Jumat, 06 Juli 2018

Cerdas Finansial Dengan Menabung




Assalamualaikum,

Halo berjumpa kembali dengan saya di Ruang Cerita. Semoga semua dalam keadaan baik dan sehat. Jumat penuh nikmat dan keberkahan aamiin. Dan hari ini ternyata sudah masuk hari ke - 9 di tantangan 10 hari game level 8 kelas Bunda Sayang. Wah seru sekali, apalagi jika menyangkut tentang pengelolaan keuangan.

Berbicara masalah uang seperti bulatnya sebuah bola. Bagaimana tidak? Saat harga - harga kebutuhan melambung tinggi, bbm juga naik, justru rupiah mengalami tekanan yang luar biasa. Kalau sudah naik, enggan turun kembali. Seorang manajer rumah tangga tentu harus pandai dalam mengelola terutama pemenuhan kebutuhan pangan yang bergizi seimbang.

Tengok ke pasar tradisional, semua bahan mentah mengalami kenaikan, daya beli masyarakat turun. Semua berstrategi dengan dana yang tetap mengurangi jumlah pembelian. Misal dulu beli cabai 250 gram, sekarang 100 gram, lauk ayam diganti ikan atau telur. Bisa juga mengolah tempe menjadi aneka masakan lezat.

Disinilah, seninya mengatur segala sesuatu dari menu harian, berbelanja, dan berkolaborasi dengan paksu untuk menyelesaikan semua hal. Hihi..ya karena masih berdua, jadi dinikmati saja setiap momen yang ada dengan penuh syukur.


Berdua ceria

Berkaitan dengan cerdas finansial, ya tentu saja setiap rumah tangga punya gaya dan cara tersendiri untuk mengelola uang. Namun apa pun caranya, biasanya ada satu pos yang sama dan menjadi perhatian khusus untuk setiap keluarga yaitu, pos tabungan.

Tabungan menjadi prioritas dalam setiap perencanaan dan pengelolaan uang keluarga walau prosentase tidak sama. Nah di Slumuth Family untuk sementara menabungnya untuk promil sebesar 20% setiap bulan. Kalau investasi sudah ada pos tersendiri.

Menabung memiliki banyak keuntungan dan kebaikan antara lain :

1. Menghindari sifat boros
2. Menghindari hutang dimana - mana
3. Memiliki dana untuk tujuan yang ditetapkan.
4. Dengan menabung tak perlu pusing saat dana harus dikeluarkan karena sudah ada.
5. Melatih diri untuk disiplin mengelola keuangan

Nah, dari berbagai keuntungan tersebut, memang saya rasakan sangat membantu terutama untuk kepentingan berdua. Yang sudah jeda selama 2 tahun untuk libur dari dokter, Bismillah tahun ini kami lanjutkan ikhtiar lagi. Semoga kalo ini Allah memberikan amanah dan mengijabah doa kami aamiin.

Yuk menabung untuk keperluan masa depan. Demikian cerita tentang menabung di Slumuth Family, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Game Level 12 Aplikasi VideoShow

Assalamualaikum , Hari ini hujan sangat lebat menyirami bumi. Tanah basah, tanaman tersirami. Alhamdulillah, tak perlu menyirami ...

Popular Posts