Selasa, 28 Agustus 2018

Menyayangi Lingkungan



Assalamualaikum,

Bertemu lagi dengan Slumuth Family dan membagi cerita yang penuh hikmah. Sebagai bentuk lain kegiatan mendongeng. Saling bercerita dan mencari hikmah saya rasa lebih sesuai untuk mengaplikasikan dari tantangan 10 hari game level 10, terkait membangun karakter baik lewat mendongeng.

Kali ini adalah pengalaman saat saya dan paksu melakukan field trip ke lokasi yang menjadi target dalam permasalahan seputar sanitasi aman. Perjalan yang kami tempuh tak jauh dari rumah. Hanya butuh 15 menit perjalanan. Melewati pasar tradisional yang becek dan beraroma khas, melewati jembatan yang tampak merana di atas sebuah sungai kecil.

Tak lupa, kami melempar senyum saat berpapasan dengan penduduk yang lewat. Mungkin mereka heran melihat kami sedang berdiri termangu di pinggir jembatan dan memandangi aliran air yang tak begitu deras.

Miris melihatnya, karena tampak jelas aneka sampah dibuang begitu saja ke badan sungai. Sehingga menggambarkan betapa kurangnya kesadaran masyarakat untuk menyayangi sungai. Setelah mengambil foto, perjalanan dilanjut masuk sebuah gang dan menanjak.

Pemukiman yang kami tuju adalah ke arah bukit. Tampak berjejer rumah - rumah dengan ukuran rata - rata kecil. Gang yang hanya bisa dilewati motor roda dua. Naik ke atas semakin terjal, tampak begitu berjubel antara satu bangunan dengan bangunan lain. Sanitasi air bersih lancar, hanya pembuangan yang belum tertata baik.

Dari hasil pengamatan tadi, saya dan paksu menarik hikmah bahwa sebagai manusia yang diutus menjadi khalifah di muka bumi, seharusnya bisa menjaga dan menyayangi lingkungan. Karena lingkungan tempat tinggal kita memberikan pengaruh juga untuk kualitas hidup manusia.

Yuk jaga lingkungan untuk tetap bersih. Demikian tugas tantangan 10 hari game level 10 untuk hari kelima. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review 3 Game Level 11 Pentingnya Pendidikan Seksualitas

Assalamualaikum, Malam ini ternyata sudah masuk presentasi ketiga. Dan kali ini yang naik ke panggung adalah kelompok 1, dengan menga...

Popular Posts