Kamis, 25 Mei 2017

NICE HOMEWORK#2 IBU PROFESIONAL





NICE HOMEWORK#2 
MENJADI IBU PROFESIONAL KEBANGGAAN KELUARGA


Assalamualaikum,

Masih dalam rangka menyelesaikan tugas NHW#2, tidak terasa sepekan sudah berlalu saya mengikuti  kelas matrikulasi ini. Yang seru adalah saat mengerjakan NHW#1, untungnya bisa selesai sebelum deadline. Jadi paham bahwa setiap individu mempunyai minat dan bakat di bidang tertentu. Yang penting kuncinya adalah fokus dan konsisten sambil terus belajar.

Masuk materi pekan kedua tentang Ibu Profesional. Wuih keren ya bahasanya, jadi tambah deg-deg plus nih.  Berikut intisari dari materi matrikulasi pekan kedua.




MENJADI IBU PROFESIONAL, KEBANGGAAN KELUARGA

🍀APA ITU IBU PROFESIONAL?
Ibu Profesional adalah seorang perempuan yang bangga akan profesinya sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak-anaknya dan senantiasa memantaskan diri dengan berbagai ilmu, agar bisa bersungguh –sungguh mengelola keluarga dan mendidik anaknya dengan kualitas yang sangat baik.

🍀APA ITU KOMUNITAS IBU PROFESIONAL?

Adalah forum belajar bagi para perempuan yang senantiasa ingin meningkatkan kualitas dirinya sebagai seorang ibu, istri dan sebagai individu.

🍀MISI KOMUNITAS IBU PROFESIONAL

1.Meningkatkan kualitas ibu dalam mendidik anak-anaknya, sehingga bisa menjadi guru utama dan pertama bagi anaknya.
2. Meningkatkan kualitas ibu dalam mengelola rumah tangga dan keluarganya sehingga menjadi keluarga
yang unggul.
3. Meningkatkan rasa percaya diri  ibu dengan cara senantiasa berproses menemukan misi spesifik hidupnya di muka bumi ini. Sehingga  ibu bisa produktif dengan bahagia, tanpa harus meninggalkan anak dan keluarganya
4. Meningkatkan peran ibu menjadi "change agent" (agen pembawa perubahan), sehingga keberadaannya akan bermanfaat bagi banyak orang.

🍀VISI KOMUNITAS IBU PROFESIONAL

Menjadi komunitas pendidikan perempuan Indonesia yang unggul dan profesional sehingga bisa berkontribusi kepada negara ini dengan cara membangun peradaban bangsa dari dalam internal keluarga.

🍀BAGAIMANA TAHAPAN-TAHAPAN MENJADI IBU PROFESIONAL?

Ada 4 tahapan yang harus dilalui oleh seorang Ibu Profesional yaitu :
a. Bunda Sayang
Ilmu-ilmu untuk meningkatkan kualitas ibu dalam mendidik anak-anaknya, sehingga bisa menjadi guru utama dan pertama bagi anak-anaknya

b. Bunda Cekatan
Ilmu-ilmu untuk meningkatkan kualitas ibu dalam mengelola rumah tangga dan keluarganya sehingga menjadi keluarga yang unggul.

c. Bunda Produktif
Ilmu-ilmu untuk meningkatkan rasa percaya diri  ibu, dengan cara senantiasa berproses menemukan misi spesifik hidupnya di muka bumi ini. Sehingga  ibu bisa produktif dengan bahagia, tanpa harus meninggalkan anak dan keluarganya

d. Bunda Shaleha
Ilmu-ilmu untuk meningkatkan peran ibu sebagai agen pembawa perubahan di masyarakat, sehingga keberadaannya bermanfaat bagi banyak orang.

🍀APA INDIKATOR KEBERHASILAN IBU PROFESIONAL?

“Menjadi KEBANGGAAN KELUARGA”

Kalimat di atas adalah satu indikator utama keberhasilan seorang Ibu Profesional. Karena  anak-anak dan suami kitalah yang paling berhak pertama kali mendapatkan ibu dan istri yang terbaik di mata mereka.

Nah setelah membaca, memahami pelan-pelan materi pekan kedua, saatnya intip oleh-oleh yang diberikan. Alias NHW #2.....Semangat...

📚NICE HOME WORK #2📚

Bunda, setelah memahami tahap awal menjadi Ibu Profesional, Kebanggaan Keluarga. Pekan ini kita akan belajar membuat

📝✅“CHECKLIST INDIKATOR PROFESIONALISME PEREMPUAN”✅📝
a. Sebagai individu
b. Sebagai istri
c. Sebagai ibu

Buatlah indikator yg kita sendiri bisa menjalankannya. Buat anda yang sudah berkeluarga, tanyakan kepada suami, indikator istri semacam apa sebenarnya yang bisa membuat dirinya bahagia, tanyakan kepada anak-anak, indikator ibu semacam apa sebenarnya yang bisa membuat mereka bahagia.Jadikanlah jawaban-jawaban mereka sebagai referensi pembuatan checklist kita.

Buat anda yang masih sendiri, maka buatlah indikator diri dan pakailah permainan “andaikata aku menjadi istri” apa yang harus aku lakukan, “andaikata kelak aku menjadi ibu”, apa yang harus aku lakukan.
Kita belajar membuat "Indikator" untuk diri sendiri.

 Kunci dari membuat Indikator kita singkat menjadi SMART yaitu:
- SPECIFIK (unik/detil)
- MEASURABLE (terukur, contoh: dalam 1 bulan, 4 kali sharing hasil belajar)
- ACHIEVABLE (bisa diraih, tidak terlalu susah dan tidak terlalu mudah)
- REALISTIC (Berhubungan dengan kondisi kehidupan sehari-hari)
- TIMEBOND ( Berikan batas waktu)

Jawaban : 

Berhubung saya belum memiliki buah hati, jadi tanya ke suami saja.
Ibu : '' Istri yang bagaimana yang bisa membuatnya bahagia?''
Ayah : '' Emm apa ya...sambil mikir ( kalau soal rumah ibu sudah okelah), oh ini saja, sebaiknya ibu harus ikhlas dan sabar. Walau sampai saat ini belum dikaruniai buah hati. Jangan suka resah dan sedih.
Juga jangan mudah panik kalau mencari barang yang belum ditemukan, jangan ngomel-ngomel. Cari pelan-pelan sabar.''
Gubrak deh....hehe..untuk yang satu ini memang saya harus banyak belajar dari suami yang ikhlas dan sabar walau belum dikaruniai buah hati. Kadang sebagai perempuan hati ini suka galau dan sedih hiks...Bersyukur suami sangat pengertian dan terus memotivasi saya.
Dan untuk ketenangan dan teliti suami memang  lebih baik dari saya. In sya Allah semoga saya bisa jadi istri yang lebih ikhlas,  sabar dan teliti aamiin.

Kunci dalam membuat Indikator Profesionalisme ini menggunakan SMART.


Catatan : 
1. Tanggal dibuat 1 sd 31 untuk memudahkan upload. Saat praktek akan diprint utuh selama sebulan.
2. Skor 0 jika tidak melakukan indikator.
3. Skor 1 jika melakukan indikator.

Demikian NHW#2 ini dibuat, semoga bermanfaat. Kedisplinan dan kemauan untuk berubah adalah jalan menuju suksesnya perubahan sikap untuk menjadi lebin baik.

Wassalamualaikum

Sumber : Materi pekan kedua Matrikulasi Koordinator Batch#4 IIP.
Tim Matrikulasi Ibu Profesional







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Kreatif Menjadikan Hidup Lebih Berwarna

Assalamualaikum , Tak terasa bulan Desember sudah hampir setengah perjalanan dilalui. Coba kita pikirkan, hal apa saja yang terlaksana ...

Popular Posts