banyak hal di sekitar kita yang bisa berhubungan dengan Matematika hanya saja kita kyrang menyadarinya. Demikian cerita love Math di Slumuth Family, semoga bermanfaat. Ayo..saat lewat jalan hitung lampu merah yang dilalui hehe..sampai jumpa teman.

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Kreatif Menjadikan Hidup Lebih Berwarna

Assalamualaikum , Tak terasa bulan Desember sudah hampir setengah perjalanan dilalui. Coba kita pikirkan, hal apa saja yang terlaksana ...

Popular Posts