Sabtu, 21 Juli 2018

Sambal Kedondong, LINDA FOOD Day 71






Assalamualaikum,

Halo berjumpa lagi dengan LINDA FOOD untuk bercerita tentang progres rencans project di Ruang Berkarya Ibu. Kali ini masuk hari yang ke - 71. Wah , ini laporan spesial, karena saya dan paksu masih safar perjalanan menghadiri acara wisuda Matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch 5 di Jakarta.

Ya, karena saya kemarin mendapat amanah menemani dan memfasilitasi DKI Jakarta 4, jadi sebagai bentuk tanggungjawab, dan Alhamdulillah ada waktu saya dengan ditemani paksu terbang dari Lampung menuju Jakarta. Untuk ikut memberi semangat kepada teman - teman yang telah lulus Matrikulasi Batch 5.

Jadi subuh sudah berangkat, setiba di Bandara Soekarno Hatta masih pagi dan mau chek in hotel belum bisa. Maka memanfaatkan moment untuk menulis setoran tugas agar tenang. Rasanya deg - deg an mau bertemu secara langsung dengan teman - teman, karena selama ini hanya bersua secara virtual.

Sembari menunggu waktu, juga kami berdua beranjangsana ke Monumen Nasional atau Monas. Dengan naik Damri  Bandara ke Gambir, wow Monas dekat sekali. Hari Sabtu, ternyata lumayan sepi untuk berswafoto hehe.

Kembali ke tugas dari LINDA FOOD, yang hari ini masuk laporan hari ke - 71. Laporannya tentang wawasan persambalan saja hehe. Kebetulan juga hari Ahad kemarin saya memveli sebuah buku tentang sambal. Tepatbya buku Koleksi Resep Sambal & Saus yang ditulis oleh Budi Sutomo.

Isinya banyak sekali macam sambal yang diangkat, tentu saja dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Kali ini saya mau mengulas tentang sambal yang unik. Yaitu sambal kedondong.  Selain digunakan sebagai bahan membuat rujak dan petis, ternyata kedondong juga dapat dibuat sambal. Tapi jujur, saya belum pernah membuatnya, Nah penasaran kan? Yuk kita cek bersama saja  resepnya.

Resep Sambal Kedondong

Bahan :
1 buah kedindong, potong dadu kecil
15 buah cabai rawit merah
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdm irisan gula merah
2 sdt terasi, sangrai
1 sdm minyak goreng
1 sdm air jeruk nipis
1/4 sdt penyedap ( jika suka )
1 sdt garam halus

Cara Membuat : 

1. Haluskan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, gula merah, terasi, dan garam. Tambahkan penyedap bila suka.
2. Campur potongan buah kedondong, minyak yang sudah matang dan air jeruk nipis. Ulek semua bahan hingga tercampur rata.
3. Tuang sambal ke dalam wadah dan siap disajikan.

Tips memilih kedondong untuk sambal adalah pilih kedondong yang masih muda.

Sesss membayangkan rasanya saja sudah membuat air liur memberi kode. Ini sambal sangat menggoda rasanya.

Demikian hasil belajar LINDA FOOD untuk menambah wawasan di bidang persambalan. Semoga terus istiqomah menyelesaikan project sesuai jadwal. Sampai jumpa.

Wassalamualaikum


Sumber Inspirasi

Koleksi Resep Sambal & Saus, Budi Sutomo, Cetakan Pertama 2014, PT. Kawan Pustaka, Jakarta Selatan


#LindaDwihapsari,klp35
#RuangBerkaryaIbu
#Ibu Profesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day71

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerdas Melakukan Sensor Mandiri, Melindungi Generasi Berprestasi dan Punya Jati Diri

Zaman sekarang, siapa yang belum pernah menonton film atau tayangan program di televisi? Rasanya semua pernah menonton, walau tentu saj...

Popular Posts