Jumat, 11 Agustus 2017

LINDA NHW#11 MANAGE YOUR TEAM MATRIKULASI IIP BATCH 4


THIS IS MY TEAM



Assalamualaikum,

Apa kabar teman-teman semua? Semoga selalu sehat, walau cuaca mulai panas. Jaga kesehatan dan jaga semangat. Oh iya apa yang saya tulis saat ini merupakan bagian dari Materi 11 dari kelas Matrikulasi Koordinator. Luar biasa ini. 
Karena saat mau mengerjakan kita harus berdiskusi seru dengan teman sekota. Olala semangat membahas bersama apa yang diminta di tugas kali ini. Apa sih tugasnya? Yuk mari kita cek dengan gembira.

Nicehomework# 11 Matrikulasi IIP Batch 4

MANAGE YOUR TEAM

Setelah kita belajar bagaimana mengelola komunitas, maka sekarang saatnya teman-teman praktek membuat team untuk masing-masing kota, dengan cara sbb:

Lihatlah peran yang cocok pada diri anda saat ini kemudian buatlah satu judul sesuai peran anda

Misal:

"Andaikata aku menjadi KOORDINATOR IIP KOTA....."

"Andaikata aku menjadi KETUA RUMBEL IIP KOTA....."

dll.

a. Diskusikan dengan yang lain struktur organisasi dan bentuk kegiatan semacam apa  yang cocok dg kondisi sumber daya manusia dan sumber daya alam yg ada di sekitar kita saat ini.

b. Apabila dalam grup ini peserta dari  kota anda lebih dari satu, berdiskusilah. Apabila anda hanya sendiri di grup ini, diskusikan dengan teman satu kota anda yg satu _chemistry_ dengan anda di luar grup ini.
Andaikata tidak ada keduanya,  anda sendiripun cukup.

Selamat memanage dan merencanakan pola kerja tim anda di setiap kota.

*_If you can manage your self, you can manage your team_*

Salam Ibu Profesional,

/Septi Peni/

Jawaban

Andaikata Aku Menjadi PJ Rumah Belajar Memasak IIP Lampung

Struktur Organisasi IIP Lampung

1. Koordinator Kota membawahi beberapa manager :

a. Manager Online
  1) Admin Grup Foundation
  2) Admin Grup Member
  3) Kegiatan yang bersifat online

b. Manager Offline
  1) PJ Sejuta Cinta
  2) PJ  Playdate
  3) PJ Rumah Baca
  4) PJ Rumah Belajar Memasak
  5) PJ Rumah Belajar Menulis
  6) PJ Rumah Belajar Menjahit
  7) PJ Rumah Belajar Tahsin

c. Manager Keuangan

d. Sekretaris

Rumah Belajar Memasak IIP Lampung baru saja terbentuk, bahkan baru mendiskusikan rencana program kerja secara global tanggal 10 Agustus 2017.

Team terbentuk tanggal 11 Agustus 2017.

PJ Rumah Belajar Memasak 

Karena diamanahi sebagai PJ Rumah Belajar Memasak, maka saya mencari team yang saya ajak bersinergi untuk mensukseskan program Rumah Belajar Memasak. Saya sebagai PJ memiliki panggilan sebagai bunda chef.

Berikut susunan Team Rumah Belajar Memasak.

1. Bunda Chef : Linda Dwihapsari
2. Bunda Baking : Anis
3. Bunda Kreatif : Rohmah
menentukan tema kegiatan offline dan online beserta konsepnya
4. Bunda Kekinian : Halimah
platting, mendokumentasikan setiap kegiatan offline maupun online dan menshare ke manager online dan manager offline.

Bentuk kegiatan semacam apa yang sesuai dengan kondisi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada di sekitar kita.

A. Kegiatan Offline

1. Cooking Class

Dalam kegiatan cooking class, menghadirkan tamu yang akan menjadi narasumber. Narasumber diutamakan dari kita untuk kita. Sehingga apa yang kita bisa, dapat kita bagikan kepada yang lain. Para member maupun calon member boleh mengikuti cooking class dengan gembira.
Diusahakan resep yang dibuat melibatkan anak - anak.
Narasumber akan memberikan resep sederhana, praktis dan sehat untuk dapat dipraktekkan di rumah. Resep dapat berupa masakan, kue atau cake atau cemilan sehat

2. Bazaar Makanan/ Pasar IIP Lampung

Dengan konsep dari kita untuk kita. Dengan tema tertentu. Bisa melalui transaksi jual beli atau barter. Sebagian keuntungan jika ada bisa dimasukkan ke kas IIP Lampung.

B. Kegiatan online

1. Challenge

a. Recook Resep dengan ATM

Dari resep yang dibagi pada setiap hari Jumat, member diminta untuk recook dengan cara ATM amati - tiru - modifikasi. Challenge sebulan sekali dengan memilih salah satu resep. Hasil recook difoto dan dishare melalui grup atau medsos lainnya.

Pemenang dengan hasil recook dan pengalamannya yang menarik akan  mendapat souvenir atau badge cantik dari rumbel memasak.

b. Gerakan Bunda Memasak untuk Keluarga

Mengajak para bunda, juga menularkan virus bahagia dengan  memasak. 2 minggu sekali member maupun grup foundation dapat menshare hasil masakan yang  dapat dimuat di grup atau medsos lainnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong peserta meningkatkan rasa percaya diri dalam memasak juga bentuk perhatian penuh cinta untuk keluarga.
Gerakan memasak sendiri juga mendorong gaya hidup sehat. Karena tidak bergantung pada makanan instant yang banyak memakai bahan tambahan.

Challenge berdurasi 3 x posting, jika peserta komitmen maka akan mendapat penghargaan berupa badge cantik.

C. Rencana Kolaborasi

1. Explore Raw Material

Rumbel memasak berkolaborasi dengan rumbel playdate. Salah satunya berkunjung ke pulau pasaran untuk mengunjungi sentra pembuatan teri asin. Berkunjung ke sentra pembuatan keripik pisang. Kolam ikan, kebun sayur dll.

Kegiatan ini bertujuan mengenalkan bahwa dalam kegiatan memasak memiliki jalur yang panjang prosesnya dari sumber bahan baku - menjadi produk masakan. Dengan belajar dari perjuangan produsen untuk menyediakan bahan baku terbaik, diharapkan kita semua lebih menghargai makanan yang kita punya dan menghormati profesi - profesi para pejuang bahan baku makanan. Misal, nelayan, petani, peternak.

Ya..bayangkan saja jika anak Indonesia saat ini tidak ada yang bercita - cita sebagai petani, 10 - 15 tahun yang akan datang kita akan kekurangan bahan pangan disebabkan profesi petani tidak ada yang menekuni.


2. Membuat Buku Resep

Rumbel memasak berkolaborasi dengan rumbel menulis membuat buku Antologi / kumpulan resep favorit keluarga IIP Lampung.

Dalam tahapan ini, berupa :
a. Alasan mengapa menjadi hidangan favorit keluarga
b. Bahan dan bumbu
c. Cara memasak
d. Foto hasil masakan
e. Tips seputar resep favorit.

Demikian rencana program kerja Rumah Belajar Memasak IIP Lampung. Semoga dapat terlaksana dengan baik. If you can manage your self, you can manage your  team. Semangat...

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Kreatif Menjadikan Hidup Lebih Berwarna

Assalamualaikum , Tak terasa bulan Desember sudah hampir setengah perjalanan dilalui. Coba kita pikirkan, hal apa saja yang terlaksana ...

Popular Posts