Rabu, 16 Agustus 2017

TELUR ASIN HOMEMADE LEGIT






TELUR ASIN 




Assalamualaikum,

Apa kabar teman - teman semua? Semoga selalu sehat dan ceria. Bersyukur Allah masih memberi kita kebebasan menghirup udara dengan bahagia. Kali ini saya mau berbagi resep cara membuat telur asin homemade.

Berawal ketika saya masih sekolah SD, orangtua pernah memelihara bebek. Ada sekitar 150 ekor. Wah dapat dibayangkan ramainya halaman belakang rumah dengan riuh rendah suara wek wek....

Bapak yang punya ide untuk memelihara bebek, diambil telurnya untuk dibuat telur asin. Menambah pendapatan keluarga. Bapak dan Ibu berprofesi sebagai guru SD Negeri. Untuk menunjang pendidikan dan gizi kami berlima, memelihara bebek adalah sebuah solusi.

Bebek yang kami pelihara dikandangkan dan diberi makan dedak, cacahan singkong, keong, juga kepala-kepala ikan asin yang dibeli di penjual ikan asin. Pantaslah telurnya besar-besar dan menggoda hehe..

Tiap pagi, saya bertugas membantu memungut telur dikandang menggunakan bakul dan disimpan. Kadang juga memberi makan. Memelihara bebek harus penuh perhatian, bebek sangat sensitif, kaget atau stres sedikit mogok bertelur. Bebek saat bertelur bisa sampai 3 bulan, dan makannya sedikit. Setelah 3 bulan, bebek akan merontokkan bulunya dan makan dengan lahap...setelah bulu - bulunya halus, bebek siap bertelur kembali.

Telur yang dipungut dari kandang dikumpulkan dan dipilih. Terkadang ada yang datang membeli langsung, ada juga yang membeli setelah jadi telur asin.

Telur asin kami bermerk '' Kembar'' hihi..karena memang Bapak memiliki anak kembar, adik saya. Setiap hari bebek yang jumlahnya 150 ekor bisa menghasilkan 50 butir telur. Telur -telur yang terpilih, dikumpulkan dan diproses menjadi telur asin. Berember - ember produksi telur asin kami. Hemm sungguh menyenangkan melihatnya.

Dari pengalaman membantu Bapaklah saya belajar membuat telur asin sendiri. Kuncinya adalah pilihlah kualitas telur yang baik, besar sama, segar dan bebek yang pakannya alami. Nah berikut resepnya,

Resep Telur Asin Homemade
Ini resep untuk 20 butir telur bebek tapi saya buat 16 butir telur.

Bahan :
1. Batu bata haluskan, ayak 2 kg
2. Abu gosok, ayak 1 kg
3. 20 butir telur bebek yang sudah dibersihkan,    amplas dan dilap kering serta bersih.
4. Air mendidih secukupnya saja
5. Garam kasar 1,5 kg

Cara Membuat:
1. Campur batu bata, abu gosok dan garam kasar
2. Aduk rata di dalam baskom.
3. Tuangi air mendidih sampai membentuk adonan/adukan kental. Diamkan sampai dingin.
4. Setelah dingin masukkan telur dan simpan ditempat sejuk dan gelap. Atau bisa juga telur dilumuri adonan satu per satu baru disimpan. Minimal 7 - 14 hari, tergantung selera. Karena ada yang suka asin ada yang tidak terlalu asin.
 4.  Cuci bersih telur dan dikukus. Bisa juga direbus sampai matang.



Jika sekarang sudah banyak varian telur asin panggang, bakar, asap, dengan rasa, saya terus terang belum pernah mencicip jadi belum bisa membandingkan.

Demikian tadi resep telur asin homemade yang saya pelajari dari Bapak. Pengalaman adalah guru yang terbaik, maka setiap ada kesempatan belajarlah karena yang kita pelajari dapat memberikan manfaat bagi orang lain.

Semoga bermanfaat ya 😍😍🙏😄

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Kreatif Menjadikan Hidup Lebih Berwarna

Assalamualaikum , Tak terasa bulan Desember sudah hampir setengah perjalanan dilalui. Coba kita pikirkan, hal apa saja yang terlaksana ...

Popular Posts