Minggu, 06 Agustus 2017

LINDA NHW #10 MEMBANGUN KOMUNITAS, MEMBANGUN PERADABAN




Assalamualaikum,

Tidak terasa ya materi kelas Matrikulasi 1 - 9 sudah selesai. Tapi kami di kelas Matrikulasi Koordinator masih melanjutkan belajar bersama teman - teman yang berasal dari berbagai propinsi . Memasuki  materi #10 tentang Membangun Komunitas, Membangun Peradaban, kami digembleng untuk menjadi lebih peka dalam menangkap permasalahan yang ada di sekitar komunitas.


Berkolaborasi dengan teman - teman, belajar bersama, dan saling berbagi juga melayani merupakan tujuan  komunitas. Nah untuk lebih memantapkan materi yang sudah didiskusikan, saya dapat tugas yang wow luar biasa. Yuk mari langsung cek saja tugasnya.

Nice Home Work # 10

Program Matrikulasi IIP batch #4

MEMBANGUN KOMUNITAS, MEMBANGUN PERADABAN

Apa kabar bunda semuanya? Semoga masih semangat belajar di sela-sela aktivitas liburan bersama anak-anak.

Kali ini kita akan melihat diri kita sebagai seorang yg sudah menjalankan peran di komunitas.

Lihat posisi anda saat ini, kemudian amati peran peradaban apa yg sedang dititipkan Allah di pundak teman-teman semuanya.

Maka buatlah essay pendek, dengan judul posisi anda saat ini.

Contoh :
KOORDINATOR KOTA

a. Bagaimana kondisi masyarakat/member yg saya pimpin saat ini?
b.Tantangan-tantangan apa saja yang saya hadapi?
c.Apakah bakat yg sudah Allah berikan untuk saya, shg mendapatkan amanah ini?
d. Bagaimana saya menggunakan bakat tersebut untuk kebermanfaatan komunitas?
e. Tahun depan, perubahan apa saja yang akan saya lakukan untuk komunitas/Rumah Belajar/ di kota kami?

Pertanyaan-pertanyaan itu hanya contoh, bisa anda modifikasi sendiri sesuai aliran hati yang teman-teman rasakan.

"Allah tidak akan membebani kaumnya, melebihi kemampuannya"

Salam Ibu Profesional,

/Septi Peni/

Jawaban,

Baru - baru ini saya diminta untuk membantu dengan menjadi pengurus di IIP Lampung. Sebuah amanah yang harus saya jalankan dengan kesungguhan hati.

Posisi Admin WAG Kelas Foundation dan PJ Rumbel Memasak

1. Kondisi calon member saat ini
Alhamdulillah antusiasme para ibu untuk bergabung dan saling belajar bersama melalui grup foundation sangat tinggi. Jumlah calon member ada 176 orang.

Untuk Rumbel Memasak, baru saja dibuat, jadi belum diumumkan di grup foundation jika ada rumbel baru. Semoga responnya bagus.

2. Tantangan - tantangan yang saya hadapi
Dari 176 anggota calon member di grup foundation, yang aktif secara online dan offline masih sedikit.Artinya untuk sharing, berdiskusi, berpartisipasi aktif dikegiatan masih bisa dihitung dengan jari, orangnya ya itu - itu saja. Masih banyak yang menjadi silent rider.
Jadi tantangan bagi saya untuk menarik dan mengajak calon member agar mau belajar  dengan sungguh - sungguh di ibu profesional secara bahagia, karena memang membutuhkan bukan paksaan. Walaupun dengan jumlah yang aktif sedikit kegiatan tetap berjalan.

Di Rumbel Memasak ini juga baru dibentuk, semoga makin menarik hati para ibu untuk lebih aktif di komunitas ibu profesional.

3. Bakat yang Allah berikan
Berdasarkan talent mapping dari temubakat.com bahwa kekuatan saya adalah :
a. Administrator
b. Arranger
c. Communicator
d. Creator
e. Journalist
f. Motivator
g. Synthesizer

4.Bagaimanakah saya menggunakan bakat tersebut untuk kebermanfaatan komunitas?

a. Administrator
     Saya termasuk tipe orang yang rapi, terencana, suka mencatat dan mengumpulkan informasi penting yang berguna saat orang lain membutuhkam. Saya merasa sebagai admin dan pj rumbel memasak hal ini penting dan membantu tugas saya.

b. Arranger
     Dikatakan saya dapat mempengaruhi orang lain, hehe mungkin juga dengan gaya saya yang ceria dan ceplas - ceplos saya mudah mengarahkan orang lain tanpa kesan memerintah.

c. Communicator
    Saya mudah akrab dengan orang lain, tidak segan untuk menyapa dan mengajak bercakap-cakap. Saya orang yang supel. Dalam menyampaikan sesuatupun saya tidak suka berbelit - belit.
Menjalankan tugas sebagai admin dan pj rumbel, kekuatan communicator saya  pasti sangat berguna.

d. Creator
    Dengan banyaknya ide yang bermunculan ini saya gunakan untuk membuat program yang menarik di rumbel memasak. Semoga dapat membawa IIP Lampung memiliki kegiatan yang lebih mengasyikan dan menantang. Jadi calon member pun bersemangat juga aktif.

e. Journalist
  Saya dapat menceritakan kembali kegiatan dalam bentuk laporan atau mendokumentasikan, sehingga orang lain dapat mengambil manfaatnya. Menurut pendapat saya, ini juga penting untuk sebuah komunitas.

f. Motivator
  Saya terkadang memberikan dorongan semangat kepada orang lain begitu saja. Sambil gabung di tiap diskusi WAG foundation pun saya berusaha memberikan motivasi dengan kalimat positif. Maju terus dalam berusaha adalah hal yang patut dilakukan agar sukses apa yang dicita-citakan.

g. Synthesizer
    Senang menggabung-gabungkan sesuatu menjadi sesuatu yang baru. Nah ini bisa jadi sesuai dengan kesukaan saya memasak. Di komunitas sering juga teman-teman bertanya tentang resep, bumbu masakan atau seputar tips memasak. Saya berusaha membagi ilmu dan keahlian apa yang saya bisa.

5. Tahun depan perubahan yang ingin saya lakukan

Karena rumah belajar memasak baru saja dibentuk, saya ingin mengajak para ibu untuk lebih peduli dengan makanan yang dihidangkan untuk keluarga.

a. Sebisa mungkin ibu menyiapkan sendiri kebutuhan pangan keluarga. Karena jika ibu yang memasak lebih terjamin bersih, dan sehatnya masakan yang dihasilkan.

b. Merubah anggapan dari memasak itu sulit dan merepotkan, menjadi memasak itu mudah dan mengasyikkan.

c. Gerakan bunda memasak untuk keluarga tercinta
Aktivitas yang bisa dilakukan sendiri atau bersama anggota keluarga lain.

Harapan besar apa yang saya tuliskan dapat terwujud. Bersama dengan komunitas, apa yang diinginkan lebih mudah dicapai. Demikian NHW #10 yang spesial ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Kreatif Menjadikan Hidup Lebih Berwarna

Assalamualaikum , Tak terasa bulan Desember sudah hampir setengah perjalanan dilalui. Coba kita pikirkan, hal apa saja yang terlaksana ...

Popular Posts