Kamis, 23 November 2017

Netizens Lampung Ngobrol Bareng MPR RI Tentang 4 Pilar MPR



Netizens Lampung ngobrol bareng MPR RI, tentang 4 Pilar MPR RI. Ngobrol bareng ini dilaksanakan pada hari Minggu, 19 November 2017 bertempat di Swiss Belhotel, Jl. Rasuna Said No. 18 Gulak Galik, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung. Acara Ngobrol bareng MPR RI ini juga bekerjasama dengan komunitas Tapis Blogger yang pendirinya adalah ibu luar biasa Naqiyyah Syam yang fokus pada dunia literasi.

Mengikuti acara ngobrol bareng MPR RI tentang 4 Pilar MPR RI merupakan hal yang pertama bagi saya dan menjadi pengalaman yang menambah wawasan kebangsaan saya. Ngobrol bareng ini diikuti 60 Netizens yang juga blogger. Acara yang dijadwalkan pukul 18.00 WIB s/d selesai dapat terlaksana dengan baik. Hal pertama yang dilakukan peserta ngobrol bareng adalah registrasi di meja depan, yang bertujuan untuk mengecek dan mengidentifikasi jumlah peserta. Juga pengambilan goodibag berisi buku - buku dan poster. Peserta juga memakai kaos seragam.


Setelah itu,  seluruh peserta ngobrol bareng masuk ruang diskusi. Sambil menunggu acara dimulai, saya dan Netizens lain berkesempatan  mengambil foto untuk dokumentasi.



Tak lama kemudian acara dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, semua berdiri dengan penuh semangat ikut bernyanyi. Ini benar - benar membangkitkan semangat nasionalisme saya. Kemudian, pendahuluan, pemaparan dari Ibu Siti Fauziah, SE. MM sebagai Kepala Biro Humas MPR RI yang menjelaskan bahwa tujuan sosialisasi 4 Pilar MPR RI ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat sehingga dapat menumbuhkan kesadaran berkonstitusi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Diharapkan para netizens dan blogger dapat membantu menyampaikan dengan gaya bahasa sederhana yang mudah dipahami oleh masyarakat.

Selanjutnya pemaparan awal disampaikan oleh Pak Ma’ruf Cahyono, SH,MH selaku Sekretaris Jenderal MPR RI yang memulai penuturannya dengan mengungkapkan bahwa generasi pewaris bangsa, memiliki tanggungjawab besar diantaranya merawat ideologi bangsa yaitu, Pancasila. Mengapa demikian? Ini karena saat ini bangsa Indonesia sedang dalam masalah yang tak kunjung selesai, mulai dari pergesekan yang berbau SARA, mudah terprovokasi berita hoax yang belum tentu kebenarannya, saling menyudutkan, saling serang, bahkan sampai saling menumpahkan darah. Sungguh memprihatinkan. Maka kembali kepada nilai – nilai luhur Pancasila menjadi hal yang penting demi keberlangsungan hidup bangsa.

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya memahami 4 Pilar MPR RI yang terdiri dari :
1. Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara
2. UUD NRI Tahun 1945 Sebagai Konstitusi Negara
3. NKRI Sebagai Bentuk Negara
4. Bhineka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Negara

Keempat Pilar MPR RI tersebut dapat dijabarkan lebih mendalam melalui isi yang dikandungnya.
Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara mencakup 5 sila yaitu:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
Ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragama, berketuhanan, memiliki toleransi tinggi. Implementasinya bahwa dalam kehidupan berbangsa hendaknya tidak saling menyakiti, saling menghargai agama lain, tidak sombong dan takabur, menyikapi perbedaan sebagai anugerah penuh syukur.

2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang berkarakter humanis. Memanusiakan manusia, dengan bersikap baik, suka menolong, tidak saling curiga, bersikap ramah, tidak mudah memaki dan menghujat.

3. Persatuan Indonesia
Suarakan selalu persatuan bangsa. Berhenti saling bercerai – berai, mulai bersatu bersama – sama untuk maju.

4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmah Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan.
Dapat diimplementasikan, melakukan musyawarah dahulu sebelum mengambil keputusan. Jika terjadi silang pendapat dibicarakan dengan kepala dingin dan hati terbuka.

 5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Dapat diimplementasikan dengan pemerataan pembangunan di seluruh  wilayah Indonesia oleh pemerintah.

Sampai pada puncak acara yang menghadirkan langsung Ketua MPR RI Dr. ( H.C.) H. Zulkifli Hasan, SE, MM yang membuat suasana ngobrol bareng bertambah hangat. Sebagai putera daerah Lampung, yang sedang mengemban amanah, beliau menyampaikan kebanggaannya dapat berkumpul bersama Netizens Lampung dan teman – teman dari Tapis Blogger.


Dalam penjelasannya, Pak Zul menggarisbawahi bahwa saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi banyak permasalahan bangsa yang makin lama makin memprihatinkan.  Diantaranya, kemiskinan yang makin hari makin bertambah. Menurunnya daya beli masyarakat.  Kesenjangan sosial antara si kaya dan miskin makin jelas. Korupsi, kolusi, dan nepotisme yang masih terus mewarnai percaturan ekonomi Indonesia menyebabkan beban Negara makin berat. Ditambah hutang luar negeri yang harus ditanggung oleh Negara. Dan adanya ketidakpercayaan rakyat terhadap penyelenggaraan Negara. Karena pada kenyataannya, hukum masih menjadi alat kekuasaan dan pelaksanaannya banyak diselewengkan sehingga bertentangan dengan prinsip keadilan.

Sampai kemudian beliau berpesan, hendaklah kita sebagai generasi penerus, harus cerdas dalam mensikapi permasalahan bangsa. Bangga dengan budaya daerah karena itu termasuk kekayaan bangsa. Netizens dan blogger dapat berperan dengan terus menyampaikan berita yang benar, akurat sekaligus mengedukasi masyarakat agar ikut serta dalam mengawal berjalannya demokrasi di Indonesia.


Saat sesi tanya jawabpun berlangsung seru. Pak Zul menambahkan bahwa kemajemukan dan perbedaan hendaknya dijadikan sebagai modal ketangguhan bangsa, bukan sumber perpecahan.
Dalam politik, pilihlah pemimpin yang amanah dan dapat menyerap aspirasi rakyat. Jadikan kekayaan sumber daya alam sebagai modal utama dalam persaingan global. Maka peningkatan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan mampu bekerjasama serta berdaya saing untuk memperoleh manfaat positif dari globalisasi adalah hal utama.

Kemudian yang tak kalah seru adalah saat berfoto bersama. Sayang jika moment penting tak diabadikan dalam jepretan kamera. Kami generasi digital. Rasanya memang benar, kita adalah satu. Pancasila dan Indonesia.


Acara Netizens Lampung ngobrol bareng MPR RI juga  Tapis Blogger tentang 4  Pilar MPR RI, membuat saya seperti disadarkan bahwa Indonesia saat ini memang sedang butuh dukungan kita untuk terus berjalan maju. Mencintai tanah air dengan ikut berpartisipasi dari apa yang saya bisa.

Mengingat kemerdekaan bangsa Indonesia berasal dari perjuangan yang penuh pengorbanan, waktu, tenaga, pikiran, airmata bahkan nyawa. Hargai para pahlawan, jangan pernah lupakan sejarah. Ngobrol bareng MPR RI banyak memberikan hikmah.

Netizens Lampung, terus bersatu untuk maju, mari songsong masa depan yang lebih gemilang. Aku cinta Indonesia. Ini baru Indonesia.

Sumber :
Materi Netizens Lampung Ngobrol Bareng MPR RI, 4 Pilar MPR RI, Bandar Lampung 2017

Buku Saku UUD NKRI Tahun 1945, Sekretariat Jenderal MPR RI 2017

Buku Saku Ketetapan MPR RI Nomor I/MPR/2003, Cetakan Ketujuhbelas. April 2017, Tentang Peninjauan Terhadap Materi dan Status Hukum Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara dan Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 1960 Sampai Dengan Tahun 2002, Sekretariat Jenderal MPR RI 2017

6 komentar:

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Kreatif Menjadikan Hidup Lebih Berwarna

Assalamualaikum , Tak terasa bulan Desember sudah hampir setengah perjalanan dilalui. Coba kita pikirkan, hal apa saja yang terlaksana ...

Popular Posts