Kamis, 05 Juli 2018

Berbagi Dengan Tulus Hati



Assalamualaikum,

Halo apa kabar semuanya? Rasanya masih belum move on mengenang suasana perayaan Hari Raya Idul Fitri yang menjadi kenangan tersendiri. Bayangkan saja, saat keluarga yang selama ini terpisah jauh beda propinsi dapat berkumpul bersama dengan sehat dan bahagia. Lebih - lebih untuk anak kecil senangnya mendapat THR dari yang tua - tua.

Lantas bagaimana dengan saya? Seorang bude yang memiliki banyak keponakan dan sudah biasa untuk berbagi. Ya, tentu saja sebelum berbagi, saya dan paksu akan membuat daftar jumlah keponakan yang akan diberi THR, anak tetangga, juga memberi kejutan manis untuk orangtua. Walau sudah biasa berbagi, tetapi kalau untuk momen hari raya, jumlah dana yang dibutuhkan akan lebih banyak.

Jadi mau - tidak mau sebagai manajer keluarga, saya harus membuat daftar dan mencatat dengan cermat. Agar tidak ada yang terlewat dan finansial aman terkendali hehe..

Karena jika ada yang terlewat, anak kecil bisa menangis atau sedih. Tapi tenang saja, biasanya uang yang dibagikan saat hari raya akan diarahkan untuk ditabung. Iya ditabung di celengan masing - masing, atau dititipkan ibunya.

Serunya 

Serunya melihat keponakan berjalan ke sana ke mari sembari membawa kotak, dompet, bahkan ada yang menggelembung kantong bajunya.


Mengapa ada momen berbagi? Karena saat kumpul bersama keluarga besar berbagi menjadi hal yang indah, saling bercanda tawa, bercerita, melepas kerinduan, bahkan saling mengingatkan soal kesehatan.

Hal positif yang didapat saat orangtua berbagi

1. Saat berbagi menjadi bahan pembelajaran bagi anak - anak, bahwa diantara rejeki yang kita miliki ada hak orang lain. Jadi rejeki kita bukan 100% milik kita semuanya.

2. Mengikis sifat kikir

Berbagi akan memperkaya hati, dengan berbagi percayalah bahwa harta tidak akan berkurang atau menjadi miskin. Jangan menjadi orang yang pelit dan tangan tertutup. Bukalah tangan dan miliki prinsip tangan di atas lebih baik.

3. Mempererat bonding antar semua keluarga

Agar para sepupu yang kecil saling mengenal saudaranya. Karena jujur jumlahnya terus bertambah hehe. Jangan sampai antar sepupu tidak saling mengenal.

4. Membahagiakan anak kecil

Memberi hadiah berupa THR( tunjangan hari raya ) merupakan hal yang menyenangkan bagi anak, jadi anak bahagia biasanya tidak banyak berkegiatan yang tidak perlu. Saat kumpul mereka akan saling ngobrol tentang pengalaman puasa, bagaimana rasanya?

5. Melatih anak untuk merencanakan

Dari hasil mendapat THR, anak - anak secara tak sadar belajar tentang perencanaan keuangan. Misal, ini uangnya untuk beli buku baru, beli es krim, beli mainan. Lihatlah mereka akan berimajinasi ini itu dengan ekspresi yang lucu.


Jadi, sebagai orang dewasa, kita harus memberi contoh yang baik yang akan ditiru. Anak - anak tak perlu banyak dinasihati atau diperintah, beri saja teladan yang baik. Apa yang dilihatnya, akan ditirunya. Children see, children do. Termasuk saat mendapat THR, anak harus diarahkan untuk bersikap cerdas secara finansial, mengelola THR sebaik - baiknya dengan bimbingan orangtua masing - masing.

THR lancar, anak - anak senang, pembelajarannya juga dapat. Demikian cerita Slumuth Family hari ke - 8 untuk kelas bunda sayang yang diambil saat momen berbagi. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Hari Ke - 2 , Menangkal Pornografi dengan Fitrah Seksualitas

Assalamualaikum, Alhamdulillah hari ini masih diberi kesempatan untuk ikut belajar di level 11 kelas bunda sayang. Level 11 mengangkat...

Popular Posts