Jumat, 31 Agustus 2018

Yang Tidak Menyayangi Tidak Akan Disayangi



Assalamualaikum,

Halo apa kabar semua? Semoga senantiasa sehat dan bahagia. Sedari pagi cuaca mendung dan Alhamdulillah hujan turus dengan deras. Suara petir menggelegar, dan listrik oleh PLN dipadamkan. Saatnya bergelung di atas kasur sambil coret - coret untuk menuliskan tantangan hari ke - 8 di kelas bunda sayang.

Tapi di dekat jendela ada suara krusek - krusek, oh ternyata si kucing yang bernama Mini. Sebenarnya saya dan paksu tidak memelihara kucing, karena sering bepergian hihi, biar aman tidak punya tanggungan.

Jadi begini awal mulanya ada kucing di rumah kami. Sekalian saja saya ceritakan untuk diambil hikmahnya.
Ada seekor kucing betina yang sering datang ke rumah, dengan wajah kuyu, dan tatapan mata memelas hiks. Kami merasa tidak tega, dan sering memberinya makan dengan tempe, tahu, atau kepala ikan. Kucing itu kami beri nama Momo.

Momo memahami kebiasaan kami, memberi makan. Jadilah serig main ke rumah. Sampai beranak dua ekor kucing jantan berwarna hitam, dan cokelat. Kami beri nama Milo untuk yang cokelat, dan Mino untuk yang hitam.

  • Milo dan Mino

Bertiga pandai menangkap tikus, jadi rumah aman dari gangguan tikus. Saat tetangga sebelah hajatan Si Mino hilang, usianya genap 1 tahun. Tinggallah Milo dan induknya, Si Momo. Paksu selalu berpesan untuk memberi makan, karena kucing juga makhluk Allah. Saya menuruti nasihat paksu.

Sampai Momo beranak lagi 3, diberi nama Mini, Bili, dan Bancil. Jadi saat ini mereka beraktivitas di luar, tidur juga di luar. Saat makan baru ke halaman depan.Saat kami mau pergi, kucing - kucing itu berputar di bawah kaki minta dielus. Saat kami pulang dan buka pintu, mereka akan berlarian masuk ke rumah duluan haha..lucu sekali.

Jadi ingat sebuah nasihat bijaksana dari buku Rasulullah Teladan Utama berjudul '' Yang Tidak Menyayangi Tidak Akan Disayangi.''

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda,
'' Siapa yang tidak menyayangi, tidak akan disayangi.'' 
( HR Bukhari dan Muslim ) 

Diriwayatkan dari Ibnu Umar Ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda,
'' Sayangilah makhluk yang ada di bumi maka yang di langit akan menyayangi kalian.''
( HR Abu Dawud dan Tirmidzi ) 

Nah dari hikmah cerita tentang kucing, manusia diperintahkan untuk menyayangi makhluk lain ciptaan Allah di muka bumi. Manusia sebagai makhluk mulia dan berakal sudah sewajarnya ikut melestarikan dan menjaga bumi dari keburukan, caranya saling menyayangi.

Demikian cerita tantangan hari ke - 8 di game level 10 kelas bunda sayang. Semoga bermanfaat. Yuk sayangi makhluk yang di bumi.

Wassalamualaikum

Sumber inspirasi

Ali Muakhir, Anjar Ginanjar, Rasulullah Teladan Utama, Seri Nasihat Bijaksana, Volume 12, Yang Tidak Menyayangi Tidak Akan Disayangi, Penerbit Sygma Creative Media Corporation, Cetakan Pertama 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review 3 Game Level 11 Pentingnya Pendidikan Seksualitas

Assalamualaikum, Malam ini ternyata sudah masuk presentasi ketiga. Dan kali ini yang naik ke panggung adalah kelompok 1, dengan menga...

Popular Posts