Sabtu, 18 Agustus 2018

Gulai Telur Ayam



Assalamualaikum,

Halo teman - teman apa kabar semua? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat ya aamiin. Hayo siapa yang suka makan telur ? Tentu teman - teman setuju jika telur merupakan sumber protein hewani yang harganya terjangkau, bisa divariasikan dan mudah didapat. Telur juga dapat diolah menjadi gulai.

Telur menurut Wikipedia adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Biasanya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis - jenis burung seperti ayam, bebek, puyuh. Walau pun ada juga telur yang dihasilkan oleh ikan dengan ukuran kecil.

Sebagai manajer rumah tangga ( wk wk harus pede nenyebutnya ), yang memiliki tanggungjawab untuk memperhatikan asupan gizi keluarga, rasanya mencoba utak utik resep untuk menghasilkan variasi menu menjadi hal yang mengasyikkan. Apalagi bahan baku berupa telur ayam tidak sulit untuk didapatkan. Jadi variasi menu dibuat agar anggota keluarga tidak merasa bosan dan senang bersantap dengan gembira.

Telur lazimnya digunakan sebagai lauk dan dapat diolah menjadi telur ceplok, telur dadar, balado telur, dan orak - arik telur.

Nah untuk memasak variasi telur, kali ini saya akan berbagi ide untuk mengolah telur ayam menjadi gulai yang lezat. Karena bentuknya berupa gulai, tentu saja resep ini ada kuahnya, dan memakai bumbu rempah tradisional Indonesia.  Resep saya adaptasi dari Tabloid Saji dengan penyesuaian bahan yang tersedia di dapur hehe. Yaitu dari resep gulai cubadak ( nangka ) diganti telur ayam. Yeea..siapkan catatanmu ya teman.

Gulai Telur Ayam

Bahan : 

500 gr telur ayam, rebus, dan kupas
100 gr kelapa parut kasar, sangrai dan haluskan
1 ikat kacang panjang, cuci, dan potong - potong 5 cm
2 buah pekak ( saya memakai 1 )
3 butir kapulaga
3 lembar daun salam
3 buah asam kandis
5 sdt garam
4 sdt gula pasir ( saya memakai 2 sdt )
1/4 sdt merica bubuk
2.000 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus : 

4 butir kemiri
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
6 buah cabai merah keriting
4 buah cabai merah besar ( saya memakai cabai rawit merah)
2 cm jahe
3 cm lengkuas

Cara Membuat :

1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
2. Masukkan kelapa sangrai, pekak, kapulaga, daun salam, dan asam kandis. Aduk perlahan hingga harum.
3. Masukkan telur ayam. Aduk hingga agar berbalut bumbu. Tuang sebagian santan sedikit - sedikit sambil diaduk rata sampai kuah mengering.
4. Bubuhi garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk rata.
5. Masukkan kacang panjang.
6. Tuang kembali sisa santan sambil diaduk rata, dan masak sampai bumbu meresap dan kuah kental.
7. Matikan api, sajikan hangat.

Gulai Telur Ayam

Rasa gurih santan berpadu dengan aroma rempah, dan gurih lembutnya telur paling cocok bersanding dengan nasi putih hangat. Sajian ini dapat disantap ramai - ramai bersama keluarga, pasti lebih nikmat hehe.
Mengolah telur dengan bumbu rempah tradisional merupakan bentuk kecintaan terhadap Indonesia.   Yuk lestarikan dan coba ya resepnya.

Wassalmualaikum

Sumber Inspirasi

Tabloid Saji, Edisi 415 - Th XV | 27 Juni - 10 Juli 2018

Wikipedi.co.id/telur







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Game Level 12 Aplikasi VideoShow

Assalamualaikum , Hari ini hujan sangat lebat menyirami bumi. Tanah basah, tanaman tersirami. Alhamdulillah, tak perlu menyirami ...

Popular Posts