Senin, 30 Juli 2018

Kidung Doa Untuk Sang Juara Dukung Bersama Asian Games 2018

Kidung Doa Untuk Sang Juara
 Dukung Bersama Asian Games 2018

Asian Games 2018 tinggal menghitung hari, Indonesia didaulat menjadi tuan rumah untuk kali kedua. Yang pertama sudah 56 tahun lalu, tepatnya dilaksanakan di Jakarta, pada 24 Agustus - 4 September 1962. Tentu saja saya belum lahir kala itu, bahkan ibu saya masih berusia 8 tahun. Tapi gaung kemeriahan pesta olahraga paling bergengsi se-Asia ini, seakan abadi terekam jejak zaman. Maka sebagai wujud cinta dan  kebanggaan terhadap perhelatan akbar ini, sudah selayaknya kita memberikan  yang terbaik. Saatnya #dukungbersama Asian Games 2018.

Asian Games 2018 kali ini begitu istimewa, karena dilaksanakan di dua kota yaitu Jakarta - Palembang pada tanggal 18 Agustus 2018 - 2 September 2018. Berpusat di Gelora Bung Karno dan Jaka Baring Sport Center. Ajang bergengsi ini mempertandingkan 40 cabang olahraga yang terdiri dari 32 cabang olimpiade, dan 8 non olimpiade. Diikuti oleh 45 negara sahabat yang tentu saja semua mengirimkan kontingen - kontingen terbaiknya.

Stadion Utama Gelora Bung Karno
Sumber Foto: http://www.tribunnews.com


Dukungan Pemerintah

Selain mendoakan yang terbaik, untuk mensukseskan ajang bergengsi ini pemerintah tidak sedikit menggelontorkan dana untuk mempersiapkan sarana dan prasarana yang memenuhi standar demi kenyamanan bersama. Diperkirakan penyelenggaraan event bergengsi ini menelan biaya 6,6 Triliun. Biaya yang sebanding karenanya event besar ini menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia, karena tentu kita ingin menjadi tuan rumah yang baik.

Pemerintah juga memberikan dukungan dengan pemasangan spanduk - spanduk bertema Asian Games 2018 di kantor - kantor BUMN, kemudian pembuatan spot - spot foto di area publik seperti bandaƗa yang bertemakan Asian Games 2018, juga menghiasi media sosial dengan informasi terkait dukungan terhadap penyelenggaraan event bergengsi ini. Semuanya begitu penuh semangat memberikan dukungan bagi para atlet yang akan berlaga. Ditambah Agustus adalah hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia, semakin terasa jiwa nasionalisme menggaung ke seluruh pelosok negeri.

Dukungan Masyarakat

Rupanya pelaksanaan Asian Games 2018 kali ini benar - benar mempersatukan hati rakyat Indonesia. Tampak besar dukungan mereka dengan partisipasi yang beragam. Mulai mengikuti lomba blog, foto, penulisan, pemilihan maskot Asian Games, ikut meramaikan media sosial dengan info seputar Asian Games 2018 semua seolah tak ingin melewatkan moment akbar ini. Indonesia adalah negara besar dan bangsa yang majemuk, maka rasanya tak heran jika Asian Games 2018 kali ini dijadikan sebagai ajang promosi yang berhubungan dengan pariwisata.

Maskot Asian Games 2018 yang dipilih adalah hewan - hewan endemik Indonesia yang menjadi kekayaan fauna dan dilindungi.

Kaka Si Badak Bercula Satu yang menggambarkan kekuatan.
Bhin - Bhin seekor burung Cenderawasih yang menggambarkan strategi.
Atung seekor rusa Bawean yang mempresentasikan kecepatan. 
Maskot Asian Games 2018.
Sumber Gambar: www.goodnewsfromindonesia.id

Masyarakat juga dapat menyaksikan kirab obor yang dimulai tanggal 17 Juli - 18 Agustus dan melewati 53 kota yang ada di 18 propinsi. Masyarakat dapat berpartisipasi dengan ikut menjaga keamanan saat kirab obor dilaksanakan.

Kemudian, ramainya saling memberikan dukungan bagi atlet yang akan berlaga.

1. Lalu Muhammad Zohri dari cabang olahraga atletik
2. Liliana Natsir dan Tantowi Ahmad dari cabang olahraga bulutangkis.
3. Eko Yuli Irawandari cabang olahraga angkat besi
4. Iqbal Candra dari cabang olahraga pencak silat
5. Riau Ega Agatha dan Diananda Choirunisa dari cabang olahraga panahan
6. Rio Akbar, Elga Kharisma , Toni Syarifudin, dan I Gusti Bagus Saputra bertanding di cabang olahraga balap sepeda
7. Aero Sutan Aswar dan Aqsa Aswar untuk cabang olahraga Jetski
8. Rika Wijayanti di paralayang
9. Aries Susanti Rahayu dari cabang olahraga panjat tebing
10. Lindswell Kwok dari cabang olahraga wushu
11. Dan juga untuk para atlet Taekwondo


Lalu Muhammad Zohri. Sumber Foto: http://www.atimes.com

Semua atlet diharapkan dapat memberikan yang terbaik bagi bangsa, dan dukungan seluruh rakyat Indonesia tentu menjadi inspirasi dan sumber energi yang luar biasa. Ibarat sedang maju ke medan perang, para atlet ada di garis depan, rakyat Indonesia ada dibelakang dengan barisan yang rapat dan siap memberikan energi semangat tinggi, Energy Of Asia.

Dukungan Pribadi

Lalu sebagai pribadi, saya pun tak ingin ketinggalan dan  ikut berpartisipasi memberikan dukungan untuk para atlet yang berlaga di Asian Games 2018. Karena kita adalah satu, jadi saat menjadi tuan rumah berarti saya pun harus mengambil peran untuk ikut mensukseskan hajat besar bangsa ini.

Hal - hal sederhana yang dapat lakukan untuk mendukung para atlet yang berlaga

1. Mendoakan
Doa memiliki energi yang positif dan memberikan motivasi tinggi. Mendoakan agar para atlet diberi kesehatan prima sehingga dapat berjuang memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Kidung doa untuk sang juara dukung bersama Asian Games 2018.

2. Menyaksikan pertandingan
Ikut menyaksikan pertandingan cabang olahraga yang dilombakan melalui televisi di rumah. Sehingga kita dapat merasakankan perjuangan para atlet yang dengan sekuat tenaga ingin mempersembahkan medali emas dan menjayakan sang merah putih.

3. Menjadi Tuan Rumah yang baik
Berlangsungnya event besar Asian Games 2018, menjadikan Indonesia sebagai bintang yang sinarnya selalu dilihat dan diamati secara nyata maupun maya. Maka bersikap ramah, baik, menjaga kebersihan,  menjaga keamanan, juga memberikan kontent positif di media sosial akan menimbulkan kesan yang mendalam bagi kontingen perwakilan negara - negara peserta. Indonesia bermartabat dan berbudi luhur.

4. Mengabadikan dan mensosialisasikan  spot unik yang bertemakan  Asian Games 2018

Spot bertema Asian Games 2018
Di Bandara Soekarno Hatta

5. Mengikuti lomba penulisan yang bertemakan Asian Games 2018, seperti lomba blog.

6.  Menyaksikan pertandingan langsung
Jika memungkinkan, bagi penduduk yang tinggal di Jakarta, Banten, Lampung,  dan Palembang, dapat memberikan dukungan secara langsung dengan membeli tiket pertandingan Asian Games 2018. Terutama dari Lampung, dapat menggunakan jasa kereta api jurusan Lampung menuju Palembang, untuk kelas ekonomi ac hanya mengeluarkan biaya Rp 32.000,- cukup terjangkau bukan?

7. Mempersembahkan sebuah puisi


Kidung Doa Untuk Sang Juara

Dihari ini, di bumi pertiwi
Segenap mata memandang tanah air kita
Mempercantik diri ingin memberikan yang terbaik bagi semua

Di tengah medan laga,
Berdiri tegar semua pejuang bangsa
Dengan tekad bagai baja di dada
Segenap jiwa raga, berjuang untuk Indonesia

Junjung tinggi sportivitas
Junjung tinggi harga diri 
Juga martabat bangsa ini

Wahai kau pejuang bangsa
Yang menuju medan laga
Teruslah maju tanpa ragu
Kami semua ada dihatimu

Seluruh rakyat Indonesia
Memberikan setangkup suci
Kidung doa untuk sang juara

Sudah selayaknya para atlet mendapatkan dukungan penuh dari segenap rakyat di tanah air, karena ini menyangkut martabat bangsa. Bersiap mengharumkan  Indonesia di Asia dan tunjukkan kita bisa. Mari berikan doa dan dukungan terbaik bagi para atlet kita yang akan berjuang mengharumkan nama bangsa. Kidung doa untuk sang juara #dukungbersama Asian Games 2018


Sumber Referensi :
https://olahraga.kompas.com/read/2018/07/18/10431188/rute-pawai-obor-asian-games-2018-di-indonesia
http://www.neraca.co.id/article/103028/persiapan-atlet-indonesia-untuk-asian-games-2018
https://www.cnbcindonesia.com/news/20180219155311-4-4742/erick-thohir-biaya-perhelatan-asian-games-2018-rp-66-t

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerdas Melakukan Sensor Mandiri, Melindungi Generasi Berprestasi dan Punya Jati Diri

Zaman sekarang, siapa yang belum pernah menonton film atau tayangan program di televisi? Rasanya semua pernah menonton, walau tentu saj...

Popular Posts