Sabtu, 21 Juli 2018

Tips Anti Gagal Saat Membuat Sambal




Assalamualaikum,

Berbicara mengenai sambal, rasanya tak lengkap tanpa mengulas apa yang sebaiknya dilakukan agar sambal yang dibuat berhasil. Karena terkadang, niat ada, semangat tinggi, hasil tidak sesuai harapan.

Nah, beruntung juga Ahad lalu, saya membeli sebuah buku yang tebal sekali dan ada hubungannya dengan sambal. Ya, buku koleksi resep Sambal dan Saus dengan penulis Budi Santoso. Dibuka, dibaca wah dalamnya banyak ilmu yang dapat diaplikasikan untuk project LINDA FOOD.

Bagi masyarakat Indonesia, makan tanpa ditemani sambal di atas meja rasanya tidak lengkap. Apalagi bagi pecinta pedas, wow sambal menjadi pelengkap hidangan yang wajib ada. Makan dengan sambal dicocol akan meningkatkan selera makan dan menambah porsi hehe. Lupakan sementara soal diet.

Memasuki hari ke - 72 berikut ada tips yang dapat dijadikan panduan dalam membuat sambal agar sukses dan menghasilkan sambal yang lezat.

Tips Anti Gagal Membuat Sambal 

1. Pilihlah selalu bahan yang segar dan berkualitas  baik. Karena bahan yang segar akan menghasilkan rasa sambal yang lezat dan rasanya mantap.

2. Sebelum mengolah, cuci bersih semua bahan tujuannya untuk menghilangkan kotoran yang menempel, seperti tanah, atau lumpur.

3. Sebelum diolah, potong - potong semua bahan pembuat sambal agar mudah saat dihaluskan menggunakan cobek atau alat modern seperti blender dan grinder.

4. Gunakan cobek dan ulekan yang bertekstur kasar untuk memudahkan menghaluskan bahan sambal. Jika ingin lebih praktis, gunakan blender dan grinder.

5. Sangrai bumbu yang akan menjadi tambahan seperti terasi, ebi, rebon agar mengeluarkan aroma yang kuat saat dicampurkan disambal yang akan dimasak.

6. Atur penggunaan garam juga gula agar sambal memiliki keseimbangan rasa antara asin dan manis.

7. Pilih minyak goreng yang berkualitas baik, agar saat diolah sambal tidak mudah tengik dan dapat disimpan tahan lama.

8. Setelah dingin, simpan sambal di wadah bersih, kedap udara dan simpan sambal di kulkas setelah dibuka.

Jika tahapan - tahapan tersebut dilakukan dengan benar, maka kualitas sambal yang dibuat dapat terjaga dan tahan lama. Sehingga tinggal digunakan sesuai selera.

Ilmu yang luar biasa dan menambah wawasan bagi LINDA FOOD. Semoga makin semangat menuntaskan project di Ruang Berkarya Ibu dengan bahagia.

Wassalamualaikum

Sumber Inspirasi

Koleksi Resep Sambal & Saus, Budi Sutomo, Cetakan Pertama 2014, PT. Kawan Pustaka, Jakarta Selatan


#LindaDwihapsari,klp35
#RuangBerkaryaIbu
#Ibu Profesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day72

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerdas Melakukan Sensor Mandiri, Melindungi Generasi Berprestasi dan Punya Jati Diri

Zaman sekarang, siapa yang belum pernah menonton film atau tayangan program di televisi? Rasanya semua pernah menonton, walau tentu saj...

Popular Posts