Senin, 10 Juli 2017

Project Ramadhan Nge Team Bersama Slumuth Family






Assalamualaikum,

Hai teman – teman apa kabar? Masih semangat berbagi kebaikan? Harus ya..
Postingan  kali ini merupakan hal yang spesial, karena postingan ini memuat 3 misi penting. Apakah itu? Jeng…jeng…ini dia:

1.       Implementasi family project

Sebenarnya saya dan suami setiap tahun memang memiliki agenda rutin terutama bulan Ramadhan untuk berbagi. Tapi tahun ini memang berbeda. Sejak saya bergabung di Institut Ibu Profesional ada banyak hal positif yang makin membuat saya dan suami terus belajar untuk lebih peka secara sosial dan spiritual.


Ditambah hati ini tergelitik saat ada kuliah via WhatsApp di grup TFasting Lampung ( sekarang jadi HebAt Community Lampung). Nah di grup ini membahas bahwa sungguh menyenangkan bila setiap rumah dapat memiliki agenda kegiatan yang bermanfaat dengan melibatkan anggota keluarga. Dinamakan Family Project. Akhirnya kami berdua merancang project membangun rumah anggrek. Ternyata dalam pelaksanaannya belum 100% karena masih banyak tanaman obat yang sayang jika harus ditebang. Oke, ditunda dulu.

Kemudian saat pulang ke kampung halaman, Pulung Kencana, Kab Tulang Bawang Barat, tanggal 4 Juni 2017. Saat itu suami sholat di Mushola Baitussalam dan melihat plafon yang mulai bolong, renovasi yang berhenti karena kendala biaya. Kemudian di foto. Mushola Baitussalam juga digunakan anak-anak untuk belajar Quran dan sholat berjamaah.




Saat kembali ke kota, sambil rehat setelah 4 jam perjalanan, Kami berdua ngobrol. Suami ingin bantu, yup saya jawab setuju.

Tiba – tiba saya ingat pernah ada Wa masuk yang isinya bagus, sambil cek dan baca. Wow ada chat yang menginspirasi nih. Judulnya “ Romadhon bulan amal, momennya bikin project seru berbingkai iman’’
“ Coba baca yang keras, pinta suami.”
Dan sayapun membaca dengan perlahan dan dengan suara  keras.

Ditulis oleh Rita Riswayati ( Fasilitator dan Korwil HEbAT Jawa Barat, Praktisi HE 6 Putri). Seperti ini tulisannya :

Darimanakah datangnya pahala? Dari cinta turun ke amal. Kalau sudah cinta justru lupa hitung – hitung pahala, meski pahala adalah hak hamba.
Kapankah amal bernilai? Saat terpenuhi ketentuan,
1.       Niat karena Allah
2.       Amal yang tak dilarang Allah

Kedua poin di atas melahirkan apa yang disebut amal sholih, amal yang produktif. Amal produktif bisa dari hal sederhana sampai yang kompleks, yang rutin sampai yang unik spesial, yang bersifat amal individual sampai amal jama’i bersama alias nge-team.

Yuks, kita bahas yang nge-team, soalnya nge-team itu lebih membuat mudah, ceria dan seru. Biar lebih terarah maka team digerakkan berdasar kriteria project.
Ada 4 unsur sebuah amal / aktivitas disebut project :
1. Lingkup ( scope)
2. Biaya ( cost )
3. Kualitas ( quality )
4. Waktu ( time)
Agar mudah mengingatnya, ingat saja L – BMW atau S – CQT
4 variabel ini saling berpengaruh satu sama lain.

Bagaimana langkah membuat project berskala team/ berjamaah?
1. Motivasi
    2. Musyawarah
3. Diskusikan dan analisa bersama
4. Sepakati
5. Rancang
6. Aksi
7. Rayakan

  Ramadhan…………..ceria ….

Setelah selesai membaca Kami berdua saling pandang dan AHAA.....ini yang dicari. Buat Family project tetapi melibatkan orang lain alias Nge Team.

Memang sebuah tantangan ini hehe...cari donatur dan pakai strategi share di medsos untuk mendapatkan dana. Dan  juga melakukan pendekatan secara personal. Saya semangat dan heemm saya lihat suami juga tak kalah semangat. Matanya nampak berbinar senang dan saya paham betul pasti suami sudah punya gambaran calon donatur yang pro aktif dan kooperatif. Singkat cerita akhirnya dengan bantuan teman untuk membuatkan Flyer, terima kasih untuk Om Daus. Langsung rencana Kami  eksekusi.

Niat Bismillah saja walau sempat ragu. Tapi kami berdua pasrah sambil berdoa biarlah Allah yang menggerakkan hati para donatur untuk mau membantu dan Nge Team Bareng Project kami. Target Rp 5. 000.000,- saja.

“ Perumpaan sedekah yang dikeluarkan oleh orang – orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir. Pada tiap – tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan ( pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah maha luas karunia – Nya lagi Maha Mengetahui " ( QS Al – Baqarah : 261 ).

Kemudian Kami informasikan Project Ramadhan ini selama 10 hari dari tanggal 6 Juni 2017 – 16 Juni 2017. Melalui Instagram. Kemudian agar efektif melalui Wa pribadi pada para donatur potensial.  Dan hasilnya Allahu Akbar....sungguh luar biasa. Selama 10 hari terkumpul dana untuk infak & waqaf Mushola Baitussalam sebesar Rp 10. 521.000,- dan karpet   4 roll senilai Rp 1.240.000,-



Karpet 4 roll dibonceng motor 

Menunggu jemputan 

Alhamdulillah, segala puji hanya untuk Allah yang telah menggerakkan hati para donatur berkenan mensukseskan Project Ramadhan dari slumuth family.  Nge team dengan para donatur yang dermawan sungguh hal yang mengharukan. Terima kasih, semoga hati kita saling terpaut untuk berbagi dan mengasihi karena Allah. Aamiin...



2.       Laporan pertanggungjawaban

Nah jika berhubungan dengan  dana atau keuangan, sebagai pencetus Project Ramadhan tentu saja Kami harus mempertanggungjawabkan kepada para donatur. Dalam bentuk dokumentasi dan tulisan.






3.       Konsistensi saya untuk belajar menulis

Postingan  ini juga saya jadikan sebagai semangat untuk dapat memotivasi dan menginspirasi orang lain. Berbuat baik dan beramal sholeh tidak perlu menunggu kita menjadi orang yang berharta. Seberapapun yang kita bagi sesungguhnya itu untuk kebaikan kita di hari akhir kelak.

" Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat bagi diri kalian sendiri " ( QS. Al - Isra :7 ).

Sekali lagi terima kasih kepada para donatur, atas partisipasinya dalam Project Ramadhan # Slumuth Family.



Hanya Allah yang akan membalas semua bantuan para donatur dengan pahala kebaikan, rezeki yang berkah dan berlimpah aamiin…..Semoga Ramadhan tahun ini menjadi spesial dan lebih baik dari Ramadhan tahun lalu.
Jangan pernah berhenti untuk terus berbagi dan berbuat baik. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan.

Sampai jumpa di Project Ramadhan #Slumuth Family tahun depan in sya Allah. Yuk tahun depan kita Nge Team  bareng lagi ya.....

Wassalamualaikum



1 komentar:

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Belajar Memanah

Assalamualaikum , Halo teman semua apa kabar? Semoga senantiasa sehat dan bahagia. Adakah cara yang paling mudah untuk merasa ...

Popular Posts