Kamis, 20 September 2018

Review 1 Peran Orang Tua Menumbuhkan Fitrah Seksualitas Anak



Assalamualaikum,

Alhamdulillah hari ini kelas bunda sayang masuk level 11 tentang Fitrah Seksualitas. Tapi kali ini cara belajarnya beda, karena pakai model saling presentasi. Wow asyik ya.

Nah kemudian tugasnya, saya diminta mereview dari yang dipaparkan. Oke tak perlu panjang lebar, ini hasil review presentasi dari kelompok 7.

Berbicara tentang fitrah seksualitas, rasanya tak lengkap jika tidak mengetahui apa arti dari pengertian fitrah seksualitas. Kelompok 7 mengambil sumber dari Ustadz Harry Santosa.


Fitrah seksualitas adalah tentang bagaimana seseorang berpikir, merasa dan bersikap sesuai fitrahnya sebagai lelaki sejati atau perempuan sejati.

Karena sejatinya setiap anak dilahirkan dalam keadaan perempuan atau laki - laki, tidak ada yang lainnya. Fitrah kelelakian akan berkembang menjadi fitrah keayahan, dan fitrah keperempuanan akan berkembang menjadi fitrah kebundaan.

Jadi pertanyaannya, bagaimana memaknai cara berpikir, merasa, dan bersikap yang sesuai dengan fitrahnya? Maknanya bahwa manusia sudah seharusnya memaknai diri sebagai makhluk ciptaan Allah dan bertindak sesuai fitrah yang digariskan.

Namun jika ada kasus bawaan sejak lahir tentang kelamin ganda, tetap harus dicari, diperiksa dan diobservasi sisi yang menonjol itulah yang dominan.

Fitrah seksualitas memerlukan kehadiran dan tanggungjawab kedua orangtua. Ayah berperan memberikan suplai maskulinitas dan ibu memberikan suplai feminitas. Adapun porsinya adalah untuk anak laki - laki sebesar 75 % suplai maskulinitas dan 25% suplai feminitas.
Sedangkan anak perempuan memerlukan  75% suplai feminitas dan 25% suplai maskulinitas. Tujuannya tentu saja anak akan tumbuh berkembang sesuai fitrah.

Kemudian jika ada kasus anak tomboy, merubah gender, anak gemulai ini menandakan bahwa pola pengasuhan, pergaulan, lingkungan ternyata memberikan dampak yang besar saat usianya dewasa. Maka menyadarkan potensi gender aku perempuan dan aku lelaki diberikan saat usia 7 - 10 tahun.

Jadi peran orangtua begitu besar dan penting. Orangtua menjadi ujung tombak perkembangan fitrah seksualitas yang sesuai dengan tuntunan- Nya.

Demikian review materi presentasi kelompok 7 yang saya tuliskan berdasarkan versi sendiri. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerdas Melakukan Sensor Mandiri, Melindungi Generasi Berprestasi dan Punya Jati Diri

Zaman sekarang, siapa yang belum pernah menonton film atau tayangan program di televisi? Rasanya semua pernah menonton, walau tentu saj...

Popular Posts