Jumat, 03 Agustus 2018

Kreatif Memanfaatkan Lahan



Assalamualaikum

Hai berjumpa dengan saya kembali untuk menjalani tantangan hari ke - 9 di kelas Bunda Sayang Game Level 9. Masih seputar kreativitas baik saat berpikir mau pun bertindak. Jadi walaupun di luar kota, tantangan harus tetap dijalankan. Bagaimana caranya? Yuk ikuti terus ceritaku.

Walau di luar kota, saya dengan dukungan paksu terus mencari hal - hal yang dapat saya ambil hikmah dan pelajarannya, terkait dengan kreativitas. Jadi yang saya amati, di sebuah dusun namanya Sumberan. Ada komunitas yang peduli lingkungan.

Mereka memiliki program menghijaukan dan memanfaatkan lahan sekitar dengan ditanami sayuran juga toga ( tanaman hidup keluarga ). Ada seledri, jahe, cabai, juga tanaman herbal yang lainnya.

Kotak pos, dok. Foto Slumuth Family

Kreatifnya adalah, di komunitas ini ada yang namanya gerakan tanya resep yang dikirimkan lewat kotak surat. Nanti oleh orang yang memahami tentang tanaman herbal akan dijawab melakui kotak surat itu lagi.

Sebagai contoh, herbal untuk perut kembung, dapat mengkonsumsi jahe yang direbus dan dibuat minuman. Daun binahong direbus untuk menurunkan kadar kolesterol yang tentu saja diimbangi perubahan pola makan yang sehat dan seimbang.

Toga di botol dok. Foto Slumuth Family

Kemudian, bekas - bekas botol air mineral disulap menjadi pot - pot yang digantung di pagar tembok dan ditanami. Ini merupakan gerakan warga dusun yang patut dikembangkan skalanya. Sehingga jika jangkauan lebih luas, suasana hijau dapat tercipta. Kreatif sederhana namun bermanfaat sekaligus mendidik.

Demikian cerita tantangan 10 hari di game level 9, di Slumuth Family. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gulai Telur Ayam

Assalamualaikum , Halo teman - teman apa kabar semua? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat ya aamiin. Hayo siapa yang suka makan...

Popular Posts