Kamis, 07 Juni 2018

Percobaan Satu





Assalamualaikum,

Halo teman apa kabar hari ini? Saya selalu berdoa semoga semua selalu sehat dan jangan lupa untuk bahagia. Bagaimana dengan rencana mudiknya? Hehe..pasti sudah mulai persiapan ini itu ya kan. Memang saat jauh dari sanak saudara moment lebaran menjadi hal yang ditunggu. Penuh haru rindu, menjalani Ramadhan dan menyongsong Hari Raya, untuk bersua penuh cinta dengan semua.


Kalau dipikir - pikir, mungkin sebagian para ibu sudah terpecah pikirannya, menuliskan proyek atau menulis list barang yang akan dibawa mudik hehe. Pokoknya ini makin seru saja setiap hari. Tapi prioritas tetap pada sepuluh hari terakhir Ramadhan tahun ini. Semoga semua mencapai derajat taqwa dan lebih baik dari tahun lalu aamiin.

Oh iya, kali ini di Ruang Berkarya Ibu, sudah masuk laporan progres hari yang ke - 27. Yea..hari ke - 27 bukanlah waktu yang pendek untuk selalu menuliskan progres laporan. Karena setiap hari ada saja hal baru yang dapat ditemui saat menjalani proses untuk mewujudkan rencana proyek. Bahkan di grup kecil saling saring, betapa bukan hal yang mudah untuk bisa konsisten menyetorkan tugas sesuai timeline.

Maklum saja, para ibu memiliki segudang aktivitas yang wajib, juga tambahan. Karena tentu saja prioritas utama adalah keluarga, namun sebagai ibu yang bekerja di ranah domestik, tentu ingin mengupgrade diri, menambah pengetahuan dan ilmu bersama ibu pembelajar yang lain. Jadilah kami semua saling menyemangati, mengingatkan untuk setor tugas, juga hore - hore agar tidak kendor.

Apalagi jika proyek yang ingin dibuat adalah produk berupa makanan. Wah ini riset dan perencanaan harus matang tidak bisa asal - asalan. Kemudian yang tak boleh lupa jika ingin menekuni produk makanan, yaitu melakukan percobaan resep agar dapat menemukan dan menentukan formula yang pas di lidah sehingga dapat diterima oleh konsumen. Ingat konsumen adalah calon pembeli potensial yang memiliki keunikan selera terhadap suatu produk.

Nah, kali ini saya mulai masuk pada percobaan pertama untuk membuat sambal teri. Jumlah bahan - bahan belum ditimbang, masih berdasarkan perkiraan dan perasaan. Ya namanya juga masih awalan. Jadi belum detil secara keseluruhan.

Berdasarkan hasil blenderan hari ke - 26, kemarin, berikut percobaannya:

1. Sebanyak 100 gram teri dicuci dan digoreng kering, tiriskan.
2. Minyak goreng 3 sdm dipanaskan
3. Hasil blenderan sambal digoreng, sampai matang.
4. Tambahkan sedikit garam dan gula pasir.
5. Kemudian teri yang sudah digoreng dimasukkan.
Aduk sampai rata, dan sampai sambal mengeluarkan minyak. Kemudian cek rasa karena ini sangat penting. Setelah cukup, produk sambal  diangkat.

Hasil percobaan pertama rasanya sudah sesuai, pedasnya juga. Tapi masih kurang lama dan sambal jadi agak basah. Percobaan pertama menjadi teman nasi putih pulen dan hangat. Kalau adik dan paksu bilang rasa sudah lumayan hihi. Ini juga yang  difoto, tinggal tersisa sedikit, hampir saja terlupa.

Wah, berarti saya masih banyak pr nih, percobaan harus dilakukan lebih dari satu kali agar menemukan formula yang pas dan takaran bahan juga pas. Oke deh, mungkin setelah lebaran akan dilakukan percobaan lanjutan. Jadi besok saya akan menuliskan sesuatu yang tak kalah seru.

Wah memang besok apa yang akan saya lakukan? Rahasia dong hehe,  Ikuti terus ya laporan cerita proyekku di Ruang Berkarya Ibu, Institut Ibu Profesional. Tetap semangat diantara agenda mudik dan packing barang. Kerjakan satu demi satu dengan senang hati. Yuk, Kenali Potensimu Ciptakan Ruang Berkaryamu. Sampai jumpa lagi


Wassalamualaikum


#Linda Dwihapsari, kelompok 35
#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day27

2 komentar:

  1. Kalau sambalnya digiling makin makyos Mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk, ini masih tahap uji coba. Masih panjang perjalanannya.

      Hapus

Mensupport Kegiatan Slumuth Family Project

Assalamualaikum , Tak terasa kegiatan merencanakan proyek kedua di Ruang Berkarya Ibu sudah masuk hari ke - 31. Dan puasa juga suda...

Popular Posts