Selasa, 25 September 2018

Review Hari ke 6, Sentuhan Yang Boleh dan Tidak Boleh





Assalamualaikum,

Akhirnya malam ini kelompok 2 yaitu kelompok saya mendapat giliran untuk presentasi game level 11 tentang fitrah seksualitas di kelas bunda sayang IIP kelas Sumatera 2. Kami satu kelompok terdiri dari 5 orang dan berasal dari IP Regional yang berbeda. Bayangkan betapa serunya saat berjibaku mempersiapkan materi.


Akhirnya didapat kesepakatan bahwa tema yang diangkat yaitu tentang Sentuhan . Karena melihat fenomena bahwa belum semua orangtua paham mengajarkan tentang boleh dan tidaknya sentuhan pada anak.



Sedangkan dalam fitrah seksualitas usia 3 - 6 tahun, anak sudah memahami tentang anatomi tubuh juga konsep gender dan perilakunya.





Kemudian muncul pertanyaan, apa hubungan mengajarkan  tentang sentuhan dengan fitrah seksualitas? Tentu saja berhubungan, karena pada usia 3 - 6 tahun adalah masa dimana anak - anak banyak bertanya tentang seputar jenis kelamin, anatomi tubuh, maka saat itu anak harus dekat dengan kedua orangtuanya.


Maka menjadikan kesempatan itu untuk mengajarkan tentang hal yang boleh disentuh atau tidak untuk mendidik anak - anak agar dapat menjaga diri saat berinteraksi di lingkungan untuk keamanan.

Pada usia tersebut terkadang anak juga senang memegang area pribadinya ( kemaluan ) karena sedang mengalami fase dimana merasa nikmat yang orientasinya bukan seksual. Jadi orangtua yang harus mengarahkan dan memberikan pengertian dengan lembut dan sesuai tahap usia.

Mengajarkan tentang sentuhan pada anak dapat menggunakan berbagai media, antara lain menunjukkan langsung anatomi tubuh anak, melalui gambar, buku cerita atau video edukatif.
Sentuhan boleh


Sentuhan tidak boleh


Selain itu, sentuhan area belakang ( pantat juga tidak boleh ) 



Maka sebagai orangtua, kita memang dituntut untuk terus belajar menambah ilmu agar kita bisa mendampingi dan mempersiapkan anak - anak menghadapi tantangan jaman.




Jangan lupa selalu berdoa, agar Allah selalu melindungi anak - anak kita dari marabahaya aamiin. Demikian review dari kelompok 2, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Sumber
Presentasi kelompok 2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerdas Melakukan Sensor Mandiri, Melindungi Generasi Berprestasi dan Punya Jati Diri

Zaman sekarang, siapa yang belum pernah menonton film atau tayangan program di televisi? Rasanya semua pernah menonton, walau tentu saj...

Popular Posts